Jumat, 18 Agu 2017

Petani Karo Butuh Bantuan

Oleh: Agung
Minggu, 06 Agu 2017 13:37
BAGIKAN:
istimewa
Petani.
MEDAN (EKSPOSnews): Kementerian Pertanian dan perbankan diminta turun tangan untuk membantu petani di Kabupaten Karo yang semakin kesulitan akibat erupsi Gunung Sinabung baru-baru ini.

Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba di Medan,  mengatakan, erupsi besar Gunung Sinabung yang terjadi baru-baru ini cukup merusak lahan pertanian masyarakat.

Dari pemantauan dan kunjungan bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana, diketahui penanganan awal sudah diberikan sehingga kondisi warga, terutama kalangan pengungsi selalu terjaga.

"Dari aspek kesehatan dan kebutuhan utama sudah tertangani, masalah ekonomi yang perlu ditangani," katanya, Minggu 6 Augustus 2017.

Karena itu, diperlukan kebijakan khusus dari Kementerian Pertanian (Kementan) untuk membantu dan meringankan kesulitan masyarakat Karo.

Anggota DPD RI asal Sumatera Utara mengaku sudah menghubungi langsung Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang menyatakan kesiapan untuk memberikan bantuan warga petani di Karo.

"Kami apresiasi dengan pak Menteri yang akan menurunkan tim untuk membangun kembali sektor pertanian pascaerupsi," ujar Parlindungan.

Selain Kementerian, pihak perbankan dan Otoritas Jasa Keuangan juga diharapkan mengambil peran dengan memberikan kredit lunak bagi petani di Karo.

"Diperlukan kebijakan khusus untuk menghadapi kondisi khusus seperti ini," katanya.

Sebelumnya, Kepala Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Martin Sitepu mengatakan, dari pendataan yang dilakukan, terdapat 13 kecamatan yang terpapar abu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung baru-baru ini.

Namun kondisi yang paling parah terjadi di enam kecamatan yakni Payung, Tiga Nderket, Merdeka, Kabanjahe, Simpang Empat, dan Naman Teran.

Selain tanaman jenis sayur-sayuran seperti cabai, kol, bawang, dan tomat, erupsi itu memusnahkan tanaman yang banyak terdapat di Kecamatan Payung dan Kecamatan Tiga Nderket.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    BNI Salurkan Bantuan Sosial di Tulungagung

    TULUNGAGUNG (EKSPOSnews): Bank Negara Indonesia kembali menyalurkan bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan tahap satu dan dua untuk 15.649 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 15

  • satu minggu lalu

    Pasaman Salurkan Bantuan Nontunai

    LUBUK SIKAPING (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menyalurkan bantuan sosial nontunai program keluarga harapan kepada sebanyak 7.261 penerima yang ada di daerah itu.Kepala Din

  • 2 minggu lalu

    Pemkot Binjai Luncurkan Bantuan Sosial

    BINJAI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, meluncurkan bantuan sosial melalui program keluarga harapan nontunai yang bantuan itu diharapkan dapat bermanfaat bagi warga penerima."Semo

  • 3 minggu lalu

    Pelindo 1 Serahkan Bantuan kepada Nelayan

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 kembali menyerahkan bantuan  kepada para nelayan yang berada di Medan Belawan, Medan Marelan dan Medan Labuhan. Bantuan yang

  • 3 minggu lalu

    Bupati Langkat Salurkan Bantuan

    STABAT (EKSPOSnews): Bupati Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menyalurkan bantuan berupa 1.000 ekor itik dan benih ikan termasuk bibit buah-buahan dalam kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak