Jumat, 14 Des 2018

Tangkapan Ikan Tuna di Aceh Meningkat

Oleh: marsot
Kamis, 22 Feb 2018 15:58
BAGIKAN:
istimewa.
Ikan.
LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Hasil tangkapan ikan tuna di sekitar perairan Lhokseumawe, Provinsi Aceh, oleh nelayan meningkat hingga 100 persen dalam dua hari terakhir, karena cuacanya sangat mendukung.

Pantauan wartawan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pusong, Lhokseumawe, kapal nelayan terlihat menurunkan ikan tuna yang beratnya rat-rata 20 Kg per ekor.

Salah seorang nelayan mengatakan, dua hari terakhir ini hasil tangkapan ikan tuna meningkat dari biasanya, yakni dari 15 ekor menjadi 30 ekor.

"Jumlah tersebut, berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya. Begitu juga dengan ukurannya juga lebih besar, dengan bobot rata-rata di atas 20 Kg per ekor," ujar nelayan itu, Rabu 21 Februari 2018.

Sebut nelayan, ikan tuna dengan bobot diatas 20 Kg, menjadi komoditas ekspor, sedangkan ukuran dibawahnya umumnya dipasarkan di sejumlah pasar tradisional di wilayah Lhokseumawe dan sekitarnya.

Sementara itu, produksi ikan tuna semakin meningkat di Aceh yang memiliki luas kawasan laut mencapai 295 ribu kilometer persegi dengan panjang garis pantai mencapai 2.666 Km.

Bahkan, secara geografis, tiga sisi wilayah Aceh berhadapan dengan laut.

Untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing produk perikanan terutama ikan tuna, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik pengolahan ikan tuna, di Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo, Banda Aceh, pada awal November 2017.

Untuk saat ini, harga ikan segar di Lhokseumawe juga mulai menurun, seiring mulai banyaknya hasil tangkapan nelayan di sekitar perairan Lhokseumawe, terutama untuk jenis ikan tongkol.

Seperti terlihat di Pasar Ikan Pusong dan Pasar Inpres, harga ikan tongkol sekitar Rp25 ribu/Kg bila dibandingkan sebelumnya yang mencapai Rp30/Kg.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 10 jam lalu

    Jalan ke Aceh Tengah Putus Akibat Longsor

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Bencana tanah longsor di daerah dataran tinggi Aceh Tengah telah mengakibatkan terputusnya badan jalan lintas nasional sepanjang 40 meter dengan kedalaman 15 meter akibat huja

  • 5 hari lalu

    Kerukunan Bergama di Aceh Rendah

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Forum Kerukunan Umum Beragama (FKUB) Aceh menyatakan indeks kerukunan beragama di provinsi itu berdasarkan hasil penelitian ternyata masih rendah."Berdasarkan penelitian pada

  • 2 minggu lalu

    Mendorong Kemajuan Wisata Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengajak perbankan setempat ikut berperan memajukan sektor pariwisata, salah satunya dengan meningkatkan promosi dan dukungan pembiayaan.

  • 2 minggu lalu

    Adhi Karya Dapat Kontrak Pengerjaan Tol Sigli-Banda Aceh

    JAKARTA (EKSPOSnews): Direktur Keuangan PT Adhi Karya Entus Asnawi mengungkapkan perseroan tersebut akan mendapatkan kontrak baru senilai Rp12,7 triliun, yang terdiri dari Tol Sigli-Banda Aceh, Tol Da

  • 2 minggu lalu

    6 Desa Terisolir di Aceh Tenggara

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Sebanyak enam gampong atau desa di Kecamatan Leuser, Aceh Tenggara, hingga kini masih terisolir akibat banjir bandang menerjang total hingga delapan desa di tiga kecamatan kar

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99