Kamis, 21 Jun 2018

Tangkapan Ikan Tuna di Aceh Meningkat

Oleh: marsot
Kamis, 22 Feb 2018 15:58
BAGIKAN:
istimewa.
Ikan.
LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Hasil tangkapan ikan tuna di sekitar perairan Lhokseumawe, Provinsi Aceh, oleh nelayan meningkat hingga 100 persen dalam dua hari terakhir, karena cuacanya sangat mendukung.

Pantauan wartawan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pusong, Lhokseumawe, kapal nelayan terlihat menurunkan ikan tuna yang beratnya rat-rata 20 Kg per ekor.

Salah seorang nelayan mengatakan, dua hari terakhir ini hasil tangkapan ikan tuna meningkat dari biasanya, yakni dari 15 ekor menjadi 30 ekor.

"Jumlah tersebut, berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya. Begitu juga dengan ukurannya juga lebih besar, dengan bobot rata-rata di atas 20 Kg per ekor," ujar nelayan itu, Rabu 21 Februari 2018.

Sebut nelayan, ikan tuna dengan bobot diatas 20 Kg, menjadi komoditas ekspor, sedangkan ukuran dibawahnya umumnya dipasarkan di sejumlah pasar tradisional di wilayah Lhokseumawe dan sekitarnya.

Sementara itu, produksi ikan tuna semakin meningkat di Aceh yang memiliki luas kawasan laut mencapai 295 ribu kilometer persegi dengan panjang garis pantai mencapai 2.666 Km.

Bahkan, secara geografis, tiga sisi wilayah Aceh berhadapan dengan laut.

Untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing produk perikanan terutama ikan tuna, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik pengolahan ikan tuna, di Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo, Banda Aceh, pada awal November 2017.

Untuk saat ini, harga ikan segar di Lhokseumawe juga mulai menurun, seiring mulai banyaknya hasil tangkapan nelayan di sekitar perairan Lhokseumawe, terutama untuk jenis ikan tongkol.

Seperti terlihat di Pasar Ikan Pusong dan Pasar Inpres, harga ikan tongkol sekitar Rp25 ribu/Kg bila dibandingkan sebelumnya yang mencapai Rp30/Kg.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Arus Balik dari Aceh Mulai Ramai

    STABAT (EKSPOSnews): Kendaraan mobil pribadi yang datang dari Aceh terlihat memadati jalan lintas Sumatera dari perbatasan kedua daerah hingga di Kota Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara."Kender

  • 6 hari lalu

    Pawai Takbir di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Mobil hias ikut meriahkan Pawai Takbir Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah yang berlangsung di ibu kota Provinsi Aceh, Banda Aceh, Kamis (14/6) malam.Pawai takbir Idulfitri yang

  • 2 minggu lalu

    Kebakaran Gambut di Aceh Meluas

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, lahan gambut yang terbakar kini meluas mencapai 50 hektare dari sebelumnya cuma 21 hektare di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh

  • 3 minggu lalu

    Suzuki Genjot Penjualan Ertiga di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): PT Armada Jaya selalu dealer Suzuki menargetkan 200 mobil All New Ertiga yang merupakan produk terbaru, terjual di Provinsi Aceh pada 2018."Kami targetkan 200 unit terrjual di

  • 3 minggu lalu

    Polres Deli Serdang Amankan Ganja dari Aceh

    MEDAN (EKSPOSnews): Tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Deli Serdang, Sumatera Utara mengamankan 21 bal ganja asal Aceh yang akan diedarkan di Provinsi Riau.Kepala Bidang Humas Polda Sumut AKBP Tatan Dir

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99