Sabtu, 21 Jul 2018

Mendorong Produksi Gula Merah dari Tebu di Waykanan

Oleh: marsot
Kamis, 09 Nov 2017 05:32
BAGIKAN:
istimewa.
Tebu.
BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Wakil Bupati Waykanan Edward Antony mendukung program unggulan dinas perkebunan setempat pada 2018 yaitu produksi gula merah dengan menggunakan sari tebu.

"Di Waykanan banyak tanaman tebu, apalagi ada perusahaan perkebunan tebu. Dengan adanya ini perusahaan juga bisa memproduksi gula merah tersebut untuk dipasarkan di kalangan masyarakat dengan harga yang lebih murah," kata dia, di Waykanan, Lampung, Rabu 8 November 2017.

Menurutnya, dengan membuat gula merah dari sari tebu ini merupakan penemuan yang pertama yang bisa dilakukan oleh para petani tebu.

Saat ini, banyak gula merah yang berasal dari nira kelapa dan aren. Tetapi ini yang membuat beda yaitu dengan air tebu yang diolah seperti memasak gula merah biasanya.

"Ini memberitahukan bahwa masyarakat bisa memproduksi gula tebu dengan sendirinya, tanpa harus menjual ke perusahaan," jelasnya.

Edward juga menjelaskan, para kelompak tani perkebunan nantinya akan diberikan pelatihan dan pembinaan bagaimana cara mengolah air tebu menjadi gula merah yang enak dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Dia menambahkan, luasnya hamparan tanaman tebu di Kecamatan Negarabatin, Pakuanratu dan Negeribesar membuat Pemerintah Kabupaten Waykanan mendukung percepatan produksi gula merah dari air tebu tersebut.

Sementara petani setempat mengaku sangat berharap program tersebut dapat terealisasikan sehingga ada pekerjaan baru yang menghasilkan uang untuk meningkatkan perekonomian.

Data BPS Waykanan menyebutkan luas areal tanaman tebu di kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan tersebut pada 2014 tercatat 4.610 hektare.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    PTPN X Latih Petani Tebu

    KEDIRI (EKSPOSnews): Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara X memberikan pelatihan petani tebu milenial dengan beragam pelatihan budi daya sehingga produksi tebu ke depan bisa sesuai target yang diha

  • 3 bulan lalu

    PTN XI Tanam Tebu Giling di Bali

    SINGARAJA (EKSPOSnews): PT. Perkebunan Nasional (PTPN) XI PG Asem Bagus, Jawa Timur bersama belasan petani mulai melakukan penanaman perdana tebu giling di Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak Kabupat

  • 6 bulan lalu

    Pemerintah Distribusikan Lahan Tebu

    WAYKANAN (EKSPOSnews): Pemerintah pusat akan mendistribusikan lahan perkebunan tebu yang luasnya sekitar 25.000 ha kepada petani di Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung."Pemkab Waykanan mengajukan dist

  • 7 bulan lalu

    PTPN XI Genjot Produksi Tebu

    SURABAYA (EKSPOSnews): Perseroan terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) XI pada 2018 menargetkan peningkatan produksi hingga lima juta tebu Ton Cane Day (TCD), atau naik dari realisasi tahun 2017 sebesa

  • 11 bulan lalu

    Petani Tebu Ancam Unjuk Rasa

    KUDUS (EKSPOSnews): Petani tebu mengancam melakukan aksi unjuk rasa jika pemerintah dinilai tidak berpihak kepada mereka, karena beberapa kebijakan yang ada dinilai merugikan petani tebu."Alasan hingg

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99