Kamis, 16 Agu 2018

LIPI Gali Potensi Technopark Samosir

Selasa, 01 Nov 2016 05:32
BAGIKAN:
istimewa
Menabur bibit ikan di Danau Toba.

SAMOSIR (EKSPOSnews): LIPI dan Pemkab Samosir melanjutkan kerja sama mengembangkan Technopark Samosir dan berkonsentrasi pada peningkatan sektor perikanan dan sumber daya perairan Danau Toba yang menjadi potensi kabupaten Samosir dengan merevitalisasi fasilitas BBI Kabupaten Samosir.

Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain di Samosir, Sumatera Utara,  mengatakan dalam kurun waktu satu tahun sejak mulai berjalan, kehadiran Technopark Samosir telah memberi hasil yang cukup signifikan. Salah satunya dalam penyediaan anakan ikan mas untuk peternak ikan setempat.

"Sebelumnya hanya mampu menghasilkan anakan sebanyak 10.000 ekor, namun setelah ada sentuhan teknologi dapat memproduksi anakan sampai 2.400.000 ekor," kata Iskandar, Senin 31 Oktober 2016.

Pada dasarnya, ia mengatakan kemajuan suatu bangsa tidak terlepas dari kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya.

Keberhasilan Taiwan dan Korea Selatan keluar dari negara berpendapatan rendah tidak terlepas dari cerita sukses kolaborasi Pemerintah, swasta, dan akademisi untuk menciptakan sesuatu melalui Techno park dan Science Techno Park.

Kepala Pusat Limnologi LIPI Fauzan Ali mengatakan bahwa satu sentuhan teknologi yang dilakukan di technopark tersebut adalah pembangunan kubah di kolam pembenihan dan pembesaran untuk menjaga kestabilan air kolam agar tidak lebih dari lima derajat celcius.

"Fluktuasi suhu bisa berpengaruh pada proses pembenihan ikan," ujar dia.

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan listrik juga telah terpasang fasilitas panel surya dari Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI.

Ia juga menerangkan saat ini pihaknya sedang melakukan uji coba pembangunan sistem online monitoring berbasis sistem aplikasi Android. "Masyarakat di Samosir dan sekitar dapat mengakses informasi cuaca mikro tentang suhu dan kelembapan udara hanya dengan mengakses ponselnya," jelas Fauzan.

Kegiatan Diseminasi Iptek LIPI tentang Pelatihan Pengelolaan Technopark akan diikuti oleh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Samosir dan pelaku wirausaha di kawasan Danau Toba. Hadir sebagai pembicara diantaranya Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain, serta Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu.

Danau Toba adalah danau terluas di Indonesia dan menjadi danau volcano tektonik terbesar di dunia. Kawasan danau Toba yang berada di ketinggian 904 meter di atas permukaan laut ini mencakup delapan kabupaten, salah satunya adalah Kabupaten Samosir.(ant)


  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    LIPI Latih Pelaku UMKM Samosir

    SAMOSIR (EKSPOSnews): Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar pelatihan tentang teknik budidaya perikanan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

  • satu bulan lalu

    Idealnya Keramba Jala Apung di Danau Toba Hanya 543 Unit

    JAKARTA (EKSPOSnews): Peneliti-peneliti Pusat Penelitian (Puslit) Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebut idealnya hanya boleh ada 543 unit keramba jaring apung (KJA) di Danau Tob

  • 3 bulan lalu

    Rini Soemarno Dukung Ekspansi INKA ke Filipina

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri BUMN Rini Soemarno mendukung ekspansi PT Industri Kereta Api (INKA) yang akan mengekspor produk kereta ke Filipina.Siaran pers Kementerian BUMN, di Jakarta, menyebutkan p

  • 5 bulan lalu

    Mengembangkan Obat Tradisional

    JAKARTA (EKSPOSnews): Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membangun fasilitas pengembangan obat tradisional dengan Standard Cara Pembuatan Obat Tradisonal yang Baik (CPOTB) di Serpong guna mempe

  • 7 bulan lalu

    AirAsia Filipina Buka Rute ke Indonesia

    MANILA (EKSPOSnews): AirAsia sekarang melayani penerbangan langsung yang menghubungkan Manila dengan ibu kota Indonesia, Jakarta, menegaskan komitmennya sebagai maskapai Asean.AirAsia, dinobatkan seba

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99