Kamis, 18 Apr 2019

Padang Tanam Pohon Penahan Tsunami

Oleh: Jallus
Jumat, 22 Mar 2019 19:05
BAGIKAN:
istimewa.
Tanam pohon.
PADANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat  memulai menanam  pohon dalam rangka Gerakan Sejuta Pohon yang digagas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk penahan tsunami di sepanjang pantai yang dimulai di kawasan Pantai di Kelurahan Parupuak Tabing.

"Diharapkan melalui penanaman pohon dan menciptakan hutan pantai bisa menyerap tekanan air sampai 80 persen, sehingga memberi daya tahan terhadap daya rusak daerah pantai, dan yang terpenting untuk mitigasi bencana tsunami," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Jumat 22 Maret 2019.

Pada kesempatan itu  Mahyeldi melakukan penanaman pohon bersama TNI, Polri, aparatur pemerintah dan komponen masyararakat.

Ia menyampaikan Kota Padang terletak di garis pantai dengan panjang lebih kurang 68,126 kilometer, sehingga wilayah di sekitar pantai berpotensi terkena abrasi dan gelombang air laut.

"Proses penanaman pohon didesain sebaik mungkin agar akses nelayan ke laut juga tersedia dan masyarakat diimbau bersama-sama bertanggung jawab merawat dan menjaga pohon tersebut," kata dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyampaikan terdapat potensi gempa megathrus dengan kekuatan 8,9 Skala Richter yang berpusat di Mentawai dan diperkirakan mendatangkan gelombang tsunami dengan jangkauan hingga 12 kilometer dengan kecepatan 827 kilometer per jam.

“Ini bukan menakut-nakuti tapi memang riil dan sesuai dengan pernyataan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Manando beberapa waktu lalu, untuk itu Gerakan Tanam Sejuta Pohon merupakan salah satu upaya mitigasi bencana," kata dia.

Nasrul berharap,gerakan seperti ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih mencintai kawasan pantai.

Gerakan Tanam Sejuta Pohon di kawasan pantai Simpang Gia, Kelurahan Parupuak Tabing juga diikuti Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal, Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, Dandim 0312 Padang Letkol CZI R.N Yudha Tri Ananda, Kepala BPBD Sumatera Barat Erman Rahman, Kepala Kemenkumham Sumatera Barat Ajub Suratman dan SKPD Pemko Padang.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    Mendorong Wisata Banten Setelah Tsunami

    SERANG (EKSPOSnews): Sudah tiga bulan lebih bencana tsunami menerjang pantai di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang. Sudah banyak pula upaya pemerintah daerah setempat, termasuk swasta berbenah

  • 2 minggu lalu

    Trase Jalan Tol Padangpariaman-Pekanbaru Tak Bisa Digeser

    PADANG (EKSPOSnews): Trase Jalan Tol Padangpariaman-Pekanbaru kilometer 0-30 kilometer yang dipertanyakan masyarakat setempat, tidak bisa lagi digeser karena telah melalui berbagai pertimbangan."Trase

  • 2 minggu lalu

    Padang Butuh Tempat Rehabilitasi Pecandu Narkoba

    PADANG (EKSPOSnews): Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarko mengatakan Sumatera Barat membutuhkan tempat rehabilitasi narkoba bagi masyarakat yang ingin sembuh dari ketergantung

  • 2 bulan lalu

    Berburu Kuliner Tradisional di Padang Panjang

    PADANG PANJANG (EKSPOSnews): Warga di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, dan sekitarnya berburu kuliner tradisional di Desa Wisata Kubu Gadang yang hadir setiap Minggu.Menu tradisional yang disajika

  • 3 bulan lalu

    Batan Bantu Korban Tsunami Lampung

    LAMPUNG SELATAN (EKSPOSnews): Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memberikan bantuan 300 tabung elpiji 3 kilogram atau gas melon bagi korban tsunami Selat Sunda di Kabupaten Lampung Selatan.Kepala Di

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99