Kamis, 17 Agu 2017

Jeruk di Langkat Diserang Lalat Buah

Oleh: Alex
Kamis, 06 Jul 2017 04:26
BAGIKAN:
istimewa
Buah jeruk.
STABAT (EKSPOSnews): Tanaman jeruk manis milik petani di Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, seluas 1,5 hektare diserang lalat buah sementara upaya penanggulangan dan pengendalian di lapangan sedang dilakukan oleh petugas instansi terkait dan petani.

"Upaya pengendalian di lapangan kini sedang ditangani oleh petugas pertanian maupun petani dengan melakukan penyemprotan fungisida sesuai anjuran," kata Kordinator Pengamat Organisme Pengganggu Hama Tanaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Langkat Miswandi di Stabat, Rabu 5 Juli 2017.

Menurut dia, walaupun serangan hama lalat huah terhadap tanaman jeruk manis milik petani itu masih dikatagorikan serangan ringan, namun upaya pengendaliannya terus dilakukan agar tidak semakin melebar dan menyerang tanaman di daerah sekitarnya," katanya.

Miswandi menjelaskan sekarang ini petani buah di daerah itu sedang mengembangkan puluhan hektare tanaman jeruk manis seperti di Kecamatan Besitang, Hinai, Secanggang, yang produksinya dipasarkan keluar daerah.

"Jeruk Langkat terkenal hingga dipasarkan ke Jakarta, Surabaya, Medan, dengan nama Jeruk Besitang," katanya.

Nama itu sempat menghilang, namun beberapa tahun terakhir ini sudah kembali dikembangkan oleh petani dan diharapkan produksinya semakin meningkat.

Miswandi juga menjelaskan tanaman pisang juga diserang hama sigatoka seluas 1,5 hektare berupa serangan ringan di Kecamatan Secanggang, sementara seluas 0,2 hektare di Kecamatan Sei Bingei diserang hama penggulung batang.

"Upaya pengendalian kini sedang dilakukan oleh petani dengan melakukan eradikasi daun terserang dan pengutipan ulat," katanya.

Sementara tanaman lainnya yang diserang hama yaitu semangka seluas empat hektare di Kecamatan Hinai, Kecamatan Secanggang berupa penggorok daun dan cercospora. "Upaya penanggulangan sudah dilakukan dengan penggunaan fungsida sesuai anjuran," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak