Senin, 20 Nov 2017

Mendorong Produksi Gula Merah dari Tebu di Waykanan

Oleh: marsot
Kamis, 09 Nov 2017 05:32
BAGIKAN:
istimewa.
Tebu.
BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Wakil Bupati Waykanan Edward Antony mendukung program unggulan dinas perkebunan setempat pada 2018 yaitu produksi gula merah dengan menggunakan sari tebu.

"Di Waykanan banyak tanaman tebu, apalagi ada perusahaan perkebunan tebu. Dengan adanya ini perusahaan juga bisa memproduksi gula merah tersebut untuk dipasarkan di kalangan masyarakat dengan harga yang lebih murah," kata dia, di Waykanan, Lampung, Rabu 8 November 2017.

Menurutnya, dengan membuat gula merah dari sari tebu ini merupakan penemuan yang pertama yang bisa dilakukan oleh para petani tebu.

Saat ini, banyak gula merah yang berasal dari nira kelapa dan aren. Tetapi ini yang membuat beda yaitu dengan air tebu yang diolah seperti memasak gula merah biasanya.

"Ini memberitahukan bahwa masyarakat bisa memproduksi gula tebu dengan sendirinya, tanpa harus menjual ke perusahaan," jelasnya.

Edward juga menjelaskan, para kelompak tani perkebunan nantinya akan diberikan pelatihan dan pembinaan bagaimana cara mengolah air tebu menjadi gula merah yang enak dan bisa dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Dia menambahkan, luasnya hamparan tanaman tebu di Kecamatan Negarabatin, Pakuanratu dan Negeribesar membuat Pemerintah Kabupaten Waykanan mendukung percepatan produksi gula merah dari air tebu tersebut.

Sementara petani setempat mengaku sangat berharap program tersebut dapat terealisasikan sehingga ada pekerjaan baru yang menghasilkan uang untuk meningkatkan perekonomian.

Data BPS Waykanan menyebutkan luas areal tanaman tebu di kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan tersebut pada 2014 tercatat 4.610 hektare.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Petani Tebu Ancam Unjuk Rasa

    KUDUS (EKSPOSnews): Petani tebu mengancam melakukan aksi unjuk rasa jika pemerintah dinilai tidak berpihak kepada mereka, karena beberapa kebijakan yang ada dinilai merugikan petani tebu."Alasan hingg

  • 3 bulan lalu

    Model Pertanian Bioindustri Berbasis Tebu

    KEDIRI (EKSPOSnews): Pertemuan antara pelaku sektor pertanian dan institusi pertanian, berlangsung di lahan eks tanaman tebu di Desa Blabak, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Acara ini d

  • 3 bulan lalu

    Petani Tebu Cirebon Kesulitan Jual Hasil Panen

    CIREBON (EKSPOSnews): Para petani tebu asal Cirebon, Jawa Barat, yang tergabung pada Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mengaku kesulitan menjual hasil panen mereka, dikarenakan beredarnya

  • 5 bulan lalu

    PTPN XI Berupaya Tingkatkan Rendemen Tebu

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI menargetkan bisa mencapai rendemen tinggi atau mencapai 8 persen pada akhir giling, tujuannya untuk menjadikan Jawa Timur sebagai lumbung gula

  • 6 bulan lalu

    Mengembangkan Tebu di Lahan Rawa

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan lahan rawa bakal menjadi masa depan perkebunan tebu nasional."Lahan rawa di Tanah Air sekitar 21 juta hektare. Jika satu he

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99