Minggu, 15 Des 2019

Papua Barat Akan Ekspor Langsung Kayu Merbau

Oleh: Jallus
Jumat, 14 Jun 2019 04:36
BAGIKAN:
istimewa.
Kayu.
MANOKWARI (EKSPOSnews): Provinsi Papua Barat mulai tahun 2020 akan melaksanakan kegiatan pengiriman secara langsung kayu merbau ke sejumlah negara di wilayah Asia dan Eropa.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Hendrik F Runaweri di Manokwari, mengatakan, selama ini pengiriman kayu dari Papua Barat ke luar negeri dilakukan melalui Surabaya, Jawa Timur.

"Mulai tahun depan, kita akan kirim sendiri. Pengiriman langsung dilakukan dari Papua Barat supaya bisa memperoleh manfaat lebih," kata Runaweri, Kamis 13 Juni 2019.

Pada Desember 2019, lanjut dia, Pemprov Papua Barat akan menghentikan kerjasama pengiriman kayu dengan Surabaya.

Selanjutnya pengiriman akan dilakukan melalui Pelabuhan Sorong dan Manokwari.

"Pelabuhan Sorong sudah sangat siap, begitu juga Manokwari. Ada nilai lebih yang bisa kita dapat diantaranya kita bisa menetapkan harga yang lebih layak," kata dia lagi.

Menurutnya, investor di daerah ini sudah cukup siap. Industri pengolahan kayu di daerah ini pun digenjot untuk memperlancar suplay.

"Para investor kita paksa mau tidak mau harus punya industri pengolahan di Papua Barat. Mulai tahun ini harus siap sehingga awal tahun 2020 pengiriman langsung bisa kita mulai," ujarnya lagi.

Saat ini, kata dia, sudah ada beberapa industri pengolahan kayu di Kaimana Di Sorong, Fakfak, Teluk Bintuni. Pemprov akan bertindak tegas bagi investor yang enggan membangun pabrik pengolahan kayu.

Ia mengutarakan, kegiatan ekspor ini khusus dilakukan untuk kayu merbau. Untuk negara-negara di wilayah Eropa Timur pengiriman dilakukan melalui China.

"Amsterdam Belanda yang bisa pengiriman langsung dari Papua Barat," katanya seraya menambahkan, Pemprov juga sedang mendorong peningkatan ekspor hasil hutan bukan kayu.

Hendrik menambahkan, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Pemprov Papua. Hal serupa akan dilakukan provinsi Papua terkait kegiatan ekspor kayu. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Polda Papua Barat Amankan Kayu Merbau

    MONOKWARI (EKSPOSnews): Kepolisian Daerah Papua Barat mengamankan empat kontainer kayu merbau di pelabuhan Kota Sorong.Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, AKBP Mathias Krey di Manokwa

  • 8 bulan lalu

    Menggenjot Ekspor Kopi dari Aceh Tengah

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan sehingga kegiatan ekspor langsung dilakukan di daerah sendiri bukan lagi melalui provinsi tetangga.

  • 9 bulan lalu

    Indonesia Pangkas Ekspor Karet

    JAKARTA (EKSPOSnews): Indonesia mulai mengurangi ekspor karet alam sebesar 98.160 ton secara bertahap per 1 April 2019 sebagai upaya memperbaiki harga komoditas tersebut, yang masih berada di level re

  • 9 bulan lalu

    Akasia dari Pulau Punjung Layak Ekspor

    PULAU PUNJUNG (EKSPOSnews): PT Bukit Raya Mudisha (BRM) yang bergerak di sektor perkebunan akasia di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat memastikan industri yang ada di konsesi perusahaan tersebut l

  • 10 bulan lalu

    Sumut Pengekspor Sarang Burung Walet Terbesar di Indonesia

    MEDAN (KICAU): Sumatera Utara masih tercatat sebagai pengekspor sarang burung walet terbesar di Indonesia dengan negara tujuan utama ke Republik Rakyat Tiongkok."Masih berlangsungnya ekspor sarang bur

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99