Rabu, 08 Apr 2020

Kelapa Sulawesi Utara Makin Susut

Oleh: marsot
Selasa, 18 Sep 2018 09:08
BAGIKAN:
istimewa.
Kelapa.
MANADO (EKSPOSnews): Luas lahan tanaman kelapa yang masih produktif di Sulawesi Utara tinggal 220 ribu hektare, kata Kepala Dinas Perkebunan Sulut Refly Ngantung.

"Kita memiliki 275 ribu hektare tanaman kelapa, namun yang produktif tinggal 220 ribu hektare, lainnya tidak produktif atau sudah tua," kata Ngantung di Manado, Selasa 18 September 2018.

Apabila setiap hektare mampu memproduksi sekitar 1,2 ton kelapa kering per tahun, produksi dalam setahun sebanyak 264 ribu ton kelapa kering, katanya. "Ini posisi produksi saat ini, sudah maksimal," kata Ngantung.

Dia optimistis, produksi kelapa kering setiap tahun masih bisa meningkat apabila petani menanam varitas unggulan yang disarankan pemerintah.

Dia mencontohkan, dalam waktu dekat ini akan diluncurkan varitas kelapa unggulan "ODSK Lobu".

Varitas ini selain tahan hama, memiliki daging tebal, juga mampu memproduksi sebanyak 30 buah dalam serumpun, lebih banyak dari biasanya yang hanya 15-20 buah setiap rumpunnya.

"Pemerintah provinsi bersama dengan lembaga penelitian terus berinovasi mencari varitas-varitas unggul yang diharapkan mampu meningkatkan produksi kelapa. Salah satunya varitas ODSK Lobu," katanya.

Produksi meningkat, Ngantung optimistis kesejahteraan petani kelapa bertambah.

"Jangan hanya bergantung pada produksi kopra, akan tetapi bisa mencari alternatif lain seperti minyak kelapa murni atau VCO," ajaknya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Populasi Harimau Sumatera Makin Susut

    BENGKULU (EKSPOSnews): Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung menyebutkan jumlah populasi harimau Sumatera (Phantera tigris sumatrae) yang hidup di kawasan hutan wilayah Provins

  • 4 tahun lalu

    Bagaimana Mengatasi Susutnya Air Danau Toba?

    MEDAN (EKSPOSnews): Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, Sumatera Utara, minta pemerintah segera mengatasi penurunan sekitar dua meter permukaan perairan Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun.

  • 4 tahun lalu

    Permukaan Danau Toba Susut 2 Meter. Pertanda Gunung Toba Mau Meletus?

    PARAPAT (EKSPOSnews): Permukaan perairan Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mengalami penurunan sekitar dua meter dari kondisi tinggi permukaan semula. Effendi Bakkar

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99