Jumat, 18 Agu 2017
  • Home
  • Agribisnis
  • Peralihan Fungsi Lahan, Populasi Harimau Sumatera Turun

Peralihan Fungsi Lahan, Populasi Harimau Sumatera Turun

Oleh: Agung
Minggu, 06 Agu 2017 13:32
BAGIKAN:
istimewa
Harimau.
PADANG (EKSPOSnews): Kepala Konservasi Asia Pulp Paper (APP) Indonesia Dolly Priatna menyatakan penurunan populasi harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) salah satunya karena hilangnya habitat hewan tersebut menyusul terjadinya peralihan fungsi hutan.

"Jumlah harimau Sumatera yang ada saat ini lebih kurang hanya 3.000 ekor dari beberapa tahun lalu mencapai 10.000 ekor," kata Dolly Priatna di Kampus Universitas Andalas Padang Sumatera Barat, Sabtu 5 Augustus 20117.

Ia menyebutkan kehilangan habitat itu kemudian akan memicu harimau-harimau tersebut hidup terpisah-pisah. Sebab, tambahnya tempat yang biasanya menjadi kawasan tempat tinggalnya sudah tidak ada.

Selain itu, faktor perburuan juga meyebabkan keberadaan spesies yang dilindungi undang-undang itu juga semakin terdesak, dan belakangan terungkap beberapa kasus penjualan kulit harimau pada beberapa wilayah di Sumatera.

"Pemicu lain yang menyebabkan berkurangnya populasi harimau adalah karena adanya konflik antara harimau dan manusia," ujarnya.

Ia menambahkan keterlibatan pihak swasta dalam konservasi harimau sangat penting.

Sebab, katanya, sebagai pihak yang berhak mengelola sebuah kawasan harus memberikan kontribusi terhadap kelangsungan hidup harimau.

Menurutnya, semenjak 2013, pihaknya juga sudah mengeluarkan regulasi untuk tidak lagi menebangi hutan agar habitat harimau yang ada di daerah perusahaannya tidak terganggu.

"Untuk menghindari konflik antara pekerja dan harimau, kami juga memberikan sosialisasi kepada para pekerja, sebab umumnya para pekerja tersebut tidak memahami perilaku harimau," katanya.

Sementara itu Dirjen Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wiratno mengatakan konservasi harimau tidak terlepas dari peranan masyarakat.

"Dalam penyusunan rencana aksi nantinya diharapkan masyarakat ikut terlibat dalam upaya konservasi terhadap harimau," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak