Rabu, 08 Apr 2020

Kopi Gayo Diekspor Langsung dari Aceh

Oleh: marsot
Selasa, 23 Okt 2018 03:55
BAGIKAN:
istimewa.
Kopi Gayo.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, kopi gayo dari wilayah dataran tinggi di Aceh baru diekspor melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) di Aceh Besar.

"Kalau komoditas kopi, ikan, dan udang lewat bandara. Tapi komoditas yang lain melalui pelabuhan di Aceh," ujar Kepala BPS Aceh, Wahyudin di Banda Aceh, Senin 22 Oktober 2018.

Ia menjelaskan, dalam delapan bulan terakhir atau periode Januari hingga Agustus 2018 tercatat dengan nilai total ekspor sebesar 9.576 dolar AS.

Rata-rata kopi asal Aceh yang diekspor tersebut masih dalam kondisi belum dipanggang, dan tidak dihilangkan kandungan kafein baik jenis Arabika maupun Robusta.

Bila dibandingkan periode yang sama 2017, belum terdapat komoditas kopi diekspor baik melalui pelabuhan udara maupun laut dari nilai total ekspor nonmigas waktu itu 43,74 juta dolar AS.

"Jadi bahan bakar mineral (batubara) melalui Pelabuhan Meulaboh di Aceh Barat, dan komoditas nonmigas lewat Pelabuhan Krueng Geukueh di Aceh Utara dengan total senilai 88,15 juta dolar AS," katanya.

Sejak kopi gayo baik jenis Arabika maupun Robusta mulai digemari dunia karena kualitasnya, lanjut dia, Aceh belum pernah mendapat manfaat lebih terutama untuk kegiatan ekspor.

"Untuk kopi, selalui pelabuhan di luar Aceh lebih besar. Seperti dari Januari hingga Agustus 2018, kopi tercatat 48,74 juta dolar AS atau memberi 71,88 persen total nilai ekspor 76,81 juta dolar AS," jelas Wahyudin.

Manajer Operasi Bandara Internasional SIM, Surkani mengatakan, terdapat tiga maskapai melayani rute penerbangan dengan tujuan dari Banda Aceh ke luar negeri pulang pergi.

"Kini ada tiga maskapai, yakni AirAsia, Malindo, dan Firefly dengan rute Banda Aceh-Kuala Lumpur (Malaysia), dan Banda Aceh-Penang (Malaysia)," katanya.

Kepala Bagian Humas Setdakab Aceh Tengah, Mustafa Kamal tahun lalu mengatakan, kopi jenis Arabica Gayo telah diekspor ke-17 negara dengan importir terbesar Amerika Serikat. "Hingga kini, ekspor terbesar kopi kita masih ke Amerika. Secara bertahap, mulai ekspor ke negara-negara di Eropa dan Asia Pasifik," katanya. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    Memanjakan Orang Sumbar dengan Kopi Gayo

    PADANG (EKSPOSnews): Kopi gayo khas Aceh menjadi minuman yang banyak diminati oleh pengunjung pada pameran Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) Nasional yang ke-47 di tama

  • 2 tahun lalu

    Mengirim Delegasi International Cafe Show di Ho Chi Minh City

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengirim delegasi dari daerah setempat untuk mengikuti International Cafe Show di Ho Chi Minh City, Vietnam."Delegasi ini terdiri dari jajaran

  • 2 tahun lalu

    Kopi Gayo Aceh Jadi Primadona di Global Specialty Coffee Expo 2018

    SEATTLE (EKSPOSnews): Forum kopi terbesar di dunia kembali menyapa pelaku industri kopi dunia yang berlangsung mulai 19-22 April di Seattle, Amerika Serikat. Acara yang bertajuk Global Specialty Coffe

  • 2 tahun lalu

    Kopi Gayo Pantas Dihargai Mahal

    TAKENGON (EKSPOSnews): Buyer asal Afrika Selatan, Paul Du Plessis, mengakui keistimewaan kopi Arabica Gayo dari Kabupaten Aceh Tengah, sehingga pantas dihargai mahal di pasaran dunia."Mereka harus inj

  • 3 tahun lalu

    Kopi Gayo Agar Diekspor Lewat Pelabuhan Aceh

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Daerah penghasil kopi di dataran tinggi Gayo, Provinsi Aceh, menginginkan supaya kegiatan ekspor kopi dilakukan melalui pelabuhan umum yang ada di Provinsi Aceh.Kepala Bidang

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99