Senin, 22 Jul 2019

BBM Satu Harga dan Penerangan Tenaga Surya di Nias

Oleh: alex
Jumat, 07 Des 2018 04:10
BAGIKAN:
setpres.
Ignasius Jonan.
JAKARTA (EKSPOSnews):  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, melakukan kunjungan kerja ke Pulau Nias, Sumatera Utara, untuk meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga, pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dan pembagian paket Konversi Minyak Tanah ke LPG 3 KG.

"Secara nasional, dari tahun 2017 hingga tahun 2019 akan dibangun 160 Penyalur BBM Satu harga," demikian siaran pers Kementerian ESDM di Jakarta.

Pada tahun 2017 telah terbangun 57 Penyalur BBM Satu Harga. Sementara tahun 2018 ini target Penyalur BBM Satu Harga adalah sebanyak 73 penyalur, serta untuk tahun 2019, ditargetkan 30 Penyalur BBM Satu Harga beroperasi.

"Target pemerintah total 160 titik yang harus diadakan sejak tahun lalu sampai hari ini saya kira 122 sudah selesai, mungkin masih ada delapan bukan di Pertamina tapi di operator yang lain. Tahun depan ditambah lagi 30 mudah-mudahan ini ditambah dengan baik," kata Jonan, Kamis 6 Desember 2018.

Ditambahkan ini upaya pemerintah untuk membuat terutama premium dan biosolar harganya sama di seluruh Nusantara.

Khusus untuk Pulau Nias sendiri, tahun 2017 telah terbangun sebanyak 2 (dua) Penyalur BBM 1 Harga di Kecamatan Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan dan Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat.

Sedang pada tahun 2018, telah terbangun empat penyalur BBM 1 harga yang tersebar di Kecamatan Gido Kabupaten Nias, Induk; Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias Induk; serta 2 penyalur yang diresmikan pada hari ini di Kecamatan Sitolu Ori Kabupaten Nias Utara; dan Kecamatan Hibala Kabupaten Nias Selatan.

Untuk mengakselerasi Program BBM satu Harga, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan secara Nasional. Pada kesempatan yang sama, Menteri Jonan juga melakukan pembagian Lampu tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) bagi pedesaan yang terisolir dan sulit dijangkau oleh jaringan PLN.

Jumlah unit yang akan dipasang di pulau Nias sebanyak 1.360 unit, yang tersebar di 21 Desa, di 5 Kabupaten. "Program pemasangan LTSHE, itu jumlahnya 1.300 lebih rumah, seperti dilaporkan. Ini meningkatkan rasio elektrifikasi. Saya tanya Direktur PLN Regional Sumatera, sekarang ini rasio elektrifikasinya 51-52 persen, jadi kalau ditambah 1.300 lebih ini akan naik elektrifikasinya menjadi 64-65 persen, lumayan ini," kata Jonan.

Total untuk tahun 2018, program LTSHE akan dilaksanakan di 16 Provinsi, dengan jumlah LTSHE sebanyak 173 ribu unit dan jumlah anggaran sebesar Rp600 miliar.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Nias Menuju Gerbang Wisata Bahari Internasional

    NIAS (EKSPOSnews): Perhelatan internasional Sail Nias 2019 di Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara pada Juli hingga September 2019 mendatang dinilai sangat positif dalam upaya mempercepat pembangun

  • 2 bulan lalu

    Stok BBM di Tol Sumatera Habis

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Para pemudik yang melintas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dari Ruas Bakauheni ke Terbanggi Besar Provinsi Lampung diminta berhati-hati dan menjaga jarak dengan kendaraan la

  • 4 bulan lalu

    Setiap Rumah Pakai Panel Surya

    SURABAYA (EKSPOSnews): Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyarankan tiap rumah warga memakai “rooftop panel surya” sebagai solusi memenuhi kebutuhan listrik yang lebih

  • 4 bulan lalu

    Lampu Tenaga Surya di Sumedang

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan 1.000 bantuan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) dan 150 penerangan umum tenaga surya (PJU-TS) kepada masyaraka

  • 5 bulan lalu

    Konsumsi BBM di Sumbagut Meningkat

    MEDAN (EKSPOSnews): Manajemen PT Pertamina menyebutkan konsumsi BBM di Sumatera bagian utara pada 2018 naik 3, 5 persen sehingga perlu kesadaran semua pihak untuk melakukan penghematan penggunaaan BBM

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99