Selasa, 26 Mei 2020

Pemkab Mukomuko Minta Petani Sawit Tanam Bibit Unggul

Selasa, 27 Sep 2016 04:56
BAGIKAN:
ist
Buah kelapa swit.

MUKOMUKO (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta bantuan tenaga ahli untuk mengajarkan cara persemaian bibit sawit unggul kepada sebanyak 30 kelompok tani yang menerima bantuan 25.600 kecambah tanaman perkebunan tersebut.

"Kita minta bantuan tenaga ahli persemaian sawit untuk mendampingi kelompok tani," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Wahyu Hidayat, di Mukomuko, Senin 26 September 2016.

Pemerintah setempat tahun ini membeli sebanyak 25.600 kecambah kelapa sawit unggul untuk 30 kelompok tani di daerah itu.

Ia menyebutkan, tenaga ahli persemaian tanaman kelapa sawit ini berasal dari tiga perusahaan perkebunan di daerah itu, yakni PT Agro Muko, PT Daria Darma Pratama, dan PT Alno.

Ia berharap, tenaga ahli persemaian tanaman kelapa sawit dari perusahaan ini mempunyai beban dan tanggung jawab untuk mendampingi kelompok tani dalam melakukan persemaian kecamabah sawit unggul.

Selain itu, ia minta, tenaga ahli ini memberikan akses seluas-luasnya kepada kelompok tani untuk berkonsultasi seputar persemaian kecambah kelapa sawit unggul.

"Pada tahun 2015 kita juga minta bantuan ahli tetapi kurang dimanfaatkan oleh kelompok tani untuk belajar cara persemaian sawit," ujarnya.

Ia mengatakan, instansi itu rutin mengusulkan pembelian kecambah sawit unggul untuk mengganti tanaman sawit petani yang menggunakan bibit asalan.

"Kita bantu kecambah unggul agar produksi buah sawit petani setempat meningkat," katanya.(ant)


  Berita Terkait
  • tahun lalu

    PTPN X Bagikan Bibit Unggul

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X membagikan sebanyak 254,5 ton bibit unggul dengan nilai subsidi Rp165.470.500 kepada 30 orang petani di 14 desa dan 6 kecamatan di Kabupaten Lam

  • 2 tahun lalu

    Belanda Tawarkan Bantuan untuk Petani Sawit

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menawarkan bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk membantu petani sawit dan sejumlah masalah lingkungan lainnya.

  • 3 tahun lalu

    Pemkab Mukomuko Programkan Damkar Setiap Kecamatan

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran memprogramkan setiap kecamatan memiliki minimal satu mobil pemad

  • 3 tahun lalu

    Petani Sawit di Mukomuko Gunakan Bibit Asalan

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Petani kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu diketahui mayoritas atau mencapai 90 persen menggunakan bibit asalan. Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Pete

  • 4 tahun lalu

    Pemkab Mukomuko Data Rumah yang Dihantam Angin Puting Beliung

    MUKOMUKO (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, masih mendata jumlah rumah warga masyarakat setempat yang rusak akibat angin kencang yang melanda d

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99