Senin, 23 Sep 2019

Menggunakan Pupuk Organik

Oleh: marsot
Minggu, 07 Jul 2019 05:07
BAGIKAN:
istimewa.
Pupuk.
BELITUNG (EKSPOSnews): Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengajak petani di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggunakan pupuk organik karena dinilai baik digunakan untuk tanaman beserta hasil panen.

"Untuk mendorong petani menggunakan pupuk organik diperlukan demonstrasi atau contoh menggunakan pupuk organik dan juga hasilnya," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati di Tanjung Pandan, Sabtu 6 Juli 2019.

Menurut dia, memang tidak mudah mengajak petani beralih menggunakan pupuk organik, perlu dilakukan sosialisasi yang bertahap kepada petani mengenai keunggulan pupuk organik.

Selain itu juga diperlukan dukungan Pemerintah Daerah berupa imbauan serta program penggalakkan penggunaan pupuk organik di kalangan petani.

"Sehingga bisa bebas dari penggunaan pupuk kimia 60 hingga 80 persen dan lama-lama bisa mencapai 100 persen," ujarnya.

LIPI, sebutnya melalui Pusat Penelitian Biologi senantiasa menyebarluaskan informasi hasil-hasil penelitiannya guna mendukung prioritas nasional pengembangan pariwisata dan ketahanan pangan.

"Kami telah memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik dan pakan fermentasi sebanyak 109 kali di 26 provinsi," katanya.

Pupuk Organik Hayati (POH) memiliki keunggulan mampu menyuburkan secara alami, meningkatkan ketahanan terhadap hama dan penyakit serta memelihara kesehatan tanah.

"POH juga digunakan di lahan bekas galian tambang dan kami telah lakukan uji coba dk beberapa tempat," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Belitung, Sahani Saleh menyebutkan akan mendorong petani di daerah itu menggunakan pupuk organik, dikarenakan ketersediaan bahan organik di daerah itu cukup banyak.

"Ketersediaan bahannya banyak makanya kami berterimakasih atas bantuan alat teknlogi produksi POH dari LIPI yang akan membantu petani kami membuat pupuk organik nanti," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Perceraian di Bangka Belitung Tinggi

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mewajibkan calon pengantin memiliki sertifikat siap nikah, guna menekan angka perceraian di daerah itu."Saat ini an

  • 6 bulan lalu

    Pengunaan Pupuk Organik Meningkat

    GRESIK (EKSPOSnews): Manager Humas Petrokimia Gresik Muhammad Ihwan menyebut penggunaan pupuk organik di kalangan petani saat ini meningkat, karena data serapan pupuk organik Petroganik terealisasi se

  • 6 bulan lalu

    Presiden Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah kepada Masyarakat Bangka Belitung

    PANGKAL PINANG (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menyerahkan 2.500 sertifikat tanah kepada masyarakat di Provinsi Bangka Belitung untuk menghindari sengketa."Yang masuk ke telinga saya sengketa tanah

  • 7 bulan lalu

    Pemprov Bangka Belitung Salurkan Bibit Jagung

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyalurkan bantuan benih jagung unggul untuk lahan seluas 1.000 hektare, sebagai upaya pemerintah mendorong petani

  • 9 bulan lalu

    Menertibkan Tambang Apung di Bangka Belitung

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews0: Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan akan menertibkan aktivitas tambang bijih timah ilegal yang beroperasi di kawasan penangkapan ikan nelayan tradision

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99