Rabu, 08 Apr 2020

Polda Riau Sita Kayu Ilegal

Oleh: marsot
Senin, 30 Jul 2018 20:59
BAGIKAN:
istimewa.
Kayu ilegal.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Direktorat Polisi Air Kepolisian Daerah Riau menangkap satu unit kapal tradisional yang membawa tiga ton kayu ilegal jenis campuran di perairan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Satu orang tersangka berinisial D kita ciduk dari penangkapan tersebut," kata Direktur Polisi Air Polda Riau, Kombes Pol Herry Wiyanto di Pekanbaru, Senin 30 Juli 2018.

Herry menjelaskan bahwa penangkapan itu dilakukan jajaran Pol Air dengan menggunakan kapal cepat kepolisian nomor lambung IV-1002 di perairan Selat Air Hutam.

Menurut dia, pengungkapan tersebut berawal dari informasi akan pengiriman kayu dalam jumlah besar ke Kota Selatpanjang, Meranti. Tim kemudian melakukan penyelidikan dan penyisiran.

Hasilnya, pada Jumat (27/7) dinihari sekitar pukul 00.50 WIB, tim berhasil mengidentifikasi target operasi. Dengan menggunakan kapal cepat, polisi langsung melakukan penyergapan kapal kayu bermesin yang terpantau menarik kayu rakitan tersebut.

"Saat diperiksa, nakhoda kapal inisial D tidak dapat menunjukkan dokumen resmi dan langsung kita lakukan penyitaan," ujarnya.

Hasil pemeriksaan sementara, D, pria berusia 40 tahun itu membawa kayu tersebut dari areal hutan di Kecamatan Tebing Tinggi untuk kemudian dikirim ke pembeli di Kota Selatpanjang. Kasus ini masih dalam penyelidikan dan pengembangan.

Meski begitu, Herry mengatakan bahwa D disangkakan dengan Pasal 83 ayat (1) huruf b Jo Pasal 12 huruf e UU RI Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Herry juga menuturkan pihaknya belum dapat memastikan nilai tangkapan tersebut, dan masih akan berkoordinasi dengan ahli untuk menghitung total nilai barang bukti berupa kayu hutan bernilai tinggi itu.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Polda Riau Tetapkan Tersangka Pembakaran Hutan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau menaikkan status perkara menjadi penyidikan dan segera menetapkan tersangka terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di k

  • 9 bulan lalu

    Mengamankan Kayu Ilegal di Jayapura

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif PR 328/DGH berhasil mengamankan seribuan batang kayu ilegal dengan jenis kayu besi dari hasil hutan Kampung Pitewi

  • 12 bulan lalu

    Berkas Perkara Kayu Ilegal Asal Papua Barat Segera Disidangkan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kejaksaan Agung menyatakan dua berkas perkara 81 kontainer dan 1.100 meter kubik kayu ilegal asal Papua Barat sudah lengkap sehingga segera dilanjutkan ke persidangan.Ditjen Pene

  • 12 bulan lalu

    Polda Riau Sita 3 Kilogram Sabu-Sabu

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau menyita tiga kilogram sabu-sabu yang dibungkus dalam teh aksara mandarin dengan lambang kaisar Tiongkok di sejumlah lokasi di Kota Pekanba

  • tahun lalu

    TNI Amankan Kayu Ilegal

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Personel TNI dari tim Intel Korem 011/Lilawangsa, Provinsi Aceh, berhasil mengamankan kayu ilegal jenis Mangga Rusa di Gampong (desa) Glee Dagang, Kecamatan Sawang, Kabupaten

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99