Senin, 11 Des 2017

Pemkab Kutacane Dapat Tambahan Pupuk Bersubsidi

Oleh: marsot
Jumat, 08 Des 2017 04:49
BAGIKAN:
istimewa.
Pupuk bersubsidi.
KUTACANE (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara kembali mendapat tambahan pupuk bersubsidi jenis urea sebanyak 1.900 ton untuk mengatasi kelangkaan pada akhir tahun ini.

"Alhamdulillah terjadi penambahan urea bersubsidi 1.900 ton di Desember ini," ungkap Kepala Seksi Pupuk, Pestisida, dan Alsintan Dinas Pertanian Aceh Tenggara Juliana Manullang di Kutacane, Kamis 7 Desember 2017.

Ia mengaku ribuan petani setempat telah mendapat tambahan total 2.400 ton tahun ini, terdiri di Agustus sebesar 600 ton, lalu Oktober 1.000 ton, dan November penambahan 800 ton.

Namun petani di Aceh Tenggara tetap kesulitan mendapat pupuk bersubsidi jenis urea, terutama di tingkat kios dan distributor, sehingga menjadi barang yang langka untuk penyubur tanaman pangan.

Dinas Pertanian setempat tahun ini cuma memperoleh pupuk bersubsidi terdiri urea 7.000 ton, NPK 4.500 ton, SP-36 1.000 ton, ZA 1.000 ton, dan organik 1.200 ton.

"Urea bersubsidi yang paling sering dibicarakan sekarang, sedangkan pupuk jenis yang lain tidak terlalu di Agara (Aceh Tenggara)," ucapnya.

Penambahan ini, lanjut dia, dapat mencukupi kebutuhan pupuk bersubsidi ribuan petani di daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Pihaknya menargetkan tercukupi hingga Januari tahun 2018 atau sebelum Surat Keputusan (SK) sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) terbit.

Terdapat ribuan petani tanaman pangan di Aceh Tenggara yang memiliki lahan seluas 14.101 hektare jenis padi dengan dua kali masa tanam dalam setahun, dan 16.679 hektare jagung dengan masa tanam tiga kali satu tahun.

"Jadi, kios nanti menebus ke distributor. Setelah distributor tebus ke produsen," jelas Juliana, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sebelumnya telah menargetkan capaian produksi tiga komoditi pangan tahun ini seperti padi 2,9 juta ton, jagung 249 ribu ton, dan kedelai 4,8 juta ton.

Irwandi mengaku tiga komoditi pangan tersebut merupakan komoditas andalan yang tertuang dalam perencanaan pertanian Pemerintah Aceh.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Mengancam Distributor Pupuk Bersubsidi

    LAMPUNG (EKSPOSnews): Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengancam akan mencabut izin distributor pupuk nakal yang mempermainkan harga serta tidak mendistribusikan pupuk dengan lancar kepada petani

  • satu bulan lalu

    Petrokimia Gresik Jamin Stok Pupuk Bersubsidi

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Petrokimia Gresik (PG) menjamin ketersediaan stok pupuk bersubsidi menjelang musim tanam Oktober 2017-Maret 2018, khususnya di lini I hingga IV atau wilayah gudang produsen,

  • satu bulan lalu

    PIM Pastikan Pupuk Bersubsidi Cukup

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Anggota Komisi VI DPR Fadhlullah meminta PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) untuk memastikan seluruh pupuk bersubsidi tersedia dengan baik di seluruh daerah."Saya minta PT PIM dapat

  • 7 bulan lalu

    Pupuk Bersubsidi di Sumut Aman

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Petrokimia Gresik (Persero) menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi di Sumatera Utara khususnya jenis phonska yang sulit didapat seperti yang pernah dikeluhkan petani."Stok fisik

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99