Senin, 11 Des 2017

Lahan Pertanian di Sumut Beralihfungsi Jadi Perumahan

Oleh: Marsot
Rabu, 23 Agu 2017 05:25
BAGIKAN:
istimewa
Lahan pertanian.
SEIRAMPAH (EKSPOSnews): Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Sumatera Utara prihatin dengan semakin banyaknya lahan pertanian, khususnya persawahan yang berubah fungsi menjadi perumahan.

Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Sumatera Utara Soekirman di Seirampah,  mengatakan, sejak 20 tahun reformasi belum ada terjadi perubahan berarti terhadap kebijakan pertanian.

"Kita melihat semakin banyaknya lahan pertanian yang beralih fungsi akibat berbagai pembangunan baik perumahan, jalan, mau pun pembangunan lainnya. Hal ini mengakibatkan berkurangnya areal persawahan," katanya, Selasa 22 Augustus 2017.

Disamping itu, kata Soekirman yang juga Bupati Serdang Bedagai itu, yang menjadi kendala saat ini adalah menurunnya minat generasi muda untuk mengikuti pembelajaran tentang pertanian.

"Hal itu bisa dilihat dari semakin sedikitnya minat pelajar untuk menuntut ilmu di bidang pertanian,"katanya.

Melihat kondisi tersebut, kata dia, keberadaan penyuluh lapangan di tingkat desa memegang peranan penting dalam upaya membantu para petani untuk meningkatkan pengetahuannya.

Atas dasar itu, tentunya membangun penyuluh pertanian yang profesional saat ini dan masa yang akan datang tidak bisa ditawar lagi.

Hal itu mengacu pada amanat UU Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan, penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan, peranan sektor pertanian dalam sistem perekonomian nasional sangat penting dan trategis.

"Hal itu penting karena bidang pertanian memberikan lapangan pekerjaan bagi sebagian besar masyarakat di pedesaan," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Perumahan Fiktif di Bandarlampung

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Lembaga Bantuan Hukum Bandarlampung mendampingi ratusan warga yang melaporkan dugaan menjadi korban penipuan perumahan fiktif PT Patala Global Perdana (PGP) ke Polresta Ban

  • 4 bulan lalu

    Perumahan Pengungsi Sinabung Selesai Akhir Tahun Ini

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menargetkan penyaluran dana pengadaan perumahan dan lahan pertanian bagi 2.015 kepala keluarga atau 7.142 jiwa pengungsi erupsi Gunung Sinabung,

  • 5 bulan lalu

    Prajurit Yonif Mekanis Bantu Masyarakat Perbatasan RI-PNG Buka Lahan Pertanian

    KEEROM (EKSPOSnews): Sebanyak 16 orang Prajurit dari Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/Quratara Yudha bersama masyarakat perbatasan RI-PNG membuka lahan seluas kurang lebih satu hektar di Dusun Tiarsy K

  • 9 bulan lalu

    Mengembangkan Perumahan di Pinggir Kota Jambi

    JAMBI (EKSPOSnews): Ketua Dewan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Jambi, Miftah mengatakan pengembangan properti perumahan saat ini lebih mengarah ke daerah luar kota karena keterba

  • tahun lalu

    Holding BUMN Perumahan Percepat Program Sejuta Rumah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Ahli di bidang pembiayaan perumahan, Iskandar Saleh mengatakan kehadiran holding BUMN di bidang perumahan sudah sangat mendesak sebagai upaya memenuhi target membangun sejuta

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99