Senin, 25 Mei 2020

Jatim Menyerap Pupuk Bersubsidi Paling Rakus

Oleh: Jallus
Kamis, 21 Mar 2019 15:21
BAGIKAN:
istimewa.
Pupuk bersubsidi.
KARAWANG (EKSPOSnews): PT Pupuk Indonesia menyebutkan Provinsi Jawa Timur sebagai wilayah dengan penyerapan pupuk bersubsidi paling besar hingga pertengahan Maret 2019.

"Kalau yang saya tahu daerah dengan penyerapan pupuk bersubsidi paling besar itu di Jawa Timur, untuk setahun saja bisa mencapai satu juta sendiri, " kata Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia Achmad Tossin Sutawikara kepada wartawan di Karawang, Jawa Barat pada Kamis 21 Maret 2019.

Dia menjelaskan bahwa selain Jawa Timur, kawasan Jawa Barat menjadi provinsi kedua terbesar dalam penyerapan pupuk bersubsidi.

"Total penyerapan pupuk bersubsidi di Pulau Jawa itu bisa mencapai lebih dari 60 persen kebutuhan," ujar Achmad di sela-sela acara BUMN Goes To Campus.

Kendati ada perbedaan penyerapan pupuk bersubsidi di masing-masing daerah di Indonesia, Achmad Tossin menegaskan bahwa Pupuk Indonesia tetap memenuhi kebutuhan pupuk di seluruh Indonesia.

"Ada kelangkaan pupuk, sebut saja di Sulawesi itu bisa menjadi masalah walaupun jumlahnya kecil, hal ini tetap harus kita selesaikan," tuturnya.

Hingga 17 Maret 2019, Pupuk Indonesia telah menyalurkan pupuk bersubsidi sebanyak 1,83 juta ton ke seluruh wilayah Indonesia dari total 2,33 juta ton yang telah dialokasikan oleh BUMN tersebut dalam waktu yang sama.

Total penyaluran pupuk bersubsidi oleh BUMN tersebut, terdiri dari penyaluran pupuk urea sebanyak 837,2 ribu ton dari alokasi 941,7 ribu ton. Kemudian penyaluran untuk pupuk NPK sebanyak 492,3 ribu ton dari alokasi 616,6 ribu ton.

Sedangkan untuk penyaluran pupuk bersubsidi jenis SP-36 hingga 17 Maret 2019 mencapai 198,3 ribu ton dari alokasi sebanyak 248,9 ribu ton, kemudian untuk pupuk ZA sebanyak 185,62 ribu ton dari alokasi 279,8 ribu ton, dan pupuk organik sebanyak 126 ribu ton dari alokasi 245,6 ribu ton.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Gubernur Jawa Timur, Silahturahmi dengan Pangdam Brawijaya

    Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menggelar pertemuan dengan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe, P. B di Makodam V/Brawijaya.Dengan di dampingi beberapa Kepala Dinas lingkup Pemprov Ja

  • tahun lalu

    Kejati Jawa Timur Bentuk Jaksa Peneliti Kasus Artis Vanessa Angel

    SURABAYA (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim) membentuk tim jaksa peneliti dalam proses penyidikan kasus pelacuran "online" atau dalam jaringan (daring) di Kepolisian Daerah Jawa T

  • 2 tahun lalu

    Dharma Pertiwi Usung Batik Motif Jawa Timur

    SURABAYA (EKSPOSnews): Setiap 2 Oktober, seluruh kalangan di Indonesia, memperingati tanggal tersebut dengan peringatan menggenakan, hingga membuat batik.Bukan karena motif, ataupun bentuknya. Namun,

  • 2 tahun lalu

    Khofifah Indar Parawansa - Emil Pemenang Pilkada Jawa Timur

    SURABAYA (EKSPOSnews): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyatakan pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur setelah merampun

  • 2 tahun lalu

    Ekspor Domba dari Banjar Sugihan

    SURABAYA (EKSPOSnews): Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman dengan di damping Asisten Teritorial (Aster) Kasdam, Kolonel Inf Wakhyono dan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) V/Brawijaya, Kolonel

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99