Selasa, 12 Des 2017

Pasaman Barat Potensial Pengembangan Ikan Kerapu

Oleh: Jallus
Selasa, 29 Agu 2017 05:12
BAGIKAN:
istimewa
Ikan Kerapu.
SIMPANG EMPAT (EKSPOSnews): Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), memiliki potensi ikan kerapu kualitas ekspor di Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas.

"Saat ini produksi ikan kerapu pada 2016 di Pasaman Barat sebanyak 1.240 kilogram. Masih rendah dan butuh pengembangan lebih jauh," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Senin 28 Augustus 2017.

Ia menambahkan pengembangan potensi ikan kerapu sangat baik dilakukan di Air Bangis. Namun, dibutuhkan komitmen bersama untuk pengembangannya.

"Kemauan ini tidak hanya bisa datang dari pemerintah saja. Masyarakat juga harus mendukungnya," ujarnya.

Menurutnya saat ini ikan kerapu yang ada juga ada diekspor keluar negeri. Namun masih dalam jumlah terbatas.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat, Arial Effendi menambahkan nelayan dalam budi daya ikan kerapu mengalami kesulitan karena harga yang rendah dibandingkan dari daerah lainnya.

"Tentu kita berupaya bagaimana ikan kerapu yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik. Selain itu juga mencarikan pasar yang jelas," sebutnya.

Ia mengemukakan secara umum Pasaman Barat memiliki potensi ikan yang melimpah. Namun diperlukan keseriusan semua pihak.

Potensi budi daya laut mencapai 1.050 hektare, budi daya air payau 2.400 hektare, budi daya air tawar seluas 9.364 hektare, perairan umum 750 hektare dan mina padi 1.070 hekatare.

Menurutnya, sejumlah permasalahan yang dihadapi nelayan diantaranya adalah kuota BBM untuk nelayan masih kurang, modal dan akses permodalan masih terbatas, jaminan keselamatan masih rendah, harga pakam ikan tinggi, pasar ikan kerapu belum konsisten dan sarana prasarana perikanan masih rendah.

Terhadap permasalahan itu pihaknya akan berupaya menggaet berbagai bantuan baik dari provinsi maupun pusat.

"Mudah-mudahan kedepannya nelayan Pasaman Barat dapat meningkatkan kesejahteraan dengan penghasilan yang bertambah," harapnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Banjir Hantam Pasaman Barat, Jembatan Rusak

    SIMPANG EMPAT (EKSPOSnews): Banjir kembali melanda Rantau Panjang Kecamatan Sasak Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, merusak satu jembatan."Benar, banjir terjadi di Rantau Panjang setinggi seten

  • 4 bulan lalu

    Mengembangkan Sapi di Pasaman Barat

    SIMPANG EMPAT (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), mengajak petani memelihara ternak sapi sambil berkebun atau bertani."Sinkronisasi antara perkebunan-te

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99