Rabu, 27 Mei 2020

Petani Musirawas Dapat Bantuan Bibit Padi

Minggu, 17 Jul 2016 06:56
BAGIKAN:
istimewa
Bercocok tanam (ilustrasi)
MUSIRAWAS UTARA (EKSPOSnews): Wakil Bupati Musirawas Utara Devi Suhartoni atas nama pemerintah daerah memberikan bantuan bibit padi kepada para petani di empat desa akibat gagal panen dilanda banjir bandang baru-baru ini.

"Bibit yang kami berikan itu sebanyak 25,9 ton dan merupakan bantuan pusat yang telah diusulkan pasca ratusan hektare sawah petani gagal panen akibat terendam banjir beberapa waktu lalu," kata Devi pada Minggu 17 Juli 2016.

Ia mengharapkan dengan bantuan itu para petani bisa kembali menanam padi dengan bibit unggul dari bantuan pusat dan langsung dibagikan karena kebetulan petani akan menyemai bibit untuk musim tanam 2016.

Bantuan itu adalah pergantian benih padi sawah petani yang terendam akibat banjir bandang beberapa waktu. Jadwalnya hampir terlambat karena harus mengajukan bantuan ke pusat dan tentunya butuh proses.

"Dalam era pemerintahan Bupati HM Syarif Hidayat dan saya sebagai wakilnya bertekad menjadikan wilayah Musirawas Utara swasembada beras dan ke depan bantuan serupa tetap akan dilakukan," katanya.

Untuk mendukung peningkatan produksi padi sawah itu, pemerintah Kabupaten Musirawas Utara akan membantu berbagai fasilitas pendukung antara lain mesin perontok padi, agar petani mudah untuk memproses padi menjadi beras, ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Musirawas Utara Ilyas mengatakan pasca banjir yang merendam sejumlah desa di Kabupaten Musirawas Utara belum lama ini, ribuan hektare ladang sawah gagal panen akibat terendam banjir yang mencapai ketinggian lebih dari 1 meter tersebut.

Untuk meringankan beban para petani Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) memberikan bantuan benih padi kepada petani sebanyak 25,9 ton diempat desa.

Desa yang mendapatkan bantuan benih unggul itu adalah Desa Pauh sebanyak 15,8 ton , Desa Pauh II mendapat 1,2 ton, Batu Kucing 1,3 ton dan Desa Belani mendapat 7,5 ton seluruhnya di Kecamatan Rawas Ilir.

Ia mengatakan bantuan tersebut berdasarkan hasil survei Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan belum lama ini, kemudian pihaknya langsung berkoordinasi dengan bupati dan wakil bupati untuk mengajukan bantuan benih dengan Kementerian Pertanian.

"Alhamdulilah usulan itu teralisasi sesuai permintaan sehingga para petani tidak kesulitan mencari bibit unggul untuk mengganti tanaman yang gagal panen sebelumnya," ujarnya.

Benih bantuan itu diharapkan segera disemai, tapi jangan sampai untuk dijadikan beras karena sudah mengandung bahan kimia dan bila dikonsumsi akan berdampak pada kesehatan tubuh, ujarnya.(ant)

  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    PTPN IV, PT KIM, dan Perum Jasa Tirta I Salurkan Sumbangan

    MEDAN (EKSPOSnews): Dalam program BHUN 2019, PTPN IV bersinergi dengan BUMN lain seperti PT KIM (Persero) dan Perum Jasa Tirta I, memberi bantuan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.Bantuan secara si

  • 10 bulan lalu

    Antam Salurkan Bantuan

    PONTIANAK (EKSPOSnews): PT Antam Tbk. Unit Bisnis Pertambangan Bauksit (UBPB) Kalbar, mendukung pengembangan wilayah wisata alam Danau Laet, dengan memberikan bantuan berupa empat unit Solar Cell dan

  • 11 bulan lalu

    PTPN V Tawarkan Bantuan kepada Pemkot Pekanbaru

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara V menawarkan bantuan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mengatasi banjir yang kerap melanda Ibu Kota Provinsi Riau tersebut saat diguyur hujan.Direk

  • 12 bulan lalu

    Warga Miskin di Aceh Barat Sudah Dapat Bantuan

    MEULABOH (EKSPOSnews): Sebanyak 11.723 warga miskin yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat hingga kini sudah menerima dana zakat, infak dan sedekah sebesar Rp8.211.500.000 yang dihimpun

  • 12 bulan lalu

    Bank Mandiri Salurkan Bantuan

    GORONTALO (EKSPOSnews): Bank Mandiri Gorontalo pada bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah menyalurkan bantuan bahan kebutuhan pokok kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Mosalamati, Kota Gorontalo, Provinsi Gor

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99