Minggu, 21 Okt 2018

Mengembangkan Udang Vaname di Padang Pariaman

Oleh: marsot
Kamis, 10 Mei 2018 11:30
BAGIKAN:
istimewa.
Udang vaname.
PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat memproduksi lebih dari 1.500 ton udang vaname pada tahun 2017 dengan nilai mencapai Rp135 juta.

"Jumlah produksi tersebut akan bertambah seiring bertambahnya pembudi daya udang vaname di Padang Pariaman," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman, Zainil di Parit Malintang, Kamis 10 Mei 2018.

Ia mengatakan pembudi daya tersebut merupakan investor dari luar daerah itu yang menanamkan modalnya di Padang Pariaman.

Sistem investasi tersebut, yaitu investor menyewa tanah warga setempat dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu, ia mendorong warga setempat untuk ikut membudidayakan udang vaname karena berpotensi mendongkrak perekonomian.

"Memang modalnya besar tapi kita harus memanfaatkan potensi daerah kita," katanya.

Semantara itu, salah seorang pembudi daya udang vaname di Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Firdaus mengatakan dirinya mulai budidaya udang tersebut semenjak pertengehan 2017 dengan luas lahan sekitar satu hektare.

"Bibitnya dapat diperoleh dari berbagai daerah di antaranya Medan, Aceh, Bali, dan Lampung yang dibeli dengan harga Rp62 rupiah per ekor," kata dia.

Pemasaran udang tersebut yaitu mulai dari Medan, Bali, Lampung dan pasar lokal dengan harga jual mulai dari Rp35 ribu sampai Rp79 ribu per kilogram tergantung dari ukuran udang.

"Namun akhir-akhir ini cuaca tidak menentu sehingga mempengaruhi panen. Jadi hanya sekitar 70 persen dari bibit yang dapat dipanen," ujar dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Mengembangkan Kelapa Kopyor di Padang Pariaman

    PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, mulai mengembangkan budi daya kelapa jenis kopyor guna memenuhi kebutuhan pasar kelapa muda di provinsi itu."Sumbar

  • 3 bulan lalu

    Membangun PLTS di Padang Pariaman

    PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Sebanyak empat perusahaan yang tergabung dalam konsorsium segera membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang mampu menghasilkan 50 megawatt di Kawasan Terpadu T

  • 3 bulan lalu

    Pembangunan Tol Padang Pariaman-Pekanbaru Terganjal Pembebasan Lahan

    PADANG (EKSPOSnews): Pembangunan Tol Trans Sumatera Padang Pariaman-Pekanbaru masih terganjal oleh proses pembebasan lahan yang belum selesai karena masyarakat menolak harga yang ditetapkan oleh tim p

  • 6 bulan lalu

    Pelayanan Nikah Terintegrasi di Padang Pariaman

    PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, menerapkan Pelayanan Administrasi Nikah Terintegrasi (Panter) ke seluruh kecamatan daerah itu yang sebelumnya hanya

  • 6 bulan lalu

    Perizinan Daring di Padang Pariaman

    PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat meluncurkan aplikasi pelayanan perizinan online atau dalam ja

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99