Senin, 20 Nov 2017

Ribuan Hektare Sawit di Mukomuko Gunakan Bibit Asalan

Oleh: Marsot
Minggu, 26 Mar 2017 06:04
BAGIKAN:
istimewa
Perkebunan sawit.
MUKOMUKO (EKSPOSnews): Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu memperkirakan seluas 6.000 hektare atau sekitar tujuh persen dari seluas 90 ribu hektare kebun kelapa sawit rakyat di daerah itu yang tidak produktif.

"Kebun sawit seluas itu tidak produktif selain sudah tua, bibit yang digunakan asalan," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat di Mukomuko, Sabtu 25 Maret 2017.

Wahyu mengatakan pemerintah pusat telah mengalokasikan dana untuk melakukan penanaman kembali kebun kelapa sawit yang tidak produktif.

Sementara itu, kebun sawit seluas 6.000 hektare yang tidak produktif itu tersebar di 15 kecamatan dan mayoritas berada di kawasan industri.

Dinas Pertanian telah mengusulkan program penanaman kembali (replanting) kebun sawit bagi lahan seluas 6.000 hektare itu.

"Kita usulkan seluruh lahan milik petani yang tidak produktif itu diremajakan untuk mendapatkan hasil panen buah sawit yang maksimal," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan pengadaan kecambah kelapa sawit unggul setiap tahun merupakan salah satu upaya untuk peremajaan kebun sawit yang tidak produktif.

Namun, kegiatan tersebut belum mampu meremajakan seluruh kebun sawit yang tidak produktif di daerah itu.

Untuk itu, petani setempat disebutnya membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi untuk meremajakan tanaman kelapa sawitnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Lahan Sawit di Mukomuko Beralih Jadi Sawah

    MUKOUKO (EKSPOSnews): Pejabat Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebutkan sekitar 10 hektare lahan perkebunan kelapa sawit milik petani setempat telah dicetak menjadi areal sawah

  • 11 bulan lalu

    Petani Sawit di Mukomuko Gunakan Bibit Asalan

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Petani kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu diketahui mayoritas atau mencapai 90 persen menggunakan bibit asalan. Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Pete

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99