Selasa, 22 Mei 2018

Produksi Melon dari Aceh Utara

Oleh: Jallus
Minggu, 20 Agu 2017 18:32
BAGIKAN:
istimewa
Buah (ilustrasi).
LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Hasil produksi melon dari Kelompok Tani Geuthe Na di Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, mammpu memenuhi kebutuhan buah segar di daerah itu.

Ketua Kelompok Tani Geuthe Na, Jufri Mukhtar kepada wartawan di Desa Lancang Barat, Kecamatan Dewantra,  menyatakan, hasil melon dari kelompoknya kini seluas 1.200 meter persegi mencapai 8 ton, dan jumlah itu mencukupi untuk kebutuhan di Aceh Utara.

"Jumlah anggota sebanyak 12 orang dan telah melakukan kegiatan usaha tani di bidang penanaman melon sejak lima tahun silam," ujarnya, Minggu 20 Augustus 2017.

Ia mengatakan, kondisi tanah di daerahnya sangat cocok untuk ditanami melon, karena berada di pinggiran laut dimana kondisi tanahnya agak berpasir. Begitu juga dengan hasilnya juga dapat dengan maksimal.

Ia menyebutkan, untuk luas 1.200 M2 ditanami dengan 2.200 batang melon dengan membutuhkan modal sebesar Rp20 juta. Mulai dari biaya pengolahan tanah, bibit, dan penyemprotan, serta menunggu waktu selama dua bulan lamanya baru bisa dipanen.

Sedangkan hasil yang diperoleh dengan luas lahan 1.200 M2 adalah sebanyak 8 ton, dengan harga jual melon sebesar Rp10 ribu/Kg. Maka keuntungan yang diperoleh dengan modal sebesar Rp20 juta adalah Rp60 juta, katanya.

Sementara itu, Camat Dewantara Amir Hamzah mengatakan, kelompok Tani Geuthe Na merupakan salah satu kelompok yang khusus menggeluti tanaman melon.

Bahkan, keberhasilan kelompok tani Geuthe Na dalam mengembangkan budidaya melon, telah menjadi rujukan bagi petani melon dari daerah lain di Aceh dalam mencari pengetahuan tentang teknik budidaya yang baik dan benar.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Polisi Amankan Kayu Ilegal di Aceh Utara

    LHOKSUKON (EKSPOSnews): Personil Satuan Reserse Kriminal Polres Kabupaten Aceh Utara menangkap dua pria dan mengamankan sebuah truk berisi 73 batang kayu diduga hasil penebangan liar.Kapolres Aceh Uta

  • 4 minggu lalu

    Penembakan Rumah di Aceh Utara Terkait Bisnis Sabu-Sabu

    LHOKSUKON (EKSPOSnews): Penyidik Kepolisian Resor Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, menduga penembakan rumah di Desa Geumata, Kecamatan Lhoksukon pada Jumat (13/4), terkait hutang piutang bisnis sa

  • satu bulan lalu

    Polisi Tangkap Kepala Dinas Perindagkop Aceh Utara karena Sabu-Sabu

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Polres Lhokseumawe menangkap Kepala Dinas Perindustrian Perdangangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Aceh Utara, Provinsi Aceh, berinisial F karena ked

  • 3 bulan lalu

    Penjualan Pertalife Melonjak

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) 1 area Sumatera bagian Utara mencatat pertumbuhan penjualan produk Pertalite meningkat cukup tajam sebesar 65 persen pad

  • 4 bulan lalu

    Kodim Aceh Utara Gandeng BRI Renovasi Rumah Warga Miskin

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Komando Distrik Militer (Kodim) 0103/Aceh Utara, Provinsi Aceh, bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) membangun rumah warga miskin yang selama ini menempati hunian

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99