Minggu, 21 Jan 2018
  • Home
  • Agribisnis
  • Evakuasi Ikan Paus yang Terdampar di Aceh Sudah Maksimal

Evakuasi Ikan Paus yang Terdampar di Aceh Sudah Maksimal

Oleh: alex
Selasa, 14 Nov 2017 13:59
BAGIKAN:
istimewa.
Ikan Paus terdampar.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) menyatakan evakuasi kawanan Paus di Pantai Ujung Kareung, Gampong Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, sudah dilakukan maksimal.

"Evakuasi sudah dilakukan maksimal. Enam dari 10 ekor paus yang terdampar tersebut berhasil dievakuasi. Sedangkan empat lainnya akhirnya mati di bibir pantai," kata Kepala Pangkalan Pengawasan Sumber daya Kelautan dan Perikanan KKP Lampulo Basri di Aceh Besar, Selasa 14 November 2017.

Sebelumnya kawanan paus terdiri 10 ekor terdampar di perairan pantai Ujung Kareung, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Senin (13/11) sekitar pukul 10.10 WIB. Lokasi terdamparnya hanya beberapa meter dari pantai.

Basri mengatakan evakuasi kawanan paus tersebut dilakukan sepanjang Senin (13/11) hingga Selasa (14/11) dini hari.

Evakuasi melibatkan kapal KKP, Pelindo Malahayati, dan Angkatan Laut.

Namun, kata dia, proses evakuasi terkendala dangkalnya perairan Pantai Ujung Kareung, sehingga peralatan yang ada di kapal untuk evakuasi tidak bisa optimal. Begitu juga peralatan pendukung lainnya, tidak bisa digunakan.

Kendala lainnya juga datang dari kawanan paus tersebut, yakni ada beberapa paus yang berhasil dievakuasi, namun kembali lagi ke kawanannya di bibir pantai, kata Basri menyebutkan.

Basri yang juga kepala tim evakuasi kawanan paus di Pantai Ujung Kareung menyebutkan, semua paus yang selamat akhirnya evakuasi ke perairan dalam sekitar pukul dua dini hari.

"Semula yang dievakuasi ke perairan dalam ada enam ekor. Tiga ekor mati di bibir pantai. Seekor lagi sempat dievakuasi ke perairan dalam, namun kembali ke bibir pantai hingga akhirnya ditemukan mati," kata Basri.

Menyangkut kawanan paus yang berhasil dievakuasi ke perairan dalam, Basri menyebutkan pihaknya terus memantau pergerakan hewan mamalia tersebut hingga dipastikan sudah berada di perairan samudra.

"Ada kapal yang ditugaskan untuk memantau dan memastikan kawanan paus tersebut berada di laut dalam, sehingga ke enam paus jenis sperma itu tidak kembali lagi," tutur Basri.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 21 jam lalu

    Kapal Ikan dari Sibolga Hilang di Perairan Aceh

    MEDAN (EKSPOSnews): Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Sumatera Utara berharap tim Basarnas mencari kapal penangkap ikan dari Kota Sibolga yang hilang di perairan Provinsi Aceh, 3 Januari 2018

  • 21 jam lalu

    Kodim Aceh Utara Gandeng BRI Renovasi Rumah Warga Miskin

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Komando Distrik Militer (Kodim) 0103/Aceh Utara, Provinsi Aceh, bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) membangun rumah warga miskin yang selama ini menempati hunian

  • 5 hari lalu

    Luas Hutan di Aceh Menyusut

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) menyatakan luas hutan di provinsi itu menyusut sebesar 17.000 hektare lebih sepanjang 2017."Peny

  • satu minggu lalu

    Polisi Tangkap Perambah Hutan di Aceh Besar

    ACEH BESAR (EKSPOSnews): Tim gabungan Opsnal Satuan Reskrim dan Satuan Intelkam Polres Aceh Besar menangkap dua terduga pelaku perambahan hutan di daerah itu.Kapolres Aceh Besar AKBP Heru Suprihasto m

  • satu minggu lalu

    Kejari Banda Aceh Tangkap DPO Koruptor

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Banda Aceh menangkap seorang terpidana korupsi yang masuk daftar pencarian orang (DPO) di Bogor, Jawa Barat.Kepala Kejari Banda Aceh Erwin Desman

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99