Selasa, 16 Okt 2018

Pencurian Sawit di Mukomuko Marak

Oleh: alex
Senin, 11 Des 2017 05:17
BAGIKAN:
istimewa.
Kebun Sawit.
MUKOMUKO (EKSPOSnews): Kasus pencurian tandan buah segar kelapa sawit yang sudah masak di batangnya semakin marak terjadi di sejumlah kecamatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Menurut Wakil Bupati Mukomuko Haidir di Mukomuko, kasus pencurian buah sawit yang sudah masak di atas batang tidak hanya terjadi di Kecamatan Ipuh dan Kecamatan Sungai Rumbai, tetapi juga di Kecamatan Pondok Suguh.

"Sawit saya juga dicuri belum lama ini, tetapi jumlahnya tidak banyak," ujarnya, Minggu 11 Desember 2017.

Menurut dia, kasus pencurian buah sawit sekarang ini marak sejak petani kebun sawit jarang memanen komoditi perkebunanya. Petani jarang memanen buah sawit karena akses jalan menuju lahan perkebunan rusak.

"Banyak petani sawit yang tidak bisa mengeluarkan hasil panen komoditi perkebunannya dari kebun ke pabrik karena jalan rusak," ujarnya.

Untuk itu pelaku kejahatan memanfaatkan kesempatan ini untuk mencuri buah sawit milik petani setempat yang sudah masak di batang.

Kendati demikian, katanya, beberapa petani setempat justru membiarkan buah sawitnya diambil untuk mencegah buah sawit busuk di atas batang.

Petani dari Kecamatan Ipuh Andes mengeluhkan maraknya pencurian tandan buah segar kelapa sawit dari kebunnya.

"Buah sawit milik petani setempat dicuri pada malam hari. Buah sawit dicuri dari batangnya," ujarnya.

Dia mengaku kehilangan sebanyak ratusan kilogram tandan buah segar kelapa sawitnya yang siap panen dari kebun miliknya di Desa Semundam.

Begitu juga dengan petani lainnya di wilayah itu yang kehilangan buah sawit yang siap panen, padahal beberapa petani di antaranya sudah berusaha menjaga kebun sawitnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Prostitusi Terselubung di Mukomuko

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menindaklanjuti laporan warga terkait tempat hiburan dan panti pijat di daerah itu yang diduga menjadi lokasi prostitusi t

  • 2 bulan lalu

    Pelajar Mesum di Mukomuko

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Warga desa Pasar Ipuh, kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan sanksi berupa denda uang kepada Zi (14) seorang pelajar SMP dan pasangan wanitanya No (15) yang diamanka

  • 3 bulan lalu

    Membangun Pasar Semi Modern di Mukomuko

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bangkulu, A Halim menyatakan pembangunan pasar semi modern di daerah itu

  • 3 bulan lalu

    Kejaksaan Amankan Mantan Bupati Mukomuko

    JAKARTA (EKSPOSnews): Tim intelijen kejaksaan berhasil mengamankan Bupati Mukomuko periode 2005-2010 dan 2010-2015, Ichwan Yunus, setelah buron selama satu tahun terkait dugaan korupsi penyalahgunaan

  • 3 bulan lalu

    Membangun Kampung Nelayan di Mukomuko

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendukung pembangunan dan pengembangan Kawasan Kampung Nelayan Sejahtera (KKNS) di desa Pasar Bantal, k

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99