Selasa, 16 Jul 2019
  • Home
  • Agribisnis
  • Pemasangan Smart Farming dan SOIL and Weather Sensor di Dairi, untuk Siapa?

Pemasangan Smart Farming dan SOIL and Weather Sensor di Dairi, untuk Siapa?

Oleh: Jallus
Kamis, 27 Jun 2019 05:53
BAGIKAN:
istimewa.
Bercocok tanam.
SIDIKALANG (EKSPOSnews):Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara melakukan pemasangan Smart Farming dan SOIL and Weather Sensor di Desa Perjuangan, Kecamatan Sumbul dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian di daerah itu.

Bupati Dairi Eddy K.A. Berutu di Sidikalang, mengatakan dalam upaya meningkatkan pendapatan petani melalui penerapan pertanian pintar, sebuah sistem pertanian berbasis teknologi, Pemkab Dairi mengembangkan pola kerja sama kemitraan dengan berbagai pihak.

Teknologi tersebut untuk membantu masyarakat Kabupaten Dairi dalam upaya meningkatkan kapasitas-kapasitas untuk akses kepada teknologi dan bersama-sama mencari terobosan sebagai upaya meningkatkan produktivitas pertanian.

"Pemerintah Kabupaten Dairi akan terus membuka kerja sama dengan kemitraan, baik itu asosiasi, NGO (lembaga swadaya masyarakat), dan badan-badan lain untuk meningkatkan produktivitas petani di daerah ini," katanya, Rabu 26 Juni 2019.

Atas dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang berkolaborasi dengan PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa Kabupaten, Dairi mendapat kesempatan untuk penerapan Presisi Smart Farming.

Salah satunya, katanya, dalam bentuk pemasangan alat SOIL and Weather Sensor untuk merekam perubahan cuaca yang terjadi secara langsung, mengukur intensitas hujan, dan meningkatkan pengukuran suhu atau temperatur.

"Pemkab juga akan memacu diri untuk pengembangan Kopi Sidikalang dengan pemasangan SOIL and Weather Sensor, sehingga hasil pertanian yang sudah baik akan lebih baik lagi ke depannya, sehingga Indonesia, khususnya Kabupaten Dairi ini akan lebih terkenal lagi di dunia dengan hasil pertaniannya," katanya.

Chief Marketing Officer PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa A. Trianita Hesti mengatakan pemasangan SOIL and Weather Sensor untuk memberikan informasi secara kekinian, tepat, dan presisi kepada petani yang lahannya ada di sekitar alat tersebut.

Alat itu mempunyai fungsi membuat data berupa log dan dengan data tersebut dapat digunakan peneliti untuk memprediksi cuaca yang tersinkron ke satelit BMKG.

Alat tersebut menggunakan daya baterai atau baterai isi ulang dan bisa juga dikombinasikan sehingga dapat menghasilkan sumber daya yang lebih lama.

Dengan menggunakan alat itu, katanya, petani saat melakukan pemupukan sesuai dengan dosis yang dibutuhkan tanah.

Keberadaan sensor tanah dan cuaca yang terpasang di lahan pertanian juga akan membantu petani dalam memantau kondisi tanaman.

Data yang dapat diperoleh dari sensor itu, di antaranya kelembaban udara dan tanah, suhu, pH tanah, kadar air, hingga estimasi masa panen dan terintegrasi dengan aplikasi berbasis android RiTx.

Peringatan dini akan diterima petani jika terjadi anomali terhadap kondisi lahan mereka dan petani juga akan mendapatkan rekomendasi demi mencegah kerusakan lahan dan tanaman.

Data untuk tofografi bisa digunakan dengan penggunaan Drone Surveillance, di mana dari hasil pemetaan, petani bisa mengetahui kondisi tanaman di lahan mereka.

"Jangan lupa 'download' (unduh) aplikasi RiTx bertani semuanya terhubung dengan informasi 'real time' secara mudah, petani bisa mendapatkan informasi tentang kondisi lahan mereka hanya dalam genggaman tangan mereka," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    2 Korban Banjir di Dairi Ditemukan

    MEDAN (EKSPOSnews): Tim gabungan Basarnas, TNI/Polri, BPBD dan masyarakat menemukan dua orang dari jumlah sembilan korban banjir bandang di Desa Longkotan dan Desa Sibongkaras, Kecamatan Silima Pungga

  • 9 bulan lalu

    BPJS Ketenagakerjaan Gelar Rapat Kerja sama Operasional dengan Pemkab Dairi

    SIDIKALANG (EKSPOSnews): Bupati Dairi melalui Sekretaris Daerah Sebastianus Tinambunan, meminta agar seluruh Kepala Desa, perangkat desa (seluruh aparatur desa) termasuk para Kepala Dusun dan BPD untu

  • 12 bulan lalu

    KPU Dairi Tetapkan Eddy-Jimmy Pemenang Pilkada

    MEDAN (EKSPOSnews): Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dairi, Eddy Kelleng Ate Berutu - Jimmy Andrea Lukita Sihombing, unggul perolehan suara di 15 kecamatan pada Pilkada 2018 . Data perolehan sua

  • tahun lalu

    Angin Puting Beliung di Dairi

    MEDAN (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, mendata rumah yang rusak di Kecamatan Sumbul akibat diterpa angin puting beliung.Kepala Badan Penanggulangan Be

  • 2 tahun lalu

    Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Karo bagi Guru Honorer dan Penduduk Pegagan Hilir

    KABANJAHE (EKSPOSnews): Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Karo menggelar sosialisasi di dua tempat berbeda yaitu seluruh guru honorer (Non PNS)  Se

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99