Selasa, 24 Sep 2019

Menggenjot Ekspor Kopi dari Aceh Tengah

Oleh: marsot
Kamis, 04 Apr 2019 18:28
BAGIKAN:
istimewa.
Kopi Gayo.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan sehingga kegiatan ekspor langsung dilakukan di daerah sendiri bukan lagi melalui provinsi tetangga.

“Kami terus berupaya mendekatkan pelayanan pengurusan dokumen ekspor guna memangkas biaya produksi dan mendukung terlaksananya aktivitas ekspor agar lebih efektif dan efisien,” kata Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar di Takengon, Kamis 4 April 2019.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela sosialisasi "ayo galakkan ekspor generasi milenial bangsa (AGRO gemilang) yang diselenggarakan Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Banda Aceh bersama Koperasi Baburrayan.

Ia menjelaskan  juga terus berupaya menghadirkan pelabuhan darat (dry port) di Takengon, sehingga proses untuk pengurusan ekspor komoditi khususnya menjadi dekat dan kualitas dapat terjaga.

“Keberadaan pelabuhan darat ini nantinya juga membutuhkan dukungan dari petugas Karantina guna melegalisasi barang yang akan di ekspor,” katanya.

Pihakya juga berharap dukungan serta kerja sama dari kalangan pengusaha dan eksportir agar seluruh proses ekspor dilakukan langsung di daerah sendiri seperti pengemasan.

“Kalau bisa langsung dikirim dalam bentuk kontainer ke pelabuhan seperti yang sudah dilakukan oleh koperasi Baburrayan,” kata Shabela.

Pihaknya meyakini kegiatan yang dilakukan langsung di Kabupaten Aceh Tengah khususnya akan memberikan nilai tambah bagi daerah dan akan menyerap tenaga kerja serta kualitas dan keaslian kopi Arabica tetap terjaga.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Pelepasan Sebagian Kawasan Hutan di Aceh Tengah Mendesak

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan upaya pelepasan sebagian kawasan hutan di daerah itu sebagai kebutuhan mendesak, karena di dalamnya terdapat rumah penduduk, lah

  • 9 bulan lalu

    Jalan ke Aceh Tengah Putus Akibat Longsor

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Bencana tanah longsor di daerah dataran tinggi Aceh Tengah telah mengakibatkan terputusnya badan jalan lintas nasional sepanjang 40 meter dengan kedalaman 15 meter akibat huja

  • 10 bulan lalu

    Aceh Tengah Genjot Produksi Kopi

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pertanian daerah setempat menargetkan produksi komoditas kopi di kawasan tersebut mencapai 800 kilogram per hektare pada 2018."K

  • 11 bulan lalu

    Ekspor Kopi Instan Lampung Naik

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Ekspor kopi instan Provinsi Lampung pada Oktober 2018 mencapai 36,9 ton dengan nilai 334.082 dolar Amerika Serikat (AS)."Jumlah itu naik bila dibandingkan bulan September 2

  • tahun lalu

    4 Rumah di Aceh Tengah Ludes Terbakar

    TAKENGON (EKSPOSnews): Empat unit rumah warga di Kampung Pantan Nangka, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah, hangus terbakar, namun tidak ada korban jiwa.Camat Linge, Jahidin kepada wartawan mengat

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99