Selasa, 12 Des 2017

Produksi Melon dari Aceh Utara

Oleh: Jallus
Minggu, 20 Agu 2017 18:32
BAGIKAN:
istimewa
Buah (ilustrasi).
LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Hasil produksi melon dari Kelompok Tani Geuthe Na di Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, mammpu memenuhi kebutuhan buah segar di daerah itu.

Ketua Kelompok Tani Geuthe Na, Jufri Mukhtar kepada wartawan di Desa Lancang Barat, Kecamatan Dewantra,  menyatakan, hasil melon dari kelompoknya kini seluas 1.200 meter persegi mencapai 8 ton, dan jumlah itu mencukupi untuk kebutuhan di Aceh Utara.

"Jumlah anggota sebanyak 12 orang dan telah melakukan kegiatan usaha tani di bidang penanaman melon sejak lima tahun silam," ujarnya, Minggu 20 Augustus 2017.

Ia mengatakan, kondisi tanah di daerahnya sangat cocok untuk ditanami melon, karena berada di pinggiran laut dimana kondisi tanahnya agak berpasir. Begitu juga dengan hasilnya juga dapat dengan maksimal.

Ia menyebutkan, untuk luas 1.200 M2 ditanami dengan 2.200 batang melon dengan membutuhkan modal sebesar Rp20 juta. Mulai dari biaya pengolahan tanah, bibit, dan penyemprotan, serta menunggu waktu selama dua bulan lamanya baru bisa dipanen.

Sedangkan hasil yang diperoleh dengan luas lahan 1.200 M2 adalah sebanyak 8 ton, dengan harga jual melon sebesar Rp10 ribu/Kg. Maka keuntungan yang diperoleh dengan modal sebesar Rp20 juta adalah Rp60 juta, katanya.

Sementara itu, Camat Dewantara Amir Hamzah mengatakan, kelompok Tani Geuthe Na merupakan salah satu kelompok yang khusus menggeluti tanaman melon.

Bahkan, keberhasilan kelompok tani Geuthe Na dalam mengembangkan budidaya melon, telah menjadi rujukan bagi petani melon dari daerah lain di Aceh dalam mencari pengetahuan tentang teknik budidaya yang baik dan benar.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 hari lalu

    Elpiji Melon di Kutacane Mahal

    KUTACANE (EKSPOSnews): Harga Elpiji/LPG subsidi tiga kilogram atau dikenal dengan sebutan gas melon menembus Rp28.000 per tabung di Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara."Memang tidak langka di wilayah ko

  • 2 minggu lalu

    Angin Puting Beliung Hantam Aceh Utara

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Belasan rumah di Desa Matang Sijuek, Kecamatan Baktya Barat, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh roboh dihantam angin puting beliung yang terjadi Sabtu 25 November 2017.Salah

  • satu bulan lalu

    Penggunaan Gas Melon Tak Tepat Sasaran

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PT Pertamina Wilayah Pemasaran Riau mengakui bahwa penggunaan elpiji bersubsidi di Kota Pekanbaru yang masih belum tepat sasaran menjadi salah satu pemicu kelangkaan gas bersub

  • 2 bulan lalu

    Pengguna Internet Melonjak

    MAKASSAR (EKSPOSnews): Jumlah pengguna internet di Indonesia rata-rata naik 51 persen per tahun, kata General Manager External Corporate Communication PT Telkomsel Pusat Denny Abidin."Dari pengguna in

  • 2 bulan lalu

    Ladang Ganja Ditemukan di Aceh Utara

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Polisi yang melakukan penggerebekan ladang ganja seluas sekitar enam hektare di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, berhasil menangkap salah seorang petani

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99