Minggu, 21 Jan 2018

Ekspor Ikan Indonesia Lebih Baik

Oleh: Jallus
Kamis, 11 Jan 2018 15:21
BAGIKAN:
istimewa.
Ikan.
JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan kondisi ekspor komoditas perikanan Indonesia masih lebih baik dibandingkan dengan negara lain di tengah situasi perekonomian global yang menurun.

"Ekspor, walaupun turun, tetapi dibandingkan negara lain jauh lebih baik," kata Menteri Susi dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Kamis 11 Januari 2018.

Susi Pudjiastuti juga mengingatkan bahwa pada saat ini di kawasan perairan Indonesia, jumlah stok ikan naik sehingga tangkapan juga meningkat dan nilai tukar nelayan dan pembudidaya juga mengalami kenaikan yang berarti bahwa jumlah pendapatan yang mereka terima saat ini juga meningkat dibanding sebelumnya.

Semua hal itu, ujar dia, juga menunjang kepada kinerja sektor kelautan dan perikanan dalam rangka memperbaiki serta membenahi ekonomi Indonesia agar terus meningkat.

Sementara itu, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowo menyatakan bahwa turunnya volume ekspor tidak berpengaruh kepada meningkatnya nilai ekspor per tahun.

Hal itu, ujar Nilanto, karena setiap tahun ada faktor meningkatnya harga ekspor serta produk perikanan memiliki nilai tambah.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa rata-rata produk yang turun volume ekspornya adalah produk dengan harga yang relatif rendah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan produksi industri perikanan.

"Sekarang konsentrasinya agar ke industri pengolahan ikan, terutama yang mendorong untuk ekspor ikan, karena ekspornya kita turun," kata Presiden di Jakarta, Rabu (10/1).

Presiden Jokowi menjelaskan arahannya tersebut telah disampaikan kepada Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Menurut Presiden, dirinya mendukung seluruh upaya untuk meningkatkan produksi perikanan di Indonesia, baik tangkap maupun budi daya.

Jokowi juga mengatakan setiap menteri dalam Kabinet Kerja memiliki kebijakan untuk kebaikan bersama bagi bangsa.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • kemarin

    Penerima Beasiswa Holcim Indonesia Turun

    CILACAP (EKSPOSnews): Jumlah penerima beasiswa pendidikan dari PT Holcim Indonesia Tbk. Pabrik Cilacap pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 mengalami penurunan sebesar 19 persen, kata Corporate

  • kemarin

    Telkomsel Umumkan 10 Peserta Terbaik IndonesiaNEXT

    BANDUNG (EKSPOSnews): Telkomsel mengumumkan 10 peserta terbaik IndonesiaNEXT 2017, yakni Alexander Tianara, Angela Belinda Cecilia, Aulia Dewi, Azmil Ihsan, Cosmas Sakristiandio, Fathia Nisa, Fatimah

  • 2 minggu lalu

    AirAsia Filipina Buka Rute ke Indonesia

    MANILA (EKSPOSnews): AirAsia sekarang melayani penerbangan langsung yang menghubungkan Manila dengan ibu kota Indonesia, Jakarta, menegaskan komitmennya sebagai maskapai Asean.AirAsia, dinobatkan seba

  • 2 minggu lalu

    TNI Dapat Pesawat Baru

    JAKARTA (EKSPOSnews): Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus memodernisasi alat utama sistem persenjataan (Alutsista), yakni diperkuat enam unit pesawat baru dari PT Dirgantara Indonesia (DI).Enam uni

  • 2 minggu lalu

    RedDoorz fokus ke Indonesia dan Filipina

    JAKARTA (EKSPOSnews): RedDoorz, platform pemesanan online hotel budget, hari ini mengumumkan penunjukan anggota dewan direksi dan dewan penasihat yakni Bhanu Chopra sebagai Direktur Independen dan P

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99