Sabtu, 30 Mei 2020

Bazar Beras Murah di Bengkulu

Rabu, 22 Jun 2016 14:27
BAGIKAN:
BENGKULU (EKSPOSnews): Warga Kota Bengkulu memadati bazar beras murah yang digelar Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Bengkulu di Jalan Basuki Rahmat.

Kepala Bidang Distribusi Pangan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Humailan di lokasi bazar mengatakan sebanyak dua ton beras murah yang dijual Rp7.500 per kilogram habis dalam tempo satu jam.

"Animo masyarakat cukup tinggi, kami menyediakan beras murah sebanyak dua ton ludes dalam tempo satu jam," kata Humailan, Rabu 22 Juni 2016.

Ia mengatakan, bazar tersebut akan digelar hingga 24 Juni dengan menyediakan sebanyak 10 ton beras murah kualitas premium.

Beras yang dijual selama bazar tersebut merupakan beras yang diolah oleh Gabungan Kelompok Tani (gapoktan) yang disubsidi pemerintah dalam pembelian dan pengolahan gabah.

"Kelompok tani dibantu dana subsidi untuk membeli gabah dengan harga pembelian di atas harga pembelian pemerintah yaitu di atas Rp3.700 per kilogram," ujarnya.

Setelah membeli gabah dari petani, kelompok tersebut mengolah gabah menjadi beras dan dipasok ke Toko Tani.

Kelompok tani, kata dia, mendapatkan keuntungan berkisar Rp300 hingga Rp400 per kilogram dari pengolahan gabah menjadi beras tersebut.

Program ini menurut Humailan memiliki tiga tujuan yakni pertama untuk menyerap gabah petani dengan harga yang lebih tinggi dari harga pembelian pemerintah.

Tujuan kedua adalah stabilisasi harga beras di pasaran yang umumnya diperkirakan naik menjelang Idul Fitri. Sedangkan tujuan ketiga adalah membantu masyarakat yang memiliki pendapatan rendah untuk mendapatkan beras murah dengan kualitas premium.

Intan, salah seorang warga yang membeli beras di lokasi tersebut mengatakan harga yang ditawarkan memang jauh di bawah harga pasar sehingga menghemat pengeluaran.

"Kalau beli di pasar harganya Rp9.000 sampai Rp10.000 per kilogram jadi bisa menghemat pengeluaran untuk membeli keperluan lain," katanya.(ant)

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Korban Meninggal Akibat Banjir Bengkulu 29 Orang

    BENGKULU (EKSPOSnews): Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu memperbaharui data korban meninggal dunia akibat banjir dan longsor yang melanda Bengkulu tiga hari lalu menj

  • tahun lalu

    Banjir Hantam Bengkulu 10 Orang Meninggal Dunia

    BENGKULU (EKSPOSnews): Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Rusdi Bakar mengatakan bencana banjir yang melanda Bengkulu sejak Jumat (26/4) mengakibatkan sepuluh orang w

  • tahun lalu

    Warga Dukung Pembangunan Tol Bengkulu-Sumatera Selatan

    BENGKULU (EKSPOSnews): Warga Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, antusias mendukung proyek tol jalur Bengkulu-Lubuk Linggau Sumatera Selatan dengan mempercepat proses

  • 2 tahun lalu

    Tol Palembang-Bengkulu Akan Dibangun 2019

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Pembangunan tiga ruas jalan tol Trans Sumatera yang menghubungkan Palembang ke Bengkulu sepanjang 330 kilometer (km) akan dikerjakan pada 2019.Manager Proyek Divisi Tol PT Huta

  • 2 tahun lalu

    Ratusan Spesies Anggrek di Bengkulu

    BENGKULU (EKSPOSnews): Sejumlah peneliti anggrek dari Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Provinsi Bengkulu berhasil menemukan dan mendokumentasikan 160 spesies anggrek di wilayah itu."Ratusan an

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99