Jumat, 24 Nov 2017

Pemkab Binjai Tanam Verietas Rambutan

Oleh: Marsot
Sabtu, 10 Jun 2017 04:19
BAGIKAN:
marsot
Pembibitan.
BINJAI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, melakukan pertanaman serentak verietas rambutan di lahan persawahan petani yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan terutama beras untuk daerah itu.

Hal itu disampaikan Wali kota Binjai Muhammad Idaham di Binjai, saat memulai pertanaman varietas rambutan itu di salah satu lokasi di Kelurahan Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Selatan.

"Diatas lahan hampir satu hektare ditanam varietas rambutan ini dengan pola bercocok tanam melalui teknologi intensifikasi padi aerob terkendali berbasis organik atau Ipat-Bo," katanya, Jumat 9 Juni 2017.

Varietas itu sudah didaftarkan di Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan hak paten dan menjadi beras Binjai cap rambutan.

Menurut dia, penanaman varietas itu berbeda dengan cara menanam jenis padi yang lain, yakni para petani cukup menanam satu bulir benih padi ke dalam lubang dan bisa menghasilkan 40 bulir benih padi.

Sementara untuk benih padi jenis lain, harus ditanam lebih dari satu bulir benih untuk setap lubangnya.

Sedangkan untuk hasil panen padinya di lahan satu hektare bisa menghasilkan lebih 10 ton dengan masa tanam hanya 86 hari Muhammad Idaham menambahkan, jenis varietas baru itu sengaja dikembangkan di Kota Binjai karens merupakan satu-satunya jenis padi yang dikembangkan di Sumatera Utara yang mampu menghasilkan padi yang lebih banyak rasa beras yang lebih enak.

Nantinya beras dari hasil varietas baru itu akan diberi nama "Beras Binjai Cap Rambutan" dan mulai dipasarkaan dengan harga Rp75.000 untuk ukuran lima kilogram.

Kelebihan lain dari beras itu tidak memakai zat pemutih, pewarna dan pewangi serta tidak dicampur dan hanya satu varietas benih saja.

Diperkirakan jika seluruh areal pertanian yang ada di kawasan kota Binjai menanam varietas itu, maka diyakini daerah itu bisa menyuplai beras ke daerah lain di Indonesia.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Pemkot Binjai Luncurkan Bantuan Sosial

    BINJAI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, meluncurkan bantuan sosial melalui program keluarga harapan nontunai yang bantuan itu diharapkan dapat bermanfaat bagi warga penerima."Semo

  • 5 bulan lalu

    Pemkot Binjai Akan Bangun Kawasan Industri

    BINJAI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, akan membangun Kawasan Industri Binjai (KIB) seluas 132 hektare di Kelurahan Tunggurono Kecamatan Binjai Timur, yang akan dilengkapi dengan

  • 10 bulan lalu

    Pemkot Binjai Luncurkan Operasi Daring

    BINJAI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, meluncurkan lima aplikasi daring untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Aplikasi berbasis 'online' ini nanti

  • 12 bulan lalu

    Pemkot Binjai Akan Tertibkan HGU PTPN II

    BINJAI (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, akan melakukan penertiban lahan HGU PTPN II seluas 80 hektare mengembalikan aset negara yang dikuasai tanpa izin. Wali Kota Binjai

  • tahun lalu

    Pemkot Binjai Minta Eks HGU PTPN II Jadi Kawasan Industri

    MEDAN (EKSPOSnews): Wali Kota Binjai, Sumatera Utara, Muhammad Idaham menjelaskan seluas 131 hektare lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) PTPN II akan dijadikan kawasan industri guna membangun perekonomi

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99