Minggu, 21 Jul 2019

Bawang Impor dari India Kuasai Pasar Aceh

Oleh: marsot
Kamis, 28 Mar 2019 04:12
BAGIKAN:
istimewa.
Bawang.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Bawang impor dari India mendominasi sejumlah pasar tradisional di Aceh karena pasokan dari petani lokal belum mampu memenuhi permintaan pasar.

"Bawang merah ini dominan dari India, diimpor melalui Thailand dan Malaysia," kata seorang pedagang grosir Muhammad Nur di pasar tradisional Peunayong, Banda Aceh, Rabu 27 Maret 2019.

Ia mengaku hasil produksi petani lokal sangat terbatas dan untuk memenuhi permintaan pasar, sehingga terpaksa membeli bawang impor.

"Satu hari saya bisa menghabiskan sekitar 1,5 ton bawang. Masing-masing bawang merah satu ton dan bawang putih 500 kilogram," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan harga bawang merah peking kecil Rp195.000 per sak, bobot sembilan kilogram. Sedangkan bawang merah peking sedang dan besar dibandrol mulai dari Rp165.000-Rp160.000 per sak.

Selanjutnya, harga bawang putih impor Rp250.000 per sak ukuran 10 kilogram.

Seorang pedagang eceran, Iqbal mengaku harga bawang merah dan bawang putih impor dua pekan terakhir normal dan setiap hari ia mampu menjual 100 kilogram.

"Harga bawang impor normal. Bawang merah dari Rp10.000 sampai Rp25.000 per kilogram, tergantung kualitas. Kalau bawang putih Rp28.000 per kilogram," katanya. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Pemerintah Aceh Evaluasi Perusahaan Tambang

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Aceh terus melakukan evaluasi terhadap perusahaan tambang yang beroperasi di provinsi paling barat Indonesia guna mencengah terjadinya pelanggaran hukum."Pemerintah

  • 4 hari lalu

    Rumah Sakit di Aceh Turun Kelas

    MEULABOH (EKSPOSnews): Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan merekomendasikan penyesuaian kelas sebanyak 21 rumah sakit yang tersebar di sejumlah kab

  • 2 minggu lalu

    Kebakaran Hutan di Aceh Meluas

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebut kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di provinsi paling barat Indonesia ini mencapai 60 hektare (ha) dalam sepekan terakhir."

  • 2 minggu lalu

    Melegalkan Poligami di Aceh

    MEULABOH (EKSPOSnews): Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat, Teungku Abdurrani Adian mengatakan pihaknya sangat setuju dan sependapat dengan rencana Pemerintah Aceh untuk mel

  • 3 minggu lalu

    Kebakaran Lahan di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Peristiwa kebakaran lahan telah terjadi di dua lokasi yang masing-masing menghanguskan sekitar 0,5 hektare areal, yakni Gampong (Desa) Lampineung, Kecamatan Baitussalam, dan G

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99