Rabu, 27 Mei 2020

Penyerapan Biodiesel dari Sawit Harus Digenjot

Oleh: marsot
Rabu, 03 Apr 2019 05:24
BAGIKAN:
istimewa.
Biodiesel.
JAKARTA (EKSPOSnews): Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat penyerapan biodiesel di dalam negeri mencapai lebih dari 648.000 ton sepanjang Februari 2019 , atau naik 17 persen dibandingkan Januari lalu sebesar 552.000 ton.

Direktur Eksekutif GAPKI Mukti Sardjono mengatakan peningkatan penyerapan CPO menunjukkan perluasan mandatori biodiesel 20 persen (B20) kepada non-PSO terlihat positif setiap bulan.

"Peningkatan penggunaan biodiesel berbasis CPO selain akan meningkatkan penggunaan CPO dalam negeri sekaligus akan menghemat devisa impor migas, yang selama ini nilainya sangat besar," kata Mukti melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa 2 April 2019.

Mukti berharap dengan tingginya penggunaan CPO dalam negeri, akan mengurangi ketergantungan kepada ekspor. Selain itu, uji coba B30 diharapkan segera terlaksana dan dapat mempercepat implementasi program mandatori B30.

Menurut dia, penyerapan CPO dalam negeri juga menjadi solusi atas hambatan perdagangan yang saat ini tengah dihadapi Indonesia, dan negara produsen CPO terbesar lainnya.

Komisi Uni Eropa pada 13 Maret 2019 mengusulkan skema kebijakan Renewable Energi Directive II (RED II) dimana akan ada penghapusan penggunaan biodiesel berbasis sawit.

Dalam draf tersebut, minyak kelapa sawit digolongkan sebagai minyak nabati berisiko tinggi terhadap deforestasi (Indirect Land Used Change/ILUC), sedangkan minyak nabati lainnya digolongkan beresiko rendah.

"Meskipun landasan ilmiah RED II banyak dipertanyakan, diskriminasi negara Uni Eropa ini tentunya sangat merugikan negara produsen sawit," kata Mukti.

Pada akhir Februari 2019, stok minyak sawit Indonesia tercatat sebesar di 2,50 juta ton atau turun 17 persen dibandingkan Januari lalu sebesar 3,02 juta ton.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Kasus Pilot Lion Air Aniaya Petugas Hotel Ditingkatkan

    SURABAYA (EKSPOSnews): Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya menaikkan status kasus penganiayaan yang dilakukan terhadap pegawai hotel oleh pilot Lion Air berinisial AG ke tingkat penyidi

  • 3 tahun lalu

    Kualitas Festival Bunga dan Buah-Buahan di Karo Agar Ditingkatkan

    MEDAN (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi meminta kualitas Festival Bunga dan Buah 2017 di Kabupaten Karo terus ditingkatkan untuk menarik perhatian wisatawan dalam negeri dan mancaneg

  • 3 tahun lalu

    Kualitas Restoran di Palembang Agar Ditingkatkan

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Provinsi Sumatera Selatan meminta anggotanya para pengelola hotel dan restoran untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan fasil

  • 3 tahun lalu

    Pelayanan Rumah Sakit USU Harus Ditingkatkan

    MEDAN (EKSPOSnews): Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, mengatakan layanan Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara, harus lebih ditingkatkan lagi, sehingga minat masyarakat

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99