Jumat, 19 Jan 2018

Lahan Kritis di Bangka Bertambah

Oleh: Alex
Rabu, 16 Agu 2017 04:11
BAGIKAN:
marsot
Lahan kritis.
SUNGAILIAT (EKSPOSnews): Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat mencatat lahan kritis di daerah ini mencapai seluas 26.000 hektare yang tersebar di sejumlah wilayah kecamatan.

"Dari 26.000 hektare lahan kritis itu, baru seluas kurang lebih 3.000 hektare yang sudah dilakukan penghijauan atau reklamasi," katanya di Sungailiat, Selasa 15 Augustus 2017.

Dia mengatakan, luasnya lahan kritis itu yang hampir terjadi di wilayah kecamatan diduga akibat aktivitas kegiatan penambangan biji timah.

"Kami mendorong berbagai pihak termasuk swasta maupun kelompok masyarakat melakukan kegiatan reklamasi dengan sejumlah tanamanan yang bermanfaat guna mengembalikan kesuburan tanah," katanya.

Bupati mengatakan, ada sebagian lahan yang masuk katagori sangat kritis sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dikembalikan meskipun jumlahnya tidak begitu luas.

"Lahan yang sangat kritis jumlahnya hanya sekitar 2.500 hektar dan diperlukan kesabaran dan rutinitas untuk mengembalikan seperti semula," ujarnya.

Diakuinya, dalam pengelolaan lahan kritis diperlukan banyak dukungan termasuk TNI dan Polri serta komponen masyarakat setempat.

"Lahan yang sudah dilakukan reklamasi kedepannya akan dikembalikan ke pemerintah desa setempat melalui lembaga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau koperasi," katanya.

Bupati menyarankan, jenis tanaman diatas lahan reklamasi disesuai dengan kondisi yang ada termasuk pengaturan pemanfaatan pupuk sehingga tanaman itu tetap tumbuh subur.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Bangka Barat Tolak HTI

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Ratusan warga Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menolak hutan tanaman industri (HTI) karena merugikan masyarakat di daerah itu."Kami meminta DPRD

  • 2 minggu lalu

    Warga Bangka Kota Tangkap Buaya

    TOBOALI (EKSPOSnews): Warga Desa Bangka Kota, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil menangkap seekor buaya dengan panjang 3,70 meter yang meresahkan warga setempat pada

  • 2 minggu lalu

    Bangka Tengah Terima Alat Berat

    KOBA (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima bantuan alat berat berupa eskavator dan traktor masing-masing satu unit."Alat berat itu merupakan ba

  • 2 minggu lalu

    Kasus Narkoba di Bangka Belitung Melonjak

    TOBOALI (EKSPOSnews): Kepolisian Resort Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat terdapat 23 kasus penyalahgunaan narkoba selama tahun 2017 atau meningkat dibandingkan tahun sebelum

  • 3 minggu lalu

    Pangdam Brawijaya Sidak Pos Pengamanan di Bangkalan

    Menjelang perayaan malam tahun baru yang akan berlangsung esok, seakan menjadi pantauan tersendiri bagi Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman untuk memastikan seluruh kesiapan personel TNI-AD di

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99