Minggu, 27 Mei 2018

Lahan Kritis di Bangka Bertambah

Oleh: Alex
Rabu, 16 Agu 2017 04:11
BAGIKAN:
marsot
Lahan kritis.
SUNGAILIAT (EKSPOSnews): Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat mencatat lahan kritis di daerah ini mencapai seluas 26.000 hektare yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan.

"Dari 26.000 hektare lahan kritis itu, baru seluas kurang lebih 3.000 hektare yang sudah dilakukan penghijauan atau reklamasi," katanya di Sungailiat, Selasa 15 Augustus 2017.

Dia mengatakan, luasnya lahan kritis itu yang hampir terjadi di wilayah kecamatan diduga akibat aktivitas kegiatan penambangan biji timah.

"Kami mendorong berbagai pihak termasuk swasta maupun kelompok masyarakat melakukan kegiatan reklamasi dengan sejumlah tanamanan yang bermanfaat guna mengembalikan kesuburan tanah," katanya.

Bupati mengatakan, ada sebagian lahan yang masuk katagori sangat kritis sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dikembalikan meskipun jumlahnya tidak begitu luas.

"Lahan yang sangat kritis jumlahnya hanya sekitar 2.500 hektar dan diperlukan kesabaran dan rutinitas untuk mengembalikan seperti semula," ujarnya.

Diakuinya, dalam pengelolaan lahan kritis diperlukan banyak dukungan termasuk TNI dan Polri serta komponen masyarakat setempat.

"Lahan yang sudah dilakukan reklamasi kedepannya akan dikembalikan ke pemerintah desa setempat melalui lembaga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau koperasi," katanya.

Bupati menyarankan, jenis tanaman diatas lahan reklamasi disesuai dengan kondisi yang ada termasuk pengaturan pemanfaatan pupuk sehingga tanaman itu tetap tumbuh subur.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Mengembangkan Elang Jawa

    CIBINONG (KICAU): Taman Safari Indonesia (TSI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat melakukan pengembangbiakan elang jawa yang saat ini populasinya hanya tersisa 200 pasang di alam bebas."Elang jawa itu banyak

  • 3 minggu lalu

    Menertibkan Tambang Ilegal di Bangka

    SUNGAILIAT (EKSPOSnews): Kepolisian Resor Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menertibkan tambang inkonvensional ilegal di muara Sungai Berok Kecamatan Belinyu karena mengakibatkan p

  • 3 minggu lalu

    Bangka Barat Tambah Lokasi Budidaya Kerapu

    MUNTOK (EKSPOSnews): Pemerintahan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menambah lokasi budi daya ikan kerapu pola keramba jaring apung untuk meningkatkan kesejahteraan anggota ke

  • satu bulan lalu

    Bangka Belitung Genjot Populasi Sapi

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan jumlah populasi sapi pada 2018 sebanyak 13.090 ekor atau meningkatkan dibandingkan tahun sebelumnya 12.202 ekor, g

  • 2 bulan lalu

    Pelecehan Seksual di Bangka Tengah

    KOBA (EKSPOSnews): Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendalami dugaan kasus pelecehan seksual terbadap korban berinisial Ba (10) warga Kecamatan Lubuk Besar."Kasusnya

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99