Kamis, 21 Mar 2019

Perambahan Hutan di Taman Nasional Kerinci Seblat

Oleh: marsot
Jumat, 22 Feb 2019 18:55
BAGIKAN:
google earth.
Hutan.
REJANG LEBONG (EKSPOSnews): Aksi perambahan hutan di dalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini menjadi penyebab kerusakan kawasan di dalam paru-paru dunia tersebut.

"Perambahan hutan saat ini menjadi penyebab utama kerusakan kawasan TNKS, kalau ilegal logging mereka cuma menebang kayu besar, tapi kalau perambahan ini semuanya ditebang karena lahannya akan dijadikan ladang pertanian," ungkap Kepala Seksi Wilayah VI TNKS, M Zainudin saat ditemui di kantornya yang berada di Rejang Lebong, Jumat 22 Februari 2019.

Kawasan TNKS yang berada di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, tambahnya mencapai 26.000 hektare, dimana berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan pihaknya tahun lalu dengan tingkat kerusakan mencapai 10 persen.

Kawasan TNKS yang mengalami kerusakan ini umumnya dijadikan kebun kopi atau sayuran tersebar dalam beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Selupu Rejang, dan Kecamatan Bermani Ulu yang posisinya berdekatan dengan kawasan TNKS.

Pihaknya sendiri sudah berulang kali melakukan penertiban lahan yang dirambah warga ini dengan menurunkan personel Polhut ke lapangan, petugas menebangi tanaman kopi maupun sayuran dan menanaminya kembali dengan tanaman jenis kayu-kayuan khas TNKS.

Penanganannya yang dilakukan TNKS, kata Zainudin tidak lagi harus dikenakan sanksi hukuman, tapi dirangkul dalam bentuk kemitraan konservasi pemulihan ekosistem, mereka diminta menjaga kelestarian hutan dan diharuskan membuat pernyataan agar tidak memperluas lahan serta tidak berniat menguasai lahan milik negara itu.

Sementara itu, sejumlah pihak, lanjutnya juga sudah menjalin kemintraan dengan TNKS guna memanfaatkan sumber air yang berasal dari paru-paru dunia tersebut salah satunya SPN Bukit Kaba, yang sejak beberapa tahun belakangan telah mendapat izin dari Kementerian LHK.

"Saat ini SPN sudah memanfaatkan sumber air dari TNKS dengan komitmen turut menjaga kelestarian hutan di hulunya yang memeroduksi sumber air TNKS. Pemanfaatan yang sama juga sedangkan diusulkan Desa Sumber Bening, Kecamatan Selupu Rejang," tambah dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 11 bulan lalu

    Perambahan Hutan di Aceh Berlangsung Setiap Detik

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Saban hari tanpa henti perambahan hutan lindung di provinsi paling ujung barat Indonesia terus terjadi dan mengalami deforestasi dari 2016 hingga 2017 seluas 17.820 hektare."H

  • 11 bulan lalu

    Perambahan Hutan di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Anggota DPD RI asal Aceh Rafli Kande mengecam pelaku perambahan hutan dan pemburu satwa liar yang dilindugi Undang-Undang di provinsi paling ujung barat Sumatera itu."Saya san

  • tahun lalu

    Taman Nasional Kerinci Seblat Semakin Rusak

    REJANG LEBONG (EKSPOSnews): Kerusakan kawasan Konservasi Taman Nasional Kerinci Seblat di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, dalam beberapa tahun belakangan ini semakin mengkhawatirkan.Staf T

  • tahun lalu

    Perambahan Hutan Lindung di Gunung Jambo Batee

    TAPAKTUAN (EKSPOSnews): Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Aceh Selatan telah memeriksa 11 saksi terkait dugaan perambahan kawasan hutan lindung di Gunu

  • 2 tahun lalu

    4 Polda Lindungi Taman Nasional Kerinci Seblat

    BENGKULU (EKSPOSnews): Empat polda yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, dan Sumatera Barat menandatangani kesepakatan dengan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) untuk melawan perusaka

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99