Rabu, 27 Mei 2020

Ada Peluang Pasar Batik Indonesia di Bangladesh

Oleh: marsot
Kamis, 22 Nov 2018 18:28
BAGIKAN:
istimewa.
Batik tulis.
DHAKA (EKSPOSnews): Produk-produk kain dan pakaian batik asal Indonesia mempunyai potensi yang baik untuk dipasarkan di Bangladesh, kata Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina P. Soemarno.

Menurut Dubes Rina di Dhaka, prospek untuk pasar batik Indonesia di Bangladesh cukup baik karena warga di negara tersebut cukup mengenal batik Indonesia.

"Orang-orang Bangladesh bangga memakai batik Indonesia karena mereka merasa seperti kaum ningrat," ujar dia, Kamis 22 November 2018.

Untuk itu, pihak KBRI Dhaka kedepannya berupaya untuk melakukan "matchmaking" antara pengusaha Indonesia dan Bangladesh untuk dapat mendirikan beberapa butik batik Indonesia di Bangladesh.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dhaka juga menyelenggarakan acara "Indonesian Batik Festival" pada 21-22 November untuk mempromosikan produk batik Indonesia kepada para warga Bangladesh.

Dalam acara "Indonesian Batik Festival" itu, KBRI Dhaka mengadakan beberapa kegiatan, antara lain peragaan busana (fashion show) batik, talk show tentang batik, lokakarya membuat batik, serta pameran dan penjualan batik Indonesia.

Pakaian-pakaian batik karya perancang asal Indonesia, Ai Syarief, diperagakan dalam kegiatan "fashion show" batik oleh para model dari Bangladesh. Para pengunjung acara "Indonesian Batik Festival" dapat memperoleh pengetahuan lebih banyak tentang batik dengan mengikuti acara talk show.

Selanjutnya, para pengunjung pun dapat melihat-lihat dan membeli pakaian batik yang dipamerkan dalam festival tersebut. Selain itu, pada hari kedua festival, KBRI mengadakan lokakarya untuk mengajak warga Bangladesh belajar cara membuat batik.

Presiden Dewan Perancang Busana Bangladesh Maheen Khan yang hadir dalam acara tersebut menilai bahwa ada pasar yang potensial bagi produk batik Indonesia di Bangladesh.

"Indonesia memainkan peran penting dalam mempromosikan batik di pasar global. Para perancang Bangladesh sangat senang menggunakan batik karena terkait dengan budaya dan sejarah. Kami sangat senang seorang perancang batik Indonesia dapat datang ke Bangladesh dan menunjukkan berbagai koleksi rancangan batiknya," ucapnya.

Maheen Khan berpendapat bahwa Indonesia perlu mengadakan lebih banyak lokakarya dan pameran tentang batik untuk membuat orang-orang Bangladesh benar-benar memahami kompleksitas batik, dan pada akhirnya batik menjadi lebih terkenal di kalangan warga Bangladesh.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Batik Indonesia Berpadu dengan Matador Spanyol

    JAKARTA (EKSPOSnews): Gelaran Plaza Indonesia Men's Fashion Week menghadirkan koleksi batik Indonesia yang berpadu dengan tradisi matador Spanyol."Kita mau menampilkan sesuatu yang berbeda dengan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99