Rabu, 14 Nov 2018

Lahan Pertanian di Sumut Beralihfungsi Jadi Perumahan

Oleh: Marsot
Rabu, 23 Agu 2017 05:25
BAGIKAN:
istimewa
Lahan pertanian.
SEIRAMPAH (EKSPOSnews): Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Sumatera Utara prihatin dengan semakin banyaknya lahan pertanian, khususnya persawahan yang berubah fungsi menjadi perumahan.

Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Sumatera Utara Soekirman di Seirampah,  mengatakan, sejak 20 tahun reformasi belum ada terjadi perubahan berarti terhadap kebijakan pertanian.

"Kita melihat semakin banyaknya lahan pertanian yang beralih fungsi akibat berbagai pembangunan baik perumahan, jalan, mau pun pembangunan lainnya. Hal ini mengakibatkan berkurangnya areal persawahan," katanya, Selasa 22 Augustus 2017.

Disamping itu, kata Soekirman yang juga Bupati Serdang Bedagai itu, yang menjadi kendala saat ini adalah menurunnya minat generasi muda untuk mengikuti pembelajaran tentang pertanian.

"Hal itu bisa dilihat dari semakin sedikitnya minat pelajar untuk menuntut ilmu di bidang pertanian,"katanya.

Melihat kondisi tersebut, kata dia, keberadaan penyuluh lapangan di tingkat desa memegang peranan penting dalam upaya membantu para petani untuk meningkatkan pengetahuannya.

Atas dasar itu, tentunya membangun penyuluh pertanian yang profesional saat ini dan masa yang akan datang tidak bisa ditawar lagi.

Hal itu mengacu pada amanat UU Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan, penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan, peranan sektor pertanian dalam sistem perekonomian nasional sangat penting dan trategis.

"Hal itu penting karena bidang pertanian memberikan lapangan pekerjaan bagi sebagian besar masyarakat di pedesaan," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Penipuan Perumahan Sipoa Group

    SURABAYA (EKSPOSnews): Pengacara Yusril Ihsa Mahendra mengincar otak kasus dugaan penipuan dari penjualan perumahan dan apartemen milik pengembang "Sipoa Group", setelah resmi menandatangani surat kua

  • 5 bulan lalu

    Pasar Perumahan Tetap Menjanjikan

    SOLO (EKSPOSnews): Real Estate Indonesia (REI) menyatakan tahun politik tidak mempengaruhi bisnis sektor perumahan di Jawa Tengah mengingat mayoritas pembelian dari konsumen bukan untuk investasi."Keb

  • 8 bulan lalu

    BTN DUKUNG PEMBIAYAAN RUMAH KARYAWAN LION AIR GROUP

    Edward Sirait, President Director Lion Air Group; Ishak, Direktur Utama PT Bintang Energi Lestari dan Maryono, Direktur Utama Bank BTN melakukan penandatanganan kerjasama untuk memberikan dukungan pem

  • 9 bulan lalu

    Hati-Hati Beli Lahan Pertanian di Sumbar

    PAINAN (EKSPOSnews): Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat teliti sebelum membeli lahan pertanian khususnya di Kecamatan Air Pura, Basa Ampek

  • 12 bulan lalu

    Perumahan Fiktif di Bandarlampung

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Lembaga Bantuan Hukum Bandarlampung mendampingi ratusan warga yang melaporkan dugaan menjadi korban penipuan perumahan fiktif PT Patala Global Perdana (PGP) ke Polresta Ban

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99