Sabtu, 28 Mar 2020

Kopi Gayo Agar Diekspor Lewat Pelabuhan Aceh

Oleh: Jallus
Kamis, 25 Mei 2017 05:09
BAGIKAN:
istimewa
Kopi Gayo.
LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Daerah penghasil kopi di dataran tinggi Gayo, Provinsi Aceh, menginginkan supaya kegiatan ekspor kopi dilakukan melalui pelabuhan umum yang ada di Provinsi Aceh.

Kepala Bidang Industri pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Aceh Tengah Odie Iskandar, di Lhokseumawe saat sosialisasi KITE IKM yang digelar oleh Bea Cukai Lhokseumawe mengatakan, bahwa tiga daerah di dataran tinggi Gayo dikenal sebagai penghasil kopi bermutu dan telah dikenal dunia. Yaitu, Kabupaten Aceh Tengah, Gayo Lues dan Kabupaten Bener Meriah.

Akan tetapi, saat ini komoditi kopi dari dataran tinggi Gayo tersebut, diekspor melalui pelabuhan Belawan di Sumatera Utara. Oleh karena itu, pihaknya menginginkan supaya komoditi kopi dimaksud dapat diekspor melalui pelabuhan yang ada di wilayah Aceh. Seperti melalui Pelabuhan Krueng Geukuh, Aceh Utara, katanya, Rabu 24 Mei 2017.

Dia mengatakan, alasan mendasar agar komoditi kopi Aceh Tengah, diekspor melalui pelabuhan yang ada di Aceh, adalah untuk meningkatkan pendapatan petani sendiri. Karena apabila melakukan ekspor kopi melalui pelabuhan diluar Aceh, biaya yang dibutuhkan tentu tinggi dan berimbas pada petani dengan harga murah.

Akan tetapi, apabila dilakukan ekspor melalui pelabuhan di Aceh, seperti melalui pelabuhan Krueng Geukuh, jarak antara kawasan dataran tinggi Gayo dengan lokasi pelabuhan tidak terlalu jauh. Sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi dan petani kopi dapat menikmati harga bagus, jelas Odie.

Sebagaimana disebutkan olehnya, perputaran uang dari komoditi kopi di wilayah tersebut per tahunnya sangat besar. Dengan perkiraan, luas kebun kopi di kawasan tersebut adalah 98 ribu Hektare. Dalam setiap hektare menghasilkan kopi sebanyak 800 Kg per tahun. Harga Kopi Rp70.000/Kg.

"Dapat dihitung sendiri, berapa banyak perputaran uang dengan kopi ini, andaikan saja kegiatan ekspornya dapat dilakukan di Aceh sendiri, maka semua pasti akan menikmatinya. Mulai dari petani hingga pemerintah daerah dengan PAD-nya," katanya.

Lanjutnya lagi, selain daripada itu, dengan dilakukannya kegiatan ekspor komoditi melalui pelabuhan yang ada didaerah sendiri, maka akan berdampak baik terhadap perekonomian lokal. Serta terbukanya kesempatan kerja yang tinggi bagi masyarakat.

Oleh karena itu, sebagaimana dikatakan oleh Kabid Industri pada Disperidag Aceh Tengah itu, supaya keinginan tersebut diperhatikan oleh pihak-pihak terkait dengan memperhatikan fasilitas dan juga regulasi terhadap pelabuhan didaerah supaya diberdayakan, harapnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Memanjakan Orang Sumbar dengan Kopi Gayo

    PADANG (EKSPOSnews): Kopi gayo khas Aceh menjadi minuman yang banyak diminati oleh pengunjung pada pameran Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) Nasional yang ke-47 di tama

  • tahun lalu

    Kopi Gayo Diekspor Langsung dari Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, kopi gayo dari wilayah dataran tinggi di Aceh baru diekspor melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) di Aceh Besar."Kalau

  • 2 tahun lalu

    Mengirim Delegasi International Cafe Show di Ho Chi Minh City

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengirim delegasi dari daerah setempat untuk mengikuti International Cafe Show di Ho Chi Minh City, Vietnam."Delegasi ini terdiri dari jajaran

  • 2 tahun lalu

    Kopi Gayo Aceh Jadi Primadona di Global Specialty Coffee Expo 2018

    SEATTLE (EKSPOSnews): Forum kopi terbesar di dunia kembali menyapa pelaku industri kopi dunia yang berlangsung mulai 19-22 April di Seattle, Amerika Serikat. Acara yang bertajuk Global Specialty Coffe

  • 2 tahun lalu

    Kopi Gayo Pantas Dihargai Mahal

    TAKENGON (EKSPOSnews): Buyer asal Afrika Selatan, Paul Du Plessis, mengakui keistimewaan kopi Arabica Gayo dari Kabupaten Aceh Tengah, sehingga pantas dihargai mahal di pasaran dunia."Mereka harus inj

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99