Rabu, 19 Des 2018

Ekspor Ikan Indonesia Lebih Baik

Oleh: Jallus
Kamis, 11 Jan 2018 15:21
BAGIKAN:
istimewa.
Ikan.
JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan kondisi ekspor komoditas perikanan Indonesia masih lebih baik dibandingkan dengan negara lain di tengah situasi perekonomian global yang menurun.

"Ekspor, walaupun turun, tetapi dibandingkan negara lain jauh lebih baik," kata Menteri Susi dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Kamis 11 Januari 2018.

Susi Pudjiastuti juga mengingatkan bahwa pada saat ini di kawasan perairan Indonesia, jumlah stok ikan naik sehingga tangkapan juga meningkat dan nilai tukar nelayan dan pembudidaya juga mengalami kenaikan yang berarti bahwa jumlah pendapatan yang mereka terima saat ini juga meningkat dibanding sebelumnya.

Semua hal itu, ujar dia, juga menunjang kepada kinerja sektor kelautan dan perikanan dalam rangka memperbaiki serta membenahi ekonomi Indonesia agar terus meningkat.

Sementara itu, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowo menyatakan bahwa turunnya volume ekspor tidak berpengaruh kepada meningkatnya nilai ekspor per tahun.

Hal itu, ujar Nilanto, karena setiap tahun ada faktor meningkatnya harga ekspor serta produk perikanan memiliki nilai tambah.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa rata-rata produk yang turun volume ekspornya adalah produk dengan harga yang relatif rendah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan produksi industri perikanan.

"Sekarang konsentrasinya agar ke industri pengolahan ikan, terutama yang mendorong untuk ekspor ikan, karena ekspornya kita turun," kata Presiden di Jakarta, Rabu (10/1).

Presiden Jokowi menjelaskan arahannya tersebut telah disampaikan kepada Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Menurut Presiden, dirinya mendukung seluruh upaya untuk meningkatkan produksi perikanan di Indonesia, baik tangkap maupun budi daya.

Jokowi juga mengatakan setiap menteri dalam Kabinet Kerja memiliki kebijakan untuk kebaikan bersama bagi bangsa.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    Hotel Indonesia Natour Akan Kelola Ratusan Hotel

    PADANG (EKSPOSnews): PT Hotel Indonesia Natour (HIN) selaku Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang perhotelan mematok target akan mengelola 100 hotel hingga 2021."Selain mengelola hotel send

  • satu minggu lalu

    Promosi Kuliner Indonesia di Brunei

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bandar Seri Begawan bekerja sama dengan Indonesian Chef Association (ICA) menghadirkan Chef Juna untuk mempromosikan kuliner Indonesia

  • satu minggu lalu

    Produk Organik Indonesia Masuk Inggris

    LONDON (EKSPOSnews): Sebanyak sembilan pengusaha Indonesia yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman organik berupaya merambah pasar Inggris dengan berbagai produk organik Indonesia mulai dari ma

  • satu minggu lalu

    Impor CPO India dari Indonesia Turun

    JAKARTA (EKSPOSnews): Amerika Serikat menyusul China dan Pakistan mengimpor minyak sawit dari Indonesia, demikian pernyataan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).Dalam pernyataan yang dit

  • 3 minggu lalu

    Pengguna Utama Medsos di Indonesia Didominasi Perempuan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kepala Seksi Statistik Kemiskinan (BPS) Badan Pusat Statistik Nur Sahrizal mengatakan akses internet yang paling banyak dilakukan perempuan di Indonesia adalah untuk media sosial

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99