Jumat, 21 Jul 2017

Polda Sumbar Akan Tindak Penimbun Pangan

Oleh: Alex
Selasa, 06 Jun 2017 04:36
BAGIKAN:
istimewa
Gudang beras.
PADANG (EKSPOSnews): Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat akan menindak tegas para pedagang "nakal" yang menimbun pangan di wilayah itu dengan tujuan menaikkan harga pangan.

"Kami mendapat arahan langsung dari Mabes Polri apabila ada pedagang yang menimbun pangan baik dalam jumlah sedikit atau banyak akan kami tindak," kata Kasubbid Penerangan Masyarakat (Penmas) Polda Sumbar AKBP Nina Martini di Padang, Senin 5 Juni 2017.

Menurutnya saat ini belum terjadi lonjakan harga bahan-bahan pokok di wilayah Sumatera Barat seperti pada tahun sebelumnya.

Hal ini merupakan salah satu dampak dari adanya pengawasan pangan yang dilakukan secara bersama-sama baik antara Polda Sumbar dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Balai Besar Pengendalian Obat dan Makanan (BBPOM) Sumbar.

Ia mencontohkan bahan-bahan pokok seperti daging, bawang putih, beras dan kebutuhan lain masih berada pada harga wajar.

"Apabila ada kenaikan hanya sekitar Rp1.000 atau Rp2.000 ," ujar AKBP Nina.

Ia mencontohkan harga bawang putih yang saat ini sudah berada pada harga wajar. Kenaikan harga hanya dilakukan pada pedagang-pedagang kecil karena mereka juga membeli barang kepada tengkulak.

"Tengkulak ini yang membeli barang kebutuhan pokok dalam jumlah besar lalu menjual kembali kepada pedagang kecil," ujarnya.

Ia mengatakan dari pengawasan yang dilakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa stok bahan pokok untuk wilayah Sumatera Barat masih aman hingga akhir Ramadhan.

Menurutnya selama stok kebutuhan pangan masih aman kenaikan harga bahan pokok tidak akan terjadi.

"Kalau nanti terjadi lonjakan harga yang tinggi pemerintah akan melakukan operasi pasar untuk mengontrol harga agar tetap stabil," ujarnya.

Sementara Direktur Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Sumbar Kombes Pol Margyanta mengatakan pihaknya terus melakukan pengawasan rutin terhadap harga komoditas bahan pokok di pasar-pasar yang ada di wilayah itu.

"Pengawasan bertujuan untuk menjaga harga kebutuhan pokok stabil hingga lebaran nanti," ucapnya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Polda Sumbar Periksa Saksi Kasus Aborsi

    PADANG (EKSPOSnews): Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Sumbar) telah memeriksa 21 saksi terkait dugaan pembunuhan seorang wanita HRM (23) melalui percobaan aborsi yang dilakukan oleh kekasihnya M (

  • 7 bulan lalu

    Kapolda Sumbar Diganti

    PADANG (EKSPOSnews): Kapolda Sumatera Barat Brigjen Pol Basarudin membenarkan bahwa dirinya akan dimutasikan ke Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) dan posisinya akan digantikan oleh Brigjen Pol F

  • 9 bulan lalu

    Polda Sumbar Luncurkan Aplikasi Pelaporan Berbasis Telepon Selular

    PADANG (EKSPOSnews): Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) meluncurkan aplikasi pelaporan berbasis telepon pintar dengan nama Integrated Quik Respon (IQR) yang dibuat oleh Polresta Pada

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak