Rabu, 27 Mei 2020

Petani Aceh Tanam Padi 3 Kali Setahun

Jumat, 16 Sep 2016 19:32
BAGIKAN:
istimewa
Bercocok tanam (ilustrasi).

TAPAKTUAN (EKSPOSnews): Ratusan petani di Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, berhasil menjalankan program Pemkab setempat menanam padi sebanyak tiga kali dalam setahun atau meningkat dari kebiasaan sebelumnya hanya dua kali.

Bupati Aceh Selatan T Sama Indra di sela-sela meninjau persiapan tanam serentak di Desa Tutong dan Desa Kuta Trieng, Kecamatan Labuhanhaji Barat mengatakan keberhasilan para petani setempat menanam dan memanen padi sebanyak tiga kali dalam setahun tersebut tidak terlepas dari dukungan maksimal yang diberikan pihaknya selama ini.

"Pemkab Aceh Selatan memberi dukungan penuh kepada para petani agar meninggalkan kebiasaan sebelumnya lalu beralih menanam padi tiga kali dalam setahun. Alhamdulillah program ini telah terlaksana di Kecamatan Labuhanhaji Barat dan manfaatnya pun telah dirasakan oleh para petani itu sendiri dengan meningkatnya hasil produksi dari sebelumnya," kata Sama Indra.

Lanjut Bupati, untuk menyukseskan program tersebut Dinas Pertanian dan Peternakan terjun langsung ke sawah petani setempat untuk mengajarkan pola tanam padi sistem sejajar legowo 2 : 1.

Dengan pola tanam padi seperti itu, ternyata tidak saja memudahkan bagi petani dalam menanam padi serta mampu menghemat kebutuhan bibit juga mampu meningkatkan produksi yakni meningkat dua hingga tiga kali lipat dari sebelumnya.

"Alhamdulillah dengan menggunakan pola tanam sistem sejajar legowo tersebut hasil produksi padi dari sebelumnya berkisar antara 3 hingga 4 ton/hektare maka sekarang ini telah mencapai 7 hingga 8 ton/hektare. Peningkatan ini sungguh luar biasa," ujarnya, Jumat 16 September 2016.

Selain mengajarkan pola tanam padi dengan sistem legowo, sambung Bupati, pihaknya juga telah memberikan dukungan kepada para petani setempat dengan cara memberikan bantuan bibit padi jenis Impari 30 sebanyak 25 Kg/hektare.

Bibit yang didatangkan secara khusus dari luar daerah tersebut, berhasil dikembangkan hasil produksinya dalam jumlah banyak dari hasil penangkaran beberapa waktu lalu.

Disamping itu, kata Bupati, pihaknya juga telah menyerahkan bantuan hand traktor dan perbaikan sejumlah saluran irigasi sehingga aliran air ke persawahan warga berjalan lancar.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sama Indra mengaku sangat bangga dan senang atas capaian tanam padi sebanyak tiga kali dalam setahun oleh para petani setempat.

Sebab, kata Bupati, keberhasilan yang baru pertama kali mampu terwujud di Kabupaten Aceh Selatan tersebut telah menyamai keberhasilan tanam padi para petani di daerah Kabupaten Cianjur dan Kerawang, Provinsi Jawa Barat.

Karena itu, Bupati Sama Indra mengharapkan kepada para petani di seluruh wilayah Aceh Selatan lainnya agar apa yang telah dicapai oleh para petani di Kecamatan Labuhanhaji Barat tersebut dapat menjadi contoh untuk selanjutnya diterapkan di wilayah masing-masing.

"Jika pola tanam padi sebanyak tiga kali dalam setahun ini mampu dilaksanakan oleh seluruh petani lainnya, maka dengan luas keseluruhan lahan persawahan di Aceh Selatan yang mencapai sekitar 15.000 hektare lebih, pihaknya sangat optimis daerah ini akan mampu menciptakan swasembada pangan pada tahun 2017," katanya.(ant)


  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Binjai Tambah Lahan Tanam Padi Organik

    BINJAI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, merencanakan untuk menambah lahan tanaman padi organik guna menjadikan daerah itu salah satu produsen beras.Hal itu disampaikan Wali kota B

  • 2 tahun lalu

    Tanam Padi Massal

    Kodim 0809/Kediri bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kediri, mengadakan pembinaan ketahanan pangan, yang berlangsung di Desa Kunjang Kecamatan Kunjang. Pembinaan tersebut dihadiri Kepala Din

  • 2 tahun lalu

    Petani di Aceh Cabuli Anak Tiri

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Polisi menangkap seorang petani berinsial Pur (32) di Desa Babussalam Unit 5, Kecamatan Baktya, Kabupaten Aceh Utara, karena diduga telah mencabuli anak tirinya, D (14).Kapol

  • 3 tahun lalu

    Langkat Tanam Padi Jarwo Super

    STABAT (EKSPOSnews): Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Langkat bersama kelompok tani melakukan penanaman padi "Jarwo Super" seluas 400 hektare guna menghasilkan produksi yang lebih tinggi

  • 4 tahun lalu

    TURUN KE SAWAH

    Upaya mendukung program swasembada pangan nasional yang dicanangkan oleh pemerintah Republik Indonesia, TNI dari Kodim 0813 Bojonegoro bersama petani di Desa Gedongarum, Kecamatan Kanor, Kabupaten

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99