Senin, 17 Jun 2019

Bandara Halim Perketat Pengamanan

Oleh: alex
Rabu, 05 Jun 2019 04:59
BAGIKAN:
istimewa.
Bandara Halim Perdanakusuma.
JAKARTA (EKSPOSnews): Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Pip Darmanto mengatakan tidak ada pengamanan khusus di bandara pascaledakan yang diduga dipicu oleh bimbingan bunuh diri di Kartanegara, Sukoharjo, Jawa Tengah, mengingat eskalasi pengamanan telah ditingkatkan sejak H-7 lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah/2019.

"Kami sudah meningkatkan status pengamanan sejak H-7 lebaran, sampai saat ini pengamanan di Bandar Halim sudah diperketat karena adanya mudik Lebaran ini," kata Pip saat ditemui di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Selasa 4 Juni 2019.

Pip mengatakan setelah kejadian bom Surakarta itu, situasi di Bandara Halim Perdanakusumah masih aman dan kondusif hingga H-1 lebaran, penumpang maskapai penerbangan tertib dan lancar melakukan kegiatan.

Menurut dia, pengamanan di Bandara Halim telah ditingkatkan dengan menambah jumlah petugas keamanan yang melibatkan petugas keamanan dalam, bantuan dari TNI Angkatan Udara sebanyak 30 orang dan petugas kepolisian.

"Total ada 100 petugas keamanan yang dilibatkan setiap hari berasal dari petugas keamanan dalam, TNI AU, kepolisian dan anggota Paskah," katanya.

Peningkatan pengamanan ini lanjutnya, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama momentum mudik Lebaran.

Kondisi ini dikarenakan terjadi peningkatan penumpang maskapai pada mudik lebaran di bandingkan dengan hari biasanya atau peak season.

"Sebenarnya kami sudah meningkatkan pengamanan itu sejak Pemilu, berlanjut sampai musim mudik ini," katanya.

Bandara Halim Perdanakusuma merupakan Inclave Sipil bandara setiap hari melayani 13 maskapai dengan 16 penerbangan.

Penerbangan yang dilayani yakni penerbangan reguler yang terhadap seperti Batik Air, Citilink, Susi Air. Lalu penerbangan militer atau pribadi dan penerbangan kargo.

Rute yang dilayani seperti Denpasar, Solo, Pekanbaru, Yogyakarta, Cilacap, Lombok dan Balikpapan.

Sementara itu Petugas Officer in Charge (OIC) Bandara Halim Perdanakusuma Erick Arachman menambahkan, pengamanan di Bandara Halim sesuai SOP dengan menerapkan pengamanan terbuka dan tertutup.

"Kami juga melakukan pemeriksaan terhadap penumpang sesuai SOP dari ICO PBB," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Jumlah Penumpang di Bandara Halim Turun

    JAKARTA (EKSPOSnews): Jumlah penumpang arus mudik Lebaran 2019 di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, terus menurun hingga pada H-3 atau Minggu (2/6) dibandingkan pada hari sebelumnya.Posko mu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99