Sabtu, 21 Jul 2018
  • Home
  • Agribisnis
  • Evakuasi Ikan Paus yang Terdampar di Aceh Sudah Maksimal

Evakuasi Ikan Paus yang Terdampar di Aceh Sudah Maksimal

Oleh: alex
Selasa, 14 Nov 2017 13:59
BAGIKAN:
istimewa.
Ikan Paus terdampar.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) menyatakan evakuasi kawanan Paus di Pantai Ujung Kareung, Gampong Durung, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, sudah dilakukan maksimal.

"Evakuasi sudah dilakukan maksimal. Enam dari 10 ekor paus yang terdampar tersebut berhasil dievakuasi. Sedangkan empat lainnya akhirnya mati di bibir pantai," kata Kepala Pangkalan Pengawasan Sumber daya Kelautan dan Perikanan KKP Lampulo Basri di Aceh Besar, Selasa 14 November 2017.

Sebelumnya kawanan paus terdiri 10 ekor terdampar di perairan pantai Ujung Kareung, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Senin (13/11) sekitar pukul 10.10 WIB. Lokasi terdamparnya hanya beberapa meter dari pantai.

Basri mengatakan evakuasi kawanan paus tersebut dilakukan sepanjang Senin (13/11) hingga Selasa (14/11) dini hari.

Evakuasi melibatkan kapal KKP, Pelindo Malahayati, dan Angkatan Laut.

Namun, kata dia, proses evakuasi terkendala dangkalnya perairan Pantai Ujung Kareung, sehingga peralatan yang ada di kapal untuk evakuasi tidak bisa optimal. Begitu juga peralatan pendukung lainnya, tidak bisa digunakan.

Kendala lainnya juga datang dari kawanan paus tersebut, yakni ada beberapa paus yang berhasil dievakuasi, namun kembali lagi ke kawanannya di bibir pantai, kata Basri menyebutkan.

Basri yang juga kepala tim evakuasi kawanan paus di Pantai Ujung Kareung menyebutkan, semua paus yang selamat akhirnya evakuasi ke perairan dalam sekitar pukul dua dini hari.

"Semula yang dievakuasi ke perairan dalam ada enam ekor. Tiga ekor mati di bibir pantai. Seekor lagi sempat dievakuasi ke perairan dalam, namun kembali ke bibir pantai hingga akhirnya ditemukan mati," kata Basri.

Menyangkut kawanan paus yang berhasil dievakuasi ke perairan dalam, Basri menyebutkan pihaknya terus memantau pergerakan hewan mamalia tersebut hingga dipastikan sudah berada di perairan samudra.

"Ada kapal yang ditugaskan untuk memantau dan memastikan kawanan paus tersebut berada di laut dalam, sehingga ke enam paus jenis sperma itu tidak kembali lagi," tutur Basri.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Tekanan Massa Agar Bebaskan Gubernur Aceh dari Tahanan KPK

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Massa dari Koalisi Masyarakat Aceh Bersatu (KMAB) sebelumnya berunjuk rasa menuntut Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dibebaskan, bertahan di kantor gubernur Aceh.Massa KMA

  • satu minggu lalu

    Pelindo Ajak Pengusaha Aceh Gunakan Peti Kemas

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): PT Pelindo I selaku pengelola Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Aceh Besar, mengajak pengusaha di Provinsi Aceh memanfaatkan jasa pengiriman barang dengan menggunakan peti ke

  • satu minggu lalu

    Gajah Liar Ditemukan Mati di Aceh Timur

    IDI RAYEUK (EKSPOSnews): Seekor gajah liar diperkirakan berusia 15 tahun ditemukan mati di kawasan hutan pedalaman di Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (12/7)."Sepasang gading masih le

  • satu minggu lalu

    KPK Dalami Aliran Dana Otsus Aceh

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami informasi terkait aliran dana dan komunikasi yang terjadi terkait kasus tindak pidana korupsi suap pengalokasian dan penyaluran

  • satu minggu lalu

    Kepala Desa Gugat Bupati Aceh Barat

    MEULABOH (EKSPOSnews): Ketua DPRK Aceh Barat, Provinsi Aceh, Ramli mendukung sikap kepala desa yang bermaksud menggugat bupati karena mendiskriminasi 25 kepala desa berupa pemecatan sepihak."Semua keu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99