Jumat, 24 Nov 2017

Jangan Distribusikan Beras Oplosan

Oleh: Alex
Selasa, 06 Jun 2017 11:41
BAGIKAN:
istimewa
Beras.
MANADO (EKSPOSnews): Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara menegaskan jangan coba-coba mendistribusikan beras oplosan di daerah tersebut.

"Jika ada oknum tertentu yang berani coba-coba mendistribusikan beras oplosan di sentra perdagangan Kota Manado dan sekitarnya akan kami tindak secara hukum," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut, Hanny Wajong di Manado, Selasa 6 Juni 2017.

Hanny menyebutkan, pihaknya akan terus mengawasi pihak-pihak yang nekad melakukan tindakan curang.

Saat ini antisipasi beras oplosan dan beras mengandung pemutih atau klorin yang belakangan sempat beredar di salah satu daerah di Indonesia.

"Di Sulut belum terdengar adanya temuan beras yang mengandung pemutih, namun guna memastikan aman dari beras tersebut Disperindag terus melakukan pemantauan dan pengawasan guna memastikan hal tersebut," kata Hanny.

Disperindag memiliki tanggung jawab dalam mengontrol setiap bahan pokok yang diperjual belikan di masyarakat, terutama yang ada di pusat perbelanjaan.

Pihaknya berharap, jika ada masyarakat yang curiga adanya beras oplosan tersebut, jangan segan-segan untuk melapor ke pihak berwajib dan juga pemerintah di dalamnya.

"Mari sama-sama kita mengawasi agar jangan ada masyarakat Sulut yang dirugikan," jelasnya.

Ia mengimbau agar lebih teliti sebelum membeli beras. Ciri beras yang mengandung klorin, sebagaimana menurut informasi yang ia dapat, putih mengkilap dan licin jika dipegang.

Pastinya efek dari mengkonsumsi beras ini ada, terutama pencernaan orang yang mengkonsumsinya, klorin ini merusak usus dan bisa menimbulkan kanker.

"Makanya, ada baiknya sebelum membeli pastikan kepada penjual itu beras aman untuk dikonsumsi, dan berbelanjalah pada tempat yang sudah terpercaya," katanya.

Apalagi, katanya, di Sulut stok beras cukup melimpah baik di tangan Perum Bulog maupun pedagang pasar dan swalayan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Awas Beras Oplosan

    MEDAN (EKSPOSnews): Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Sumatera Utara minta kepada masyarakat agar tetap mewaspadai beras oplosan yang kemungkinan masih banyak beredar di super market, pasar t

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99