Selasa, 26 Mei 2020

Pemkab Labuhanbatu Batasi Penangkapan Ikan Tarubuk

Minggu, 02 Okt 2016 03:01
BAGIKAN:
ist
Ikan (ilustrasi).

RANTAUPRAPAT (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menyosialisasikan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 43/KEPMEN-KP/2016 tentang penetapan status perlindungan terbatas ikan Terubuk.

Sekdakab Labuhanbatu Ali Usman Harahap di Rantauprapat mengatakan, ikan Terubuk yang terdapat di perairan Kabupaten Labuhanbatu memiliki sejarah tersendiri yakni menggambarkan identitas atau ciri khas daerah tersebut.

Seiring meningkatnya populasi manusia dan peningkatan kebutuhan terhadap sumber daya hayati laut mengakibatkan menurunya populasi ikan Terubuk tersebut.

"Akibat ekploitasi ikan Terubuk secara berlebihan dan terjadinya pencemaran sungai dari limbah industri yang ada disekitar perairan Sungai Barumun, populasi ikan tersebut menjadi sedikit," katanya, Sabtu 1 Oktober 2016.

Untuk menjaga populasi itu, Pemkab Labuhanbatu bekerja sama dengan Universitas Riau tahun 2012 mengidentifikasi spesies dan lokasi pemijahan ikan Terubuk di Labuhanbatu.

Disamping itu, Pemkab Labuhanbatu mengusulkan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk mengeluarkan peraturan dalam pelestarian ikan Terubuk di Kabupaten Labuhanbatu.

"Alhamdulillah, usulan Pemkab Labuhanbatu disahuti kementerian setelah melalui berbagai proses tentang penetapan status perlindungan terbatas ikan Terubuk," katanya.(ant)


  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Peluang Beasiswa dari Pemkab Labuhanbatu

    RANTAUPRAPAT (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara secara resmi mengumumkan syarat dan waktu penyerahan berkas penerima beasiswa jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi

  • 2 tahun lalu

    Impor Mobil Mewah Dibatasi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa untuk menjaga fundamental ekonomi Indonesia, pengendalian impor mobil mewah akan efektif berlaku mulai September 2018.

  • 2 tahun lalu

    Membatasi Impor Semen

    BOGOR (EKSPOSnews): Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya mengapresiasi kebijakan pemerintah membatasi impor semen, sehingga mendorong pabrikan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang ter

  • 3 tahun lalu

    Pemerintah Akan Batasi Jumlah Mahasiswa

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah berencana membatasi jumlah mahasiswa yang masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan tujuan fokus pendidikan."Saya lebih senang kalau perguruan tinggi itu fokus

  • 3 tahun lalu

    Banyuangi Batasi Ritel Modern

    BANYUANGI (EKSPOSnews): Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengapresiasi sejumlah kebijakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dalam melindungi usaha kecil yang bergerak di sektor perda

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99