Sabtu, 22 Sep 2018

Kopi Sumbar Semakin Diminati

Oleh: alex
Rabu, 11 Jul 2018 19:28
BAGIKAN:
istimewa.
Kopi.
PADANG (EKSPOSnews): Kopi arabika dan robusta dari Sumatera Barat semakin diminati dan laris di pasar dunia seperti Australia, Inggris, dan Korea, kata seorang eksportir komoditas itu, Pebriansyah.

Pimpinan perusahaan Nusantara Kopi itu di Padang, menyebutkan bahwa perusahaannya mampu mengekspor 16 hingga 20 ton kopi ke perusahaan grosir kopi Australia dan Inggris.

Ia menilai kopi asal Sumbar terutama arabika memiliki pasar yang cukup luas. Namun belum diimbangi dengan luas lahan dan angka produksi kopi.

"Setiap satu hektare kebun mampu menghasilkan 700 kilogram biji kopi siap olah," ujarnya, Rabu 11 Juli 2018.

Pebriansyah meyakini satu hingga dua tahun ke depan produksi kopi terus meningkat karena petani di Gunung Sago, Singgalang, Marapi, dan di Pasaman mulai menanam komoditas itu.

Menurutnya, kopi arabika asal Sumbar sudah populer di pasar dunia, salah satunya melalui festival kopi yang sering diikuti.

Salah satu festival adalah Sumatra Arabica Solok Minang yang pernah tampil dalam Pameran Kopi Speciality di Seattle Amerika Serikat pada 2017. Dari berbagai pameran inilah, lanjut Pebri, penikmat kopi di seantero dunia mulai meminati kopi asal Sumbar.

Sementara itu Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia (Gapperindo) Sumbar sempat memprediksi harga komoditas kopi akan menanjak pada 2018 sebesar lima hingga 10 persen dibanding tahun lalu.

Berdasarkan catatan Gapperindo, harga kopi asal Sumbar berjenis arabika sebesar Rp70 ribu per kg, meningkat dari Rp60 ribu per kilogram pada 2016.Kopi jenis robusta dipatok Rp35 ribu per kg atau naik sekira lima hingga 10 persen dibandingkan 2016.

Tren kenaikan harga kopi ini diyakini akan terus berlanjut hingga 2018 sejalan dengan tingginya peminat kopi di pasaran oleh pemain merek dagang kedai kopi skala global dan pengusaha kopi lokal.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 6 bulan lalu

    Apartemen Semakin Diminati

    JAKARTA (EKSPOSnews): Masyarakat Indonesia semakin meminati apartemen sebagai hunian. Hal ini terungkap lewat survei Property Affordability Sentiment Index H1-2018 yang dilakukan oleh Rumah.com. Berda

  • tahun lalu

    Obat Generik Semakin Diminati

    SURABAYA (EKSPOSnews): Permintaan obat generik secara nasional mulai tumbuh baik, khususnya dari kalangan pemerintah, kata Direktur Pengembangan Bisnis PT Kimia Farma Tbk. Pujianto."Secara nilai meman

  • tahun lalu

    Unpad PTN Paling Diminati

    BANDUNG (EKSPOSnews): Universitas Padjadjaran kembali menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) dengan jumlah peminat SNMPTN Tahun 2017 tertinggi se-Indonesia, yakni mencapai 39.388 orang dengan jumlah pe

  • tahun lalu

    Bright Gas Kurang Diminati

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Pertamina Area Pemasaran Riau punya cara berbeda merayakan peringatan Hari Kartini 21 April selama enam hari, dengan berikan aneka promo bright gas 5,5 kilogram bagi warga sete

  • tahun lalu

    Kuliner Sumsel Semakin Diminati

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengakui kuliner seperti Pempek Palembang semakin diminati masyarakat termasuk penduduk luar negeri.Pempek Palembang cukup dikenal dan dimina

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99