Rabu, 18 Jul 2018

Lelang Agro Pertanian Secara Daring di Jambi

Oleh: Marsot
Kamis, 31 Agu 2017 03:32
BAGIKAN:
istimewa
Lelang daring.
JAMBI (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Jambi menyiapkan mekanisme proses lelang agro produk pertanian unggulan asal daerah itu secara online atau dalam jaringan, guna memudahkan produsen dan pembeli dalam bertransaksi.

"Karena sekarang polanya sudah e-comerce sehingga ke depan kita akan mencoba menyiapkan agar lelang nantinya bisa secara online," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ariansyah di Jambi, Rabu 30 Augustus 2017.

Lelang produk unggulan melalui pola daring itu sangat penting diterapkan karena dinilai cukup efesien yang dilakukan antara produsen dan pembeli ditengah berkembanganya teknologi informasi saat ini.

"Kedepan akan kita arahkan ke sana (online), kita rencanakan di tahun 2018 ada website khusus untuk penjualan lelang agro disini," katanya.

Menurutnya dengan pola lelang secara daring itu, produk unggulan yang dihasilkan produsen bisa terlihat dilaman atau situs tersendiri sehingga para pelaku usaha atau pembeli (buyer) tidak mesti bertemu dengan produsen.

"Jadi nanti buyer tidak hanya yang datang saja, tapi bisa langsung melihat produk unggulan kita yang telah ditentukan," kata dia.

Selama ini lelang agro dengan sistem forwad itu merupakan kegiatan tahunan rutin yang mempertemukan petani/produsen dengan para pelaku usaha yang kemudian langsung dilakukan pelelangan dan bertransaksi.

Pada lelang agro itu selama ini pihak pemerintah hanya memfasilitasi dalam transaski produk unggulan antara keduanya produsen dan pembeli.

Dengan inovasi yang akan dikembangkan tersebut, komoditi unggulan yang ada di Jambi, seperti karet, pinang, jagung dan ketela pohon akan tersedia di pasar lelang agro secara daring yang bertujuan meningkatkan perekonomian petani Jambi.

"Jadi nanti bisa melalui website khusus seperti e-pasarlelang, dengan demikian menjadi lebih efesien," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99