Rabu, 27 Mei 2020
  • Home
  • Agribisnis
  • Importir Bawang Putih Asal Medan Tanam Bawang Putih di Magelang

Importir Bawang Putih Asal Medan Tanam Bawang Putih di Magelang

Oleh: Jallus
Selasa, 30 Apr 2019 05:00
BAGIKAN:
istimewa.
Bawang Putih.
MAGELANG (EKSPOSnews): Importir bawang putih PT Sentosa Indo Permata yang berdomisili di Medan, Sumatera Utara menanam bawang putih di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bermitra dengan sejumlah kelompok tani di Ngablak, lereng Gunung Merbabu.

Direktur PT Sentosa Indo Permata, Jimbrow, di Magelang, mengatakan pihaknya menanam bawang putih di areal seluas 25 hektare bermitra dengan para petani di Kecamatan Ngablak.

"Ini panen perdana di Desa Madyogondo. Di desa ini kami menanam 14,4 hektare dari total 25 hektare di Kecamatan Ngablak ini," katanya usai panen perdana bawang putih di Desa Madyogondo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Senin 29 April 2019.

Ia menuturkan perusahaannya bergerak di bidang perdagangan hasil bumi, terutama bawang.

Untuk bisa berpartisipasi dalam peraturan baru pemerintah di program swasembada bawang putih, pihaknya memilih untuk menanam komoditas itu di Ngablak.

"Pada awalnya sewaktu kami mau mengadakan kerja sama dengan kalangan petani di sini, kami mendengar bahwa di Ngablak sudah lama sekali tidak menanam bawang putih dan kami perusahaan pertama di sini," katanya.

Awalnya, pihaknya sempat ragu, tetapi setelah melihat langsung kondisi di Ngablak ternyata bagus dan mendukung untuk dilaksanakan penanaman bawang putih.

"Setelah beberapa kali kami ke ngablak untuk meninjau hasil penanaman bawang putih, kami melihat bahwa tanaman bawang putih di sini tumbuh dengan sangat bagus, daunnya hijau, dan para petani juga sangat disiplin dalam merawat tanamannya," katanya.

Pihaknya mengaku jarang menemui tanaman liar di samping tanaman bawang putih. Hal itu menunjukkan bahwa petani di daerah itu rajin dalam membersihkan gulma.

Ia menuturkan ketika akan panen, hasilnya di luar ekspektasi.

Ia menyebut hasil yang dicapai bagus sehingga merasa bangga akan hasil kerja keras petani setempat dalam budi daya bawang putih.

Ia berharap, ke depan bawang putih bisa menjadi salah satu andalan dari para petani untuk mendukung ekonomi masyarakat Ngablak, bahkan di Indonesia.

"Kami berharap semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang demi menyukseskan program swasembada bawang putih di Indonesia," kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    Seorang Anggota Polisi di Medan Dibacok

    MEDAN (EKSPOSnews): Seorang anggota polisi di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Sat Reskrim Polrestabes Medan mengalami luka serius usai dibacok oleh pelaku pencabulan saat korban hendak mengama

  • 10 bulan lalu

    Begal Marak di Medan

    MEDAN (EKSPOSnews): Kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian bermotor (Curanmor) atau yang lebih dikenal dengan sebutan begal, semakin marak terjadi di Kota Medan, Sumatera Utara.Guna me

  • 12 bulan lalu

    Kapolrestabes Medan Minta Rabualam dan Heriansyah Tanggung Jawab Dunia Akhirat

    MEDAN (EKSPOSnews): Aksi unjuk rasa di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut) yang sempat berlangsung ricuh akhirnya bisa diredam oleh aparat TNI.Aparat berseragam lor

  • tahun lalu

    Lampu Tenaga Surya di Sumedang

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan 1.000 bantuan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) dan 150 penerangan umum tenaga surya (PJU-TS) kepada masyaraka

  • tahun lalu

    Pelindo 1 Edukasi Mahasiswa Al Azhar Medan

    MEDAN (EKSPOSnews): PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menyambut kunjungan studi Fakultas Ekonomi Universitas Al Azhar pada Selasa 2 April 2019. Kunjungan studi ini dihadiri langsung o

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99