Sabtu, 21 Apr 2018

Bulog Beli Gabah dari Tengkulak

Oleh: Jallus
Selasa, 13 Mar 2018 06:15
BAGIKAN:
istimewa.
Panen padi.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Komisi II DPRD Riau mengkritik sikap Badan Urusan Logistik Riau-Kepri yang membeli gabah padi langsung ke tengkulak, bukan melalui petani sehingga menimbulkan kerugian bagi petani.

Anggota Komisi II DPRD Riau Sugianto di Pekanbaru, mengatakan dirinya menerima pengaduan petani di Desa Bunga Raya, Kabupaten Siak, yang mengeluhkan Bulog tidak menyerap gabah mereka.

"Masyarakat mengeluh kepada saya karena Bulog beli gabah ke tengkulak. Saya heran Ini ada apa? Apa Bulog ada perjanjian kusus dengan tengkulak sehingga mendapat keuntungan pribadi?" sebut Sugianto, Senin 12 Maret 2018.

Politisi PKB Riau tersebut, mengatakan tindakan Bulog telah bertentangan dengan nawacita Presiden tentang ketahanan pangan. Bulog harusnya menyerap gabah petani atau membeli dengan harga pembelian pemerintah. Jika ternyata Bulog terbukti melanggar pihak Komisi II DPRD Riau akan mengambil sikap tegas.

Ia meminta agar masyarakat untuk mendapatkan bukti langsung tentang peristiwa itu. Sehingga DPRD sendiri bisa mengambil tindakan atas tindakan Bulog yang mengecewakan masyarakat itu.

"Kalau melanggar aturan jelas. Karena Bulog kan untuk menciptakan ketahanan pangan. Salah satunya adalah membeli langsung kepada petani. Mereka (Bulog) tidak mengindahkan instruksi Presiden untuk membeli kepada masyarakat," sebut Anggota Dewan dapil Siak-Pelalawan itu dengan nada kesal.

Sementara Humas Bulog Riau Faldi Wiranata saat dikonfirmasi mengaku tidak tau atas persoalan itu. Menurutnya, informasi tersebut perlu didalami terlebih dahulu. Sekalipun benar, dirinya baru akan menanyakan bagaimana Sistem Operasi (SOP) pembelian gabah.

"Nanti, kami sampaikan ke timnya. Nanti saya tanya dulu bagaimana SOP. Kalau sop saya belum tau sih, seharusnya memang tidak boleh ke tengkulak. Harusnya ke petani," jawabnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Beras Bulog di Dumai Aman

    DUMAI (EKSPOSnews): Perum Bulog Sub Divre Dumai memastikan persediaan beras pemerintah sebanyak 4.000 ton saat ini aman untuk mencukupi kebutuhan hingga lima bulan ke depan, dan diimbau masyarakat unt

  • 4 bulan lalu

    Bulog Sumut Banjiri Pasar dengan Beras Premium

    MEDAN (EKSPOSnews): Bulog Divisi regional Sumatera Utara terus "membanjiri" pasar dengan beras premium yang dijual seharga Rp8.100 per kg untuk memenuhi kebutuhan pasar jelang Tahun Baru 2018."Beras i

  • 8 bulan lalu

    Bulog Akan Banjiri Minyak Goreng di Riau

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Badan Urusan Logistik (Bulog) Devisi Regional (Divre) Riau Kepri akan memasok 96.600 liter minyak goreng kemasan buatan sendiri guna memenuhi pasar setempat dengan harga keteta

  • 8 bulan lalu

    Festival Kuliner RNI-Bulog di Kaltara

    TARAKAN (EKSPOSnews): Festival kuliner nusantara hasil kerja sama panitia dengan Karang Taruna yang mengelola pedagang-pedagang di sekitar Stadion Datu Adil, Tarakan. Kami berharap masyarakat dapat be

  • 8 bulan lalu

    Stok Beras Bulog di Pekanbaru Cukup

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Badan Urusan Logistik Divisi Regional Provinsi Riau menyatakan memiliki stok beras mencapai 25.000 ton atau aman untuk kebutuhan masyarakat hingga Idul Adha 1438 Hijriyah dan b

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99