Sabtu, 21 Apr 2018

Pencurian Sawit di Mukomuko Marak

Oleh: alex
Senin, 11 Des 2017 05:17
BAGIKAN:
istimewa.
Kebun Sawit.
MUKOMUKO (EKSPOSnews): Kasus pencurian tandan buah segar kelapa sawit yang sudah masak di batangnya semakin marak terjadi di sejumlah kecamatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Menurut Wakil Bupati Mukomuko Haidir di Mukomuko, kasus pencurian buah sawit yang sudah masak di atas batang tidak hanya terjadi di Kecamatan Ipuh dan Kecamatan Sungai Rumbai, tetapi juga di Kecamatan Pondok Suguh.

"Sawit saya juga dicuri belum lama ini, tetapi jumlahnya tidak banyak," ujarnya, Minggu 11 Desember 2017.

Menurut dia, kasus pencurian buah sawit sekarang ini marak sejak petani kebun sawit jarang memanen komoditi perkebunanya. Petani jarang memanen buah sawit karena akses jalan menuju lahan perkebunan rusak.

"Banyak petani sawit yang tidak bisa mengeluarkan hasil panen komoditi perkebunannya dari kebun ke pabrik karena jalan rusak," ujarnya.

Untuk itu pelaku kejahatan memanfaatkan kesempatan ini untuk mencuri buah sawit milik petani setempat yang sudah masak di batang.

Kendati demikian, katanya, beberapa petani setempat justru membiarkan buah sawitnya diambil untuk mencegah buah sawit busuk di atas batang.

Petani dari Kecamatan Ipuh Andes mengeluhkan maraknya pencurian tandan buah segar kelapa sawit dari kebunnya.

"Buah sawit milik petani setempat dicuri pada malam hari. Buah sawit dicuri dari batangnya," ujarnya.

Dia mengaku kehilangan sebanyak ratusan kilogram tandan buah segar kelapa sawitnya yang siap panen dari kebun miliknya di Desa Semundam.

Begitu juga dengan petani lainnya di wilayah itu yang kehilangan buah sawit yang siap panen, padahal beberapa petani di antaranya sudah berusaha menjaga kebun sawitnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Peralatan E-KTP di Mukomuko Rusak

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan mayoritas peralatan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) di 15 kecama

  • 2 bulan lalu

    Mukomuko Tetapkan Penerima Jaminan Kesehatan

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menetapkan lebih dari 200 keluarga warga miskin untuk diusulkan sebagai calon penerima bantuan jaminan kesehatan daerah

  • 3 bulan lalu

    Petani Karet di Mukomuko Kurang Berminat Remajakan Karet

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan petani setempat kurang berminat meremajakan atau "replanting" tanaman karetnya yang tidak produktif lagi."Petan

  • 8 bulan lalu

    Meremajakan Sawit di Mukomuko

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pertanian akan menyiapkan calon penerima dan calon lokasi (CPCL) kebun kelapa sawit bantuan program peremajaan ata

  • 8 bulan lalu

    Menyalurkan Bibit Sawit Berkualitas di Mukomuko

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyalurkan sebanyak 28 ribu kecambah kelapa sawit unggul kepada 25 kelompok tani di daerah itu."Hari ini kecambah kelapa

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99