Senin, 17 Des 2018

Mendukung Peremajaan Sawit Kelompok Tani

Oleh: alex
Sabtu, 29 Sep 2018 02:57
BAGIKAN:
marsot
Kebun sawit.
JAMBI (EKSPOSnews): PT Brahma Binabakti (BBB) melakukan dan mendukung kegiatan peremajaan sawit yang dilakukan kelompok tani KUD Akso Dano untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani di Kabupaten Muarojambi.

PT Brahma Binabakti (PT BBB) telah menandatangani perjanjian kerja sama program peremajaan kelapa sawit dengan salah satu mitra binaannya, Koperasi Unit Desa (KUD) Akso Dano, di Kantor Bupati Muarojambi, kata Direktur Utama PT BBB, George Oetomo, Jumat 28 September 2018.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Bupati Muarojambi, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Muarojambi, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muarojambi, Camat Sekernan dan Bank Syariah Mandiri.

Penandatangan ini merupakan program Perdana dari peremajaan kebun kelapa sawit rakyat mitra plasma dan swadaya PT BBB.Bank Syariah Mandiri (BSM) berpartisipasi dengan memberikan pembiayaan untuk pembangunan plasma baru dan peremajaan sawit rakyat kebun kemitraan atas nama KUD Akso Dano.

"Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan para petani plasma yang berada di Kabupaten Muarojambi hingga lima (5) tahun kedepan," kata George Oetomo.

Program peremajaan sawit rakyat merupakan upaya pengembangan perkebunan dengan melakukan peremajaan tanaman yang sudah rendah produktivitasnya dengan tanaman baru agar dapat meningkatkan produksinya.

Hal ini juga agar perkebunan kelapa sawit di daerah perkebunan BBB dapat terus menghasilkan produk minyak sawit yang berkualitas dan berkelanjutan.

PT BBB juga akan menggunakan bibit unggul tersertifikat dan menjalankan 'best practice agronomy' agar hasil produk yang diperoleh memiliki mutu yang tinggi sehingga meningkatkan hasil produksi minyak kelapa sawit.

Kami mengikutsertakan mitra binaan kami yaitu KUD Akso Dano yang merupakan wadah dari 104 kepala keluarga dengan seluas 334 hektare dan berlokasi di Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi," kata George Oetomo.

Saat ini, total mitra plasma PT BBB adalah seluas 6.182 hektar yang dimiliki oleh lebih dari 3.000 kepala keluarga.

Kegiatan peremajaan sawit rakyat ini merupakan salah satu komitment PT BBB kepada mitra binaannya agar dapat menghasilkan produk minyak mentah sawit (CPO) yang sangat baik, memberikan kesempatan kepada para petani untuk memiliki kebun dengan benih kualitas unggul terbaik, dan menaikkan pendapatan ke depan nya," kata George Oetomo. Sudah 25 tahun KUD Akso Dano menjadi mitra binaan PT BBB dan selama ini kami sangat terbantu sekali dalam pembangunan kebun plasma. "Dengan adanya perjanjian kerjasama ini, kami harap agar hubungan baik bersama perusahaan dapat berjalan hingga 25 tahun ke depan," kata Perwakilan KUD Akso Dano, Amrullah.

Bupati Muarojambi, diwakili Sekretaris Daerah Muarojambi, Fadil Arief mengatakan pentingnya untuk menjaga hubungan baik antara masyarakat dan perusahaan agar dapat terus memberikan kesejahteraan bagi petani sawit.

Keseimbangan ini yang perlu di jaga oleh pemerintah daerah. Dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama ini, maka diharapkan kedua belah pihak melaksanakan kewajibannya.

Kegiatan peremajaan sawit rakyat PT BBB juga mendapat dukungan dari pihak perbankan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Presiden Minta Prosedur Pencairan Dana Peremajaan Sawit Dipangkas

    NUSA DUA (EKSPOSnews): Presiden Joko Widodo menyoroti masih rumit dan berbelitnya prosedur bagi petani untuk mendapatkan dana peremajaan perkebunan kelapa sawit."Saya minta peremajaan kebun kelapa saw

  • 2 bulan lalu

    Peremajaan Sawit Rakyat Jangan Ditunda-Tunda

    JAKARTA (EKSPOSnews): Lembaga Kebijakan Strategis untuk Agribisnis Minyak Sawit atau Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI) menyatakan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) harus dil

  • 2 bulan lalu

    Peremajaan Sawit Rakyat di Riau Masih Minim

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kementerian Koordinator Perekonomian menyatakan realisasi program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat masih di bawah 10 persen dari target 183.000 hektare pada 2018, meski pemerinta

  • 3 bulan lalu

    Peremajaan Sawit Rakyat di Jambi

    JAMBI (EKSPOSnews): Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar mengatakan peremajaan kelapa sawit yang diprogram Kementerian Pertanian RI merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masya

  • 4 bulan lalu

    Program Peremajaan Sawit di Langkat Minim

    STABAT (EKSPOSnews): Program peremajaan perkebunan kelapa sawit petani di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dilaksanakan seluas 213 hektare dari pengusulan yang dilakukan seluas 425 hektare.Kepala Di

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99