Senin, 22 Jul 2019

Pemprov Bangka Belitung Salurkan Bibit Jagung

Oleh: marsot
Rabu, 20 Feb 2019 04:19
BAGIKAN:
istimewa.
Menanam jagung.
PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyalurkan bantuan benih jagung unggul untuk lahan seluas 1.000 hektare, sebagai upaya pemerintah mendorong petani mengembangkan dan meningkatkan produksi komoditas tersebut.

"Kami siap memfasilitasi petani mendapatkan benih jagung unggul dari Kementerian Pertanian dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian," kata Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Shinta Rulyantie usai panen jagung di Pangkalpinang, Selasa 19 Februari 2019.

Ia mengatakan dalam meningkatkan luas tanam dan produksi jagung tahun ini, Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel juga menggencarkan program tumpang sari antara tanaman padi dan jagung.

"Kita bekerja sama dengan BPTP untuk mengoptimalkan program tumpang sari ini, sehingga keuntungan yang diperoleh petani sangat besar untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarganya," ujarnya.

Menurut dia untuk mendapatkan bantuan benih padi maupun jagung ini, kelompok petani harus mengajukan proposal bantuan ke Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel. "Mudah-mudahan dengan pemberian bantuan benih unggul ini, petani semakin mudah mengembangkan usahanya dan juga mengurangi ketergantungan pasokan jagung, beras dari luar daerah," katanya.

Kepala BPTP Bangka Belitung, Wahyu Wibawa terus mendorong seluruh petani yang ada di daerah itu untuk meningkatkan produksi jagung di Bumi Serumpun Sebalai. "Kami harap para petani memanfaatkan lahan tidur untuk mulai menanam jagung, agar produksi komoditi tersebut semakin meningkat," katanya.

Menurut dia, selain menambah luas tanam, untuk meningkatkan produksi pangan alternatif ini , para petani juga dapat menggunakan teknologi pertanian berupa varietas unggul yang telah dikeluarkan oleh Balitbang Kementan RI.

 "Sampai saat ini ada dua jenis varietas yang sedang dikembangkan, yaitu jagung hibrida dan komposit dan semuanya cocok untuk ditanam di Bangka Belitung. Dari Varietas Hibrida ada namanya Nakula Sadewa atau jagung tongkol dua yang jika ditanam oleh petani tentunya akan meningkatkan produksi, meskipun demikian bibit jenis ini hanya bisa di pakai satu kali," ujarnya.

Ia menambahkan tidak hanya mengganti bibit dengan varietas unggul, pemeliharaan juga harus dilakukan secara optimal, termasuk organisme pengganggu dan pengaturan pupuk harus cukup dan teratur. "Agar hasil optimal kami juga secara rutin melakukan penyuluhan terkait pengembangan jagung ini kepada poktan maupun gapoktan agar peningkatan produksi ini dapat terealisasi," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Pemprov Bangka Beliting Atur Zonasi Penyaluran CSR

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memetakan penyaluran dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) PT Timah Tbk, agar bantuan itu lebih terarah dan fokus d

  • 2 tahun lalu

    Pemprov Bangka Belitung Akan Bangun Pembangkit Listrik

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun empat pembangkit listrik, sebagai penunjang program proyek pembangkit listrik 35.000 mega watt oleh pemerintah.

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99