Jumat, 21 Sep 2018

Tangkapan Ikan Tuna di Aceh Meningkat

Oleh: marsot
Kamis, 22 Feb 2018 15:58
BAGIKAN:
istimewa.
Ikan.
LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Hasil tangkapan ikan tuna di sekitar perairan Lhokseumawe, Provinsi Aceh, oleh nelayan meningkat hingga 100 persen dalam dua hari terakhir, karena cuacanya sangat mendukung.

Pantauan wartawan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pusong, Lhokseumawe, kapal nelayan terlihat menurunkan ikan tuna yang beratnya rat-rata 20 Kg per ekor.

Salah seorang nelayan mengatakan, dua hari terakhir ini hasil tangkapan ikan tuna meningkat dari biasanya, yakni dari 15 ekor menjadi 30 ekor.

"Jumlah tersebut, berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya. Begitu juga dengan ukurannya juga lebih besar, dengan bobot rata-rata di atas 20 Kg per ekor," ujar nelayan itu, Rabu 21 Februari 2018.

Sebut nelayan, ikan tuna dengan bobot diatas 20 Kg, menjadi komoditas ekspor, sedangkan ukuran dibawahnya umumnya dipasarkan di sejumlah pasar tradisional di wilayah Lhokseumawe dan sekitarnya.

Sementara itu, produksi ikan tuna semakin meningkat di Aceh yang memiliki luas kawasan laut mencapai 295 ribu kilometer persegi dengan panjang garis pantai mencapai 2.666 Km.

Bahkan, secara geografis, tiga sisi wilayah Aceh berhadapan dengan laut.

Untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing produk perikanan terutama ikan tuna, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik pengolahan ikan tuna, di Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo, Banda Aceh, pada awal November 2017.

Untuk saat ini, harga ikan segar di Lhokseumawe juga mulai menurun, seiring mulai banyaknya hasil tangkapan nelayan di sekitar perairan Lhokseumawe, terutama untuk jenis ikan tongkol.

Seperti terlihat di Pasar Ikan Pusong dan Pasar Inpres, harga ikan tongkol sekitar Rp25 ribu/Kg bila dibandingkan sebelumnya yang mencapai Rp30/Kg.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 16 jam lalu

    Transaksi Keuangan Mencurigakan di Aceh Melonjak

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan menyatakan, hasil laporan transaksi keuangan mencurigakan, Provinsi Aceh termasuk peringkat ke-15 di Indonesia."PPATK mencatat

  • 4 hari lalu

    PLN Tanam Mangrove di Aceh

    JANTHO (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) P3B Sumatera UPT Banda Aceh menanam sebanyak 1.000 pohon mangrove di Pantai Monsinget, Gampong (desa) Kajhu, Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar.Manejer PT PLN (Per

  • 7 hari lalu

    Penyuap Gubernur Aceh Segera Diadili

    JAKARTA (EKSPOSnews): Bupati Bener Meriah non-aktif Ahmadi sebagai tersangka penyuap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf akan segera disidang dalam perkara dugaan penerimaan suap terkait pengalokasian dan pen

  • satu minggu lalu

    Di Aceh Dilarang Duduk Semeja dengan Perempuan yang Bukan Muhrimnya

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Ketua DPR Aceh Tgk Muharuddin mendukung kebijakan Bupati Bireuen Saifannur menerbitkan imbauan larangan bagi perempuan duduk semeja di warung kopi atau kafetaria dengan laki-l

  • satu minggu lalu

    GenPI Aceh Gelar Gathering Pesona Indonesia

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Sejalan dengan gencarnya promosi Gayo Alas Mountain International Festival 2018 di Aceh Tengah, GenPI Aceh mulai mempersiapkan diri dengan menggelar Gathering Pesona Indonesia

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99