Kamis, 21 Feb 2019

Durian Pesisir Selatan Masuk Batam

Oleh: marsot
Minggu, 01 Jul 2018 04:27
BAGIKAN:
istimewa.
Buah durian.
PAINAN (EKSPOSnews): Buah Durian asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mampu menembus pasar Kota Batam dan Jakarta karena kualitasnya yang baik dan rasa yang lezat.

"Pada musim durian kali ini belasan ton durian dikirim ke dua daerah tersebut setiap hari," kata seorang pedagang durian, Ikal (43) di Painan, Sabtu 30 Juni 2018. Dia mengatakan agar buah durian tetap segar hingga ke pembeli pihaknya mengirim menggunakan truk yang lengkap dengan mesin pendingin.

Sementara untuk mengumpulkan durian dari pohon, pihaknya mengerahkan beberapa anak buah ke beberapa kecamatan.

"Kecamatan Sutera dan Lengayang merupakan lokasi paling banyak memproduksi buah durian, agar mendapat buah yang segar kami langsung mendatangi kebun para petani," ungkapnya.

Harga per buah buah durian yang dibeli tergantung banyak atau sedikitnya buah durian, jika semakin banyak maka akan semakin murah begitu sebaliknya. "Kisarannya antara Rp5 ribu hingga Rp15 ribu per buah tergantung besar buah hingga banyaknya," sebutnya.

Saat ini harga buah durian cenderung mahal karena baru akan memasuki musimnya berbeda dengan dua atau tiga pekan lagi akan banjir di pasar sehingga harganya relatif lebih murah.

Kendati demikian pihaknya mengaku saat ini pedagang buah durian baik di Batam maupun di Jakarta telah menghubungi untuk segera mengirimkan si raja buah itu.

Di Pesisir Selatan terdapat berbagai varietas buah durian mulai dari durian kunik, manggi, jantuang, taruang, kambuik dan lainnya. Nama-nama ini diberikan berdasarkan bentuk hingga hingga warna daging buah durian.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Hutan Lindung di Batam Terbakar

    BATAM (EKSPOSnews): Brigade Pengendalian Kebaran Hutan Manggala Agni memperkirakan sekitar 30 hingga 40 hektare hutan lindung Sei Harapan di Kota Batam, Kepulauan Riau, terbakar dalam dua hari terakhi

  • satu bulan lalu

    Menertibkan Batam dan Pesisir Timur Sumatera

    BATAM (EKSPOSnews): Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan."Batam, Kepri

  • satu bulan lalu

    Pemkot Batam Tolak Tambang Pasir

    BATAM (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menolak perizinan tambang pasir, sesuai dengan rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K)

  • satu bulan lalu

    Membenahi Batam dengan Serius

    BATAM (EKSPOSnews): Warga Kota Batam berharap pemerintah pusat serius membenahi kota setempat, agar ekonomi kembali pulih dan menjadi lokomotif perekonomian nasional."Kami terus berusaha optimistis de

  • 2 bulan lalu

    Tenang! BP Batam Tak Akan Bubar

    BATAM (EKSPOSnews): Kadin Batam Kepulauan Riau meminta pengusaha tenang dan menjaga kondusifitas berinvestasi, terkait kebijakan pemerintah pusat menetapkan wali kota setempat menjadi ex-officio Kepal

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99