Selasa, 12 Des 2017

Ekspor Minyak Sawit Indonesia Meningkat

Oleh: Marsot
Rabu, 23 Agu 2017 18:44
BAGIKAN:
istimewa
Buah sawit.
JAKARTA (EKSPOSnews): Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mengungkapkan ekspor minyak sawit Indonesia semester pertama 2017 meningkat 25 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Melalui keterangan resmi di Jakarta, disebutkan volume ekpsor minyak sawit Indonesia (CPO, PKO dan turunannya termasuk oleochemical dan biodiesel) pada semester I tahun ini tercatat mencapai 16,6 juta ton, sedangkan periode yang sama 2016 sebanyak 12,5 juta ton.

Sementara itu produksi minyak sawit Indonesia pada semester pertama 2017 telah mencapai 18,15 juta ton atau naik 18,6 persen dibandingkan produksi tahun lalu yang tercatat 15,30 juta ton.

"Produksi semester pertama 2017 ini masih dipengaruhi oleh El Nino tahun lalu sehingga tidak maksimal," ujar Direktur Eksekutif Gapki Fadhil Hasan, Rabu 23 Augustus 2017.

Menurut dia, selama semester I 2017, ekspor minyak sawit Indonesia ke negara tujuan utama juga tumbuh positif, seperti ke India naik sebesar 43 persen dibandingkan periode sama tahun lalu atau dari 2,6 juta ton menjadi 3,8 juta ton.

Kenaikan yang cukup signifikan juga dicatatkan negara-negara Uni Eropa, mengingat negara Benua Biru ini melancarkan hambatan dagang dengan menerbitkan resolusi Parlemen Eropa pada Maret lalu.

Kinerja ekspor ke Benua Biru selama semester I/2017 mencapai 2,7 juta ton dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu hanya mampu mencapai 1,9 juta ton.

Kenaikan ekspor semester pertama 2017 diikuti oleh negara-negara Afrika sebesar 36,5 persen, Bangladesh 29 persen, Amerika Serikat 27 persen dan China 18 persen.

Namun demikian ekspor untuk pasar Pakistan mengalami penurunan sebesar 5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau dari 1,1 juta ton pada semester pertama 2016 turun menjadi 1,05 juta ton pada periode yang sama tahun ini.

Penurunan juga diikuti oleh negara-negara Timur Tengah yang membukukan sebesar 12 persen.

Pada semester pertama ini, GAPKI bekerja sama dengan asosiasi sawit lainnya juga melakukan survei stok fisik minyak sawit untuk mendapatkan data yang lebih akurat dari lapangan.

Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan, ujar Fadhil, stok fisik minyak sawit Indonesia di tangki-tangki timbun perusahaan cukup banyak sehingga perlu diadakan penyesuaian data stok.

Pada semester satu 2017, stok minyak sawit Indonesia mencapai 2,32 juta ton yang sudah termasuk angka penyesuaian sebesar 1,5 juta ton.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Universitas Indonesia Kukuhkan 3 Guru Besar

    DEPOK (EKSPOSnews): Universitas Indonesia (UI) mengukuhkan dua guru besar tetap dari Fakultas Teknik (FT), pada Rabu sehingga dengan demikian jumlah Profesor Tetap di lingkungan UI menjadi sebanyak 27

  • 2 minggu lalu

    Polisi Lacak Aset PT Mione Global Indonesia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penyidik Bareskrim Polri menelusuri sejumlah aset milik PT Mione Global Indonesia terkait penyidikan kasus sindikat penipuan berkedok penjualan pulsa yang menimbulkan kerugian se

  • 2 minggu lalu

    Indonesia Tambah Sekolah Anak TKI di Malaysia

    JAKARTA (EKSPOSnews): Indonesia akan menambah 50 sekolah yang disebut sebagai Community Learning Center (CLC) untuk anak tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia."Sudah ada pertemuan dengan pemerintah

  • 3 minggu lalu

    Indonesia Menang di Seluruh Kategori

    SINGAPURA (EKSPOSnews): Indonesia menang di seluruh kategori dalam kompetisi regional "The 5-Min Video Challenge" yang berlangsung di Singapura (22/11) melalui dua video pendek berjudul "Chick-Chick"

  • 3 minggu lalu

    Mempertemukan Musisi Jazz Indonesia dan Belanda

    PALEMBANG (EKSPOSnews): "Musi Jazz Sriwijaya" yang digelar pada Jumat malam di Kuto Besar Theater Resto, Palembang, akan pertemukan musisi Indonesia dan Belanda dalam satu panggung.Direktur Warisan da

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99