Rabu, 20 Mar 2019

LIPI Latih Pelaku UMKM Samosir

Oleh: Jallus
Kamis, 26 Jul 2018 04:16
BAGIKAN:
istimewa.
Keramba Jaring Apung (KJA).
SAMOSIR (EKSPOSnews): Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar pelatihan tentang teknik budidaya perikanan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Pelaku usaha di "Negeri Indah Kepingan Surga" itu juga diajarkan memproduksi makanan yang sehat dan halal sesuai standar keamanan pangan.

Kegiatan yang dilaksanakan 25 hingga 31 Juli 2018 dirangkai dengan workshop tentang pengelolaan perairan berkelanjutan dan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara LIPI dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir.

Kepala Pusat Penelitian Limnologi LIPI Fauzan Ali mengatakan, kesepakatan bersama itu sebagai pedoman bagi para pihak dalam mengemban tugas dan fungsi masing-masing guna memberikan sumbangan pada kemajuan pembangunan dan perekonomian di Kabupaten Samosir.

LIPI juga memfasilitasi sertifikasi halal kepada UMKM di Samosir guna mendapat sertifikasi halal untuk produk yang dihasilkan dalam rangka meningkatkan daya saing usaha dan kualitas produk yang dihasilkan.

Bupati Samosir diwakili Sekretaris Daerah, Jabiat Sagala mengharapkan para peserta pelatihan dapat mengembangkan dan menerapkan berbagai jenis proses teknologi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah.

Pertumbuhan ekonomi, katanya akan menyerap tenaga kerja dalam rangka mengurangi kesenjangan kemiskinan antar wilayah dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat meningkat.Sekretaris daerah juga berharap hasil-hasil penelitian LIPI segera dapat diketahui supaya dapat digunakan pihaknya untuk percepatan pembangunan daerah.

"Pemkab Samosir harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang terintegrasi dengan lembaga-lembaga pemerintah lainnya, salahsatunya adalah LIPI," ujarnya, Rabu 25 Juli 2018. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    LIPI Rumahkan Ribuan Karyawan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sekitar 100 pegawai Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melaporkan kebijakan Kepala LIPI yang dinilai merugikan karena akan merumahkan sekitar 1.500 pegawai."Kami menolak k

  • 8 bulan lalu

    Idealnya Keramba Jala Apung di Danau Toba Hanya 543 Unit

    JAKARTA (EKSPOSnews): Peneliti-peneliti Pusat Penelitian (Puslit) Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebut idealnya hanya boleh ada 543 unit keramba jaring apung (KJA) di Danau Tob

  • 10 bulan lalu

    Rini Soemarno Dukung Ekspansi INKA ke Filipina

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri BUMN Rini Soemarno mendukung ekspansi PT Industri Kereta Api (INKA) yang akan mengekspor produk kereta ke Filipina.Siaran pers Kementerian BUMN, di Jakarta, menyebutkan p

  • tahun lalu

    Mengembangkan Obat Tradisional

    JAKARTA (EKSPOSnews): Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membangun fasilitas pengembangan obat tradisional dengan Standard Cara Pembuatan Obat Tradisonal yang Baik (CPOTB) di Serpong guna mempe

  • tahun lalu

    AirAsia Filipina Buka Rute ke Indonesia

    MANILA (EKSPOSnews): AirAsia sekarang melayani penerbangan langsung yang menghubungkan Manila dengan ibu kota Indonesia, Jakarta, menegaskan komitmennya sebagai maskapai Asean.AirAsia, dinobatkan seba

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99