Rabu, 27 Mei 2020

Sipirok Kembangkan Kopi Mandailing

Senin, 05 Sep 2016 13:36
BAGIKAN:
ist
Kopi siap panen.

SIPIROK (EKSPOSnews): Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, berencana ekspansi ke usaha pengembangan tanaman kopi setelah sebelumnya sukses kelola ubi kayu varietes Adira.

"Kita berencana perluasan kopi di Sipirok. Dilihat dari potensi yang ada, perluasan dan percepatan produksi kopi Sipirok juga menjanjikan," kata Dirut BUMD Tapanuli Selatan Hamdan Nasution, di Sipirok, Senin 5 September 2016.

Dengan rencana ekspansi ke pengembangan kopi tersebut, kata dia, bukan berarti pihaknya meninggalkan pengembangan ubi, bahkan perluasan ubi kayu sebagai bahan baku tapioka terus dipikirkan.

Bahkan selain ubi dan jagung, pihaknya juga sudah memikirkan bagaimana pengembangan jagung di Tapanuli Selatan.

"Untuk jagung kita sudah buka akses untuk dapat kerja sama dengan pihak ketiga, kini kita tinggal jajaki potensi dan luasan tanahnya," sebut Hamdan.

Khusus tanaman jagung, menurutnya, sejalan dengan upaya khusus pengembangan salah satu komoditi unggulan program nasional Pajale (padi, jagung, dan kedelai).

Percepatan produksi kopi, BUMD memiliki program kebutuhan teknologi seperti mesin huller, ayak atau sortir kopi, roasting, grinding, continous sealer kemasan, dan lain-lain.

"Saya optimis apabila dilengkapi alat-alat mesin dan lainnya itu, percepatan produksi kopi Sipirok yang pangsa pasarnya cukup diminati bakal dapat terpenuhi," katanya.(ant)


  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Tanaman Kopi Ditebang di Sipirok

    SIPIROK (EKSPOSnews): Petani cabai di Sipirok, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, mengalihkan sebagian tanaman kopinya ke komoditas cabai seiring harga jual cabai yang mulai menjanjikan sementara lahan

  • 4 tahun lalu

    Jalan Lintas Sumatera dari Sipirok Berbahaya

    SIPIROK (EKSPOSnews): Pengendara arus balik lebaran yang melewati arah ruas Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) arah Sipirok-Sidimpuan ataupun sebaliknya, diminta untuk ekstra berhati-hati apalagi pada p

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99